6 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Religi? Mengunjungi Masjid Estetik Terpopuler di Indonesia!

Minggu 18-02-2024,06:45 WIB
Reporter : Rindi Ayu Lestari
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, membuat negara ini memiliki banyak bangunan masjid.  Tidak hanya bertujuan untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, bangunan ini juga bisa menjadi destinasi wisata religi 2024.

Tidak terasa sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan, dan pada bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata religi 2024. Kamu juga dapat belajar tentang keagamaan, budaya dan pendidikan bahkan dapat menelusuri sejarah lika-liku kehidupan masyarakat di sekitar masjid.

1. Masjid 99 Kubah, Makassar

Bangunan masjid yang diprakarsai dan didesain oleh Ridwan Kamil ini diebut sebagai bangunan termegah di Indonesia Timur tahun 2019. Berada di wilayah Makassar dan memiliki banyak kubah sejumlah 99 yang melambangkan Asmaul Husna.

BACA JUGA : Jelajahi Keindahan Wisata Terbaru Religi Terpopuler 2024, Masjid Raya Al Jabbar Bandung

Kubah tersebut juga terdiri dari berbagai warna, seperti merah, kuning dan orange. Jika kamu berada di Pantai Losari maka kamu akan melihat masjd megah ini karena jaraknya yang dekat.

2. Masjid Baiturrahman, Aceh

Menurut sejarah Masjid Baiturrahman dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1612 M. Pernah menjadi bangunan termegah pada abad ke 18 dan menjadi bangunan yang selamat saat peristiwa tsunami Aceh pada tahun 2004.

Masjid ini terletak di jantung Kota Banda Aceh yang dibangun dengan megah mirip wisata terbaru 2024 Taj Mahal di India. Dengan ukiran yang menarik serta halaman yang luas dengan kolam pemandian Turki-Turki Utsamani, masjid ini menjadi objek wisata religi yang dapat menambah wawasanmu.

3. Masjid Tiban, Malang

Dalam bahasa Jawa “Tiban” artinya tiba-tiba, karena masjid ini dibangun dengan waktu yang sangat cepat dan tidak terlihat. Banyak yang mengira katanya masjid ini dibangun oleh para jin.

Namun terlepas dari mitos itu, masyarakat sekitar mengaku bahwa yang dimaksud jin tersebut adalah para santri Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Fadlaailir Rahmah yang masih satu kawsan dengan Masjid Tiban itu. Sekilas bangunan masjid ini mirip dengan gaya Timur Tengah percampuran Turki, India dan Mesir.

Kategori :