Fakta Menarik Pulau Cangkir? Objek Wisata Terbaru 2024 Religi Terpopuler di Tangerang! Pernah Kesini Belum?

Senin 12-02-2024,21:45 WIB
Reporter : Alfan Nur Rabbani
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Ada banyak tempat wisata terbaru 2024 di Indonesia yang bisa dikunjungi wisatawan Salah satunya adalah Pulau Cangkir di Tangerang, Banten.

Tempat wisata terbaru 2024 ini, selain menampilkan keindahan alam juga bisa menjadi tempat wisata religi.

Pulau Cangkir sering dikunjungi wisatawan dan peziarah dari berbagai daerah.Pulau Cangkir terletak di Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Provinsi Tangerang.

Saat ini pulau tersebut menjadi tujuan wisata karena di dalamnya terdapat makam Pangeran Jaga Lautan yang bernama asli Syekh Waliyuddin. Ia dikenal sebagai ulama besar Banten.

Destinasi wisata terbaru 2024 ini merupakan destinasi wisata yang tidak hanya menampilkan keindahan alam saja, namun juga bisa menjadi destinasi wisata religi.

Namun pulau ini menjadi tujuan wisata terbaru 2024 ziarah karena adanya makam Pangeran Jaga Lautan yang bernama asli Syekh Waliyuddin. Diketahui beliau adalah seorang ulama besar Banten.

Banyak peziarah yang mengunjungi pulau ini sebagai tujuan wisata religi dan menikmati keindahan alamnya.

Biaya masuk Pulau Changkir sekitar Rp 20 ribu

Berikut beberapa hal menarik yang dapat dilakukan di wisata terbaru 2024 Pulau Cangkir:

1. Wisata Religi
Salah satu alasan Pulau Cangkir tidak pernah sepi pengunjung adalah banyaknya peziarah yang berwisata religi.

Para peziarah tersebut bertujuan mengunjungi makam ulama besar di Banten yaitu Syek Waliyuddin atau dikenal dengan Pangeran Jaga Lautan.


Syekh Waliyuddin merupakan anak dari salah satu Kesultanan Banten dan juga diketahui sebagai cucu dari Sunan Gunung Jati.

 BACA JUGA : Penginapan Murah di Solo? Wisata Terbaru 2024, Bisa Nikmati Liburan Cuma Rp 100 Ribu!

2. Sumber Mata Air Keramat

Pulau Cangkir juga mempunyai sumber mata air yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat yang lokasinya hanya sekitar beberapa meter dari makam Syekh Waliyuddin.

Sumber mata air tersebut berjarak sekitar 5 hingga 10 meter dari bibir pantai.

Diketahui ada sumber mata air dengan dua buah sumur dan para masyarakat menyebutkan sumur tersebut dengan nama sumur kembar.

Masing-masing sumur mempunyai nama Sulanjani dan Sulanjana.

Sumber mata air tersebut juga mempunyai air yang bersih dan jernih hingga kerap digunakan sebagai air minum atau air untuk berwudhu sebelum memasuki kawasan makam Syekh Waliyuddin.

3. Pemandangan Hutan Bakau

Ketika mengunjungi Pulau Cangkir terdapat hutan bakau yang bisa dilihat ketika berwisata ke Pulau tersebut.

Diketahui hutan bakau tersebut ada di sepanjang perairannya dan sengaja dibuat sebagai upaya pencegahan terjadinya abrasi laut.

Sementara itu bagi pengunjung yang ingin pergi ke hutan bakau harus menyeberang dengan berjalan kaki melalui jembatan kayu.

Pengunjung juga bisa melihat adanya hewan-hewan seperti kepiting, udang, dan burung yang hidup bebas.


BACA JUGA : Hobi Kuliner? Cobain Wisata Terbaru 2024: Mencicipi Kelezatan Khas Yogyakarta yang Membuat Lidahmu Bergoyang
 
4. Menikmati Ikan Segar dan Pemandangan Laut
 
Wisatawan yang mengunjungi wisata terbaru 2024 Pulau Cangkir akan mencium bau ikan di sekitar lokasi tersebut. Selain itu, para pengunjung bisa membeli ikan segar yang ditangkap oleh nelayan setempat.

Jenis ikan yang ditangkap juga beragam mulai dari ikan laut, ikan air tawar, hingga ikan hias.

Pasar ikan di pulau ini biasanya buka setiap hari sejak pagi hingga sore hari dan bisa
dibeli untuk dikonsumsi. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati indahnya pemandangan di Pulau Cangkir dengan berjalan santai atau berfoto di pinggir pantai tersebut.

Dengan menjelajahi wisata terbaru 2024 di Nusa Tenggara Timur, kamu pasti akan menjumpai pemandangan alam dan kekayaan budaya disana. NTT akan selalu memberi kenangan abadi dan pengalaman yang mendalam.  (*)

Kategori :