Menilik Perbedaan Pinjol dan Paylater yang Nasabah Awam Wajib Pahami

Minggu 14-01-2024,13:00 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Meskipun paylater dan pinjol ini istilahnya adalah sama yaitu berhutang, namun ternyata ada perbedaan yang cukup signifikan dan perlu Kamu ketahui.

Perbedaan paylater dan pinjol ini tentunya akan dibahas pada artikel ini dengan tujuan agar Kamu tidak mengalami yang namanya kebingungan.

BACA JUGA : Cakeep, MenatapMasa Depan Cerah! Berikut Rekomendasi Saham dan Analisis Pergerakan IHSG

Antara paylater dan pinjol jika kita lihat memang memudahkan pengguna melakukan sebuah transaksi terlebih dahulu dan membayar di kemudian hari sesuai dengan jatuh temponya.

Namun tentunya terdapat perbedaan paylater dan pinjol, apa saja itu?

Berikut ini adalah 5 perbedaan paylater dan pinjol yang mesti Kamu ketahui. Simak sampai akhir untuk memahaminya dengan baik.

Dengan mengetahui perbedaan paylater dan pinjol, harapannya kamu bisa lebih bijak untuk menggunakannya. Berikut ini penjelasannya.

 

Perbedaan Paylater dan Pinjol

1. Metode Transaksi

Perbedaan yang menonjol yakni paylater digunakan untuk membeli barang di e-commerce dengan sistem belanja sekarang bayar nanti.

Nantinya pengguna membayar tagihan beserta suku bunga dengan pilihan tenor bervariasi mulai dari 1,3,6 hingga 12 bulan.

BACA JUGA : Simak OJK Sebaiknya Membuka Gembok Penangguhan Pembayaran Utang Pinjaman Online!

Pemberi dan penerima dana pinjol akan bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi. Dalam praktiknya, mereka bertransaksi menggunakan sistem elektronik berbasis internet.

Sebaliknya, paylater adalah metode pembayaran yang memungkinkan penggunanya melakukan pembelian barang atau jasa secara langsung.

Kategori :