Gedung Perpusda Kabupaten Tegal Mangkrak Selama 2023, Pembangunan Bakal Dilanjutkan

Sabtu 13-01-2024,03:00 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : M. Fatkhurohman

SLAWI , DISWAYJOGJA - Setelah  mangkrak selama tahun 2023, pembangunan g edung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Tegal akan dilanjutkan tahun 2024. Awalnya ,  finisihing bisa diwujudkan tahun lalu, tapi ajuan usulan perubahan APBD II   tidak terakomodir.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Daerah Eko Jati Suntoro didampingi S ekretaris D inas merangkap PPK Nuzmatun Malinah menegaskan ,  kegiatan lanjutan ini akan didahului dengan proses lelang. Saat ini pihaknya  sedang persiapan agar proses lelang segera bisa dilakukan.

“ Target kami bangunan tertutup dahulu dibagian atasnya agar aman dari pengaruh cuaca panas dan hujan," ujarnya ,  Kamis (11/1/2024) lalu.

BACA JUGA:Pemkot Tegal Diminta Permudah Mekanisme Persetujuan Bangunan Gedung

A nggaran yang tersisa dari Rp1,2 mil i ar yang merupakan akumulasi dana pusat dan APBD II. Pertimbangan waktu yang menyebabkan proses penyempurnaan bangunan gedung harus dilakukan tahun ini. Tentunya ke depan akan dilakukan proses lelang dikarenakan ada peningkatan dana.  “ Harapan kami nantinya masih ada peminat ketika proses lelang dibuka," cetusnya.

Perpusnas sudah menjanjikan bila bangunan gedung tersebut bisa diselesaikan .   Pemerintah pusat akan membantu kembali pengadaan isi gedung perpustakaan tersebut di tahun 2024 awal. Baik bantuan berupa buku manual maupun elektronik.  D ana sisa pembangunan gedung perpustakaan tersebut hingga kini masih tersimpan di kas daerah.  

BACA JUGA:Cermati dan Pahami!! Konsekuensi dan Dampak Ekonomi Sosial dari Pinjaman Online

Bangunan yang sempat diselesaikan rekanan baru 40 persen. N antinya juga masih dibutuhkan dana untuk penyempurnaan tata lingkungan. Pihaknya  sempat me lemparkan wacana agar spek direvisi ulang .   D imana yang awalnya atap dari baja konvensional diubah dengan baja ringan.   “ Hal ini bisa menghemat biaya dan waktu pengerjaan hingga 50 persen," ungkapnya. (*)

Kategori :