DIY Boyong 4 Piala dalam Ajang AMH, Sabet Terbaik 1 Kategori Medsos

Kamis 02-11-2023,04:00 WIB
Reporter : itdisway
Editor : M. Fatkhurohman

DISWAYJOGJA - Sejak 2019, Pemda DIY tidak pernah absen mendulang penghargaan Anugerah Media Humas (AMH) yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI tiap tahun. Pada gelaran AMH 2023 ini, Pemda DIY berhasil memboyong 4 piala. Salah satunya yakni Terbaik ke-1 kategori media sosial (Medsos).

BACA JUGA:Bupati Bantul Abdul Halim Ajak Masyarakat DIY Tidak Buang Sampah Sembarangan

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah DIY Imam Pratanadi pada malam AMH 2023, di Hotel The Westin, Surabaya, Jawa Timur, Senin (30/10/2023).

Pada ajang AMH itu terdapat 6 kategori yang dilombakan. Selain kategori media sosial, Pemda DIY juga meraih penghargaan sebagai terbaik ke-2 kategori kampanye komunikasi publik, terbaik ke-2 kategori penerbitan media internal ( Inhouse Magazine ), dan terbaik ke-3 kategori media  audio visual . 

BACA JUGA:Gubernur DIY Hamengku Buwono X Tanggapi Polemik Sampah di Kota Jogja, Ini Penjelasannya

Kepala Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda DIY Imam Pratanadi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Yogyakarta. Sebab, telah menggunakan akun media sosial humas jogja sebagai salah satu  platform acuan informasi dari pemerintah.

Imam menjelaskan, penggunaan akun medsos itu bisa ditengarai dari konten-konten yang disajikan, khususnya instagram @humasjogja. Berbagai  data insight menunjukkan tren positif. Dimana selama periode Januari-September 2023 impression lebih dari 31juta. Sedangkan dalam kurun waktu 90 hari terakhir (Juli-September 2023) engagement rate lebih dari 530ribu, atau mengalami peningkatan 47 persen dibanding periode sebelumnya.

Imam mengatakan, penghargaan ini akan menjadi pemantik semangat untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat, menyampaikan informasi yang mudah dipahami, aktual, dan terpercaya.

“Kami mempersembahkan penghargaan ini kepada sedulur (sebutan untuk  netizen/follower akun medsos humas jogja) Yogyakarta yang istimewa,” kata Imam.

Diketahui, AMH 2023 yang menjadi gelaran ke-16 kali ini mengangkat tema ‘Humas Bersinergi untuk Kemajuan Negeri’. Kelompok peserta penerima AMH 2023 terbagi menjadi 3 kelompok. Pertama kelompok kementerian/lembaga BUMN, BUMD, dan Perguruan Tinggi Negeri. Kedua adalah pemerintah daerah provinsi dan kelompok ketiga yaitu pemerintah daerah kabupaten/kota.

”Anugerah ini merupakan bentuk apresiasi terhadap keberhasilan komunikasi publik dan dukungan hubungan masyarakat kementerian dan lembaga, pemerintah daerah serta BUMN dan perguruan tinggi dalam menyukseskan penyelenggaraan KTT ASEAN di Indonesia,” tutur Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong. (*)

Kategori :