Mengenal Lebih Dekat Dengan AC Portable, Komponen Serta Cara Kerjanya!

Senin 30-10-2023,11:24 WIB
Reporter : Irfa Khunainah
Editor : Irfa Khunainah

Pertama, Kumparan yang ada di dalam unit akan menurunkan suhu udara serta mengekstraksi air darinya melalui kondensasi. Kemudian u dara yang didinginkan akan  dipindahkan kembali ke dalam ruangan.

Kedua, Refrigen memainkan peran penting dalam keseluruhan proses. yaitu yang bertugas mendinginkan udara ruangan dan digunakan sebagai media pertukaran panas. Selanjutnya dikompresi dan kemudian diperluas dengan cepat, mendinginkannya.

Ketiga, Refrigeran yang didinginkan ini akan menyerap panas dari udara dalam ruangan. Pada  saat refrigeran dikompresi, panas dihasilkan sebagai yang perlu dikeluarkan. O leh karena itu, unit portable memiliki selang pembuangan yang digunakan untuk mengalirkan panas ke luar ruangan.

BACA JUGA:AC Vs Air Cooler, Mana yang Lebih Baik? Dua Perangkat ini Bisa jadi Sumber Referensi Kamu!

Ac portable dapat menghilangkan uap air yang terkumpul dari udara dengan tiga cara:

1. Melalui penguapan sendiri, AC portable menghilangkan kelembapan melalui ventilasi pembuangan bersama dengan udara hangat. Biasanya m odel Ac portable yang baru menggunakan fitur ini.

2. Melalui pengurasan gravitasi, kelembapan yang terkumpul dipompa akan keluar pada selang.

3. Melalui ember internal, caranya air ditampung dalam ember, lalu Anda harus kuras secara manual. Biasanya  model-model AC lama yang menggunakan fitur ini.

Perbedaan utama antara AC portable dengan jenis AC lainnya yaitu ia menggabungkan semua unit pemrosesan menjadi satu perangkat yang berdiri sendiri. Berbeda dengan pendingin ruangan lainnya yang unit pemrosesannya di pisah-pisah. 

AC portable terkecil bekerja dengan cara yang sama, yaitu dengan mengelompokkan sikluas pendinginan secara semaksimal mungkin.

BACA JUGA:Hindari 4 Kesalahan Umum dalam Penggunaan AC Dinding

Itulah pembahasan terkait AC portable, cara kerja serta komponennnya. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :