9 Tanaman Pengusir Nyamuk Alami yang Ampuh, Solusi Sehat dan Ramah Lingkungan

Selasa 17-10-2023,13:13 WIB
Reporter : Reza Maulana Basar
Editor : Reza Maulana Basar

DISWAY JOGJA – Nyamuk, makhluk paling menjengkelkan bagi banyak orang. Selain menyebabkan gatal dan rasa tidak nyaman, mereka juga membawa berbagai penyakit.

Bagaimana cara kita melawan nyamuk? Selain menggunakan obat nyamuk semprot atau bakar, kita dapat memanfaatkan kekuatan tanaman pengusir nyamuk yang alami.

Ternyata, ada cara alami untuk menghalau nyamuk tanpa perlu bergantung pada obat-obatan. Salah satunya adalah dengan menanam tanaman pengusir nyamuk di sekitar rumah Anda.

Ini adalah solusi yang mengagumkan untuk menghindari nyamuk dan menjaga kesehatan keluarga Anda.

BACA JUGA:7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Aman dan Efektif, Pembenci Nyamuk Wajib Coba!

BACA JUGA:Segera Ambil Karung jika Kalian Menemukan Tanaman ini, Khasiatnya Sungguh Tak Terduga

Mari kita lihat 9 tanaman pengusir nyamuk yang paling ampuh:

1. Lemon Balm

Tanaman pengusir nyamuk pertama ada Lemon Balm. Tanaman hias ini bukan hanya indah, tetapi juga memiliki aroma lemon yang menenangkan.

Nyamuk tidak tahan dengan kandungan sitronela dalam lemon balm, sementara kupu-kupu sangat menyukai bunga-bunganya yang cantik.

2. Catnip

Tanaman pengusir nyamuk ke dua ada Catnip. Tanaman hias ini dikenal oleh banyak orang sebagai "catnip" yang menarik bagi kucing, tetapi bagi nyamuk, ini adalah pengusir yang sangat efektif.

Dalam penelitian, daun catnip terbukti 10 kali lebih kuat dalam mengusir nyamuk daripada DEET, bahan kimia umum dalam pengusir serangga.

3. Kemangi

Tanaman pengusir nyamuk ke tiga ada Kemangi. Tanaman hias yang meriah ini bukan hanya membuat makanan lebih lezat tetapi juga bisa membantu mengusir larva nyamuk. Daun kemangi memiliki bau yang tajam yang mencegah hama.

Kategori :