Ini dia 5 Tanda HRD Merasa Tertarik dengan CV kamu saat Wawancara!

Jumat 15-09-2023,15:01 WIB
Reporter : M. Lutfi
Editor : M. Lutfi

DISWAY JOGJA - Wawancara adalah langkah penting menuju pekerjaan impian Anda. Selama wawancara, departemen pengembangan sumber daya manusia (HRD) akan membahas berbagai aspek pendidikan, pengalaman, dan kualifikasi Anda. Alat yang sangat penting dalam proses ini adalah CV.Rephrase. 

Pencapaian Anda yang membantu manajer memahami Anda sebagai calon karyawan, jika  HR tertarik dengan resume Anda, ini adalah langkah pertama untuk mendapatkan wawancara yang sukses. Selama wawancara, kami akan membahas lima tanda yang menunjukkan HR tertarik dengan resume Anda.

BACA JUGA:Resah Karena Setiap Hari Dikejar? Terapkan 4 Cara Ini Supaya Kamu Menjauh dari Layanan Pinjol

Mengetahui tanda-tanda ini akan membantu Anda merasa lebih percaya diri dan lebih mempersiapkan diri untuk wawancara

1. Baca resume Anda dengan cermat 

Salah satu tanda pertama bahwa HR tertarik dengan resume Anda adalah membacanya dengan cermat. Ini berarti mereka telah meluangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang pendidikan, riwayat pekerjaan, dan pencapaian Anda. Anda juga bisa menyoroti poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan saat wawancara. 

Jika petugas HR hanya melihat sekilas resume Anda atau tidak menanyakan pertanyaan spesifik tentang isi resume Anda, mungkin petugas HR tersebut tidak tertarik atau Anda tidak cukup siap untuk wawancara. Ini bisa berarti demikian. 

BACA JUGA:Pencaker di Brebes Diminta Waspada dengan Lowongan Kerja Bermodus Pungutan

2. Anda mendengarkan dengan baik ketika Anda berbicara 

Tanda lain bahwa HR menghargai mendengarkan Anda dengan cermat selama wawancara. Anda dapat mengajukan pertanyaan tambahan untuk memperjelas beberapa pengalaman dan pencapaian yang tercantum di resume Anda. 

Mengapa mendengarkan menunjukkan minat? Karena itu menunjukkan bahwa mereka sangat ingin mengetahui  latar belakang dan keahlian Anda. Ini juga bisa berarti mereka menyadari potensi nilai yang Anda berikan kepada perusahaan. 

3. Bicara tentang kepribadian dan budaya perusahaan

Selama wawancara, manajer SDM yang tertarik mungkin juga dapat berbicara lebih banyak tentang budaya perusahaan dan nilai-nilai yang disampaikan  perusahaan. Mungkin mereka bisa menjelaskan bagaimana mereka menghargai kolaborasi, inovasi, dan integritas, dan bagaimana kaitannya dengan posisi yang Anda lamar. 

Jika perwakilan SDM berbicara kepada Anda tentang budaya perusahaan, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka melihat Anda sebagai kandidat yang cocok untuk lingkungan kerja perusahaan. 

BACA JUGA:Bupati Tegal Umi Azizah Berikan Anugerah kepada 13 Peserta FFT 2023

Kategori :