10 Tips Belajar Bermain Piano Bagi Pemula

Minggu 06-08-2023,08:06 WIB
Reporter : Mohamad Ziaul Bilad
Editor : Mohamad Ziaul Bilad

DISWAYJOGJA.ID - Piano adalah salah satu alat musik populer yang banyak dimainkan oleh banyak orang. Siapa sih yang tidak ingin mahir bermain piano? Akan ada kebanggan tersendiri jika kita berhasil menguasai teknik bermain piano yang baik dan benar. Namun, tidak semua orang bisa mempelajari piano. 

 Alasanya, terkadang tidak memiliki waktu untuk les musik atau tidak memiliki uang lebih untuk mengikuti les musik tersebut. Pasalnya mengikuti les musik bukan satu-satunya cara untuk mahir bermain piano, Bisa juga belajar secara mandiri atau otodidak. Tak sedikit, yang berhasil mahir bermain piano dengan belajar secara otodidak. Jika mereka bisa tentunya kita juga bisa bukan? Jangan khawatir, di dalam artikel ini kami akan membahas semua hal yang dibutuhkan untuk belajar piano secara otodidak agar mahir dalam memainkannya.

 

BACA JUGA:9 Genre Musik Beserta Pengertianya Yang Perlu Anda Ketahui

 

 berikut 10 tips untuk pemula belajar bermain piano:

 

1. Mulailah dengan posisi tangan yang tepat

 

 Letakkan jari  dengan posisi melengkung dan rileks, jika kita pada posisi yang tidak nyaman dan rileks, maka akan mempengaruhi pola belajar kita. Dengan pergelangan tangan sedikit lebih tinggi di atas tuts.

 

2. Pelajari teori musik dasar

 

 Biasakan diri dengan nada, tangga nada, dan tanda kunci untuk memahami cara kerja musik. Dengan mengetahui nada-nada dasar dalam bermain musik khususnya piano, maka kita akan terlatih secara rapi dan signifikan.

 

3. Berlatih secara teratur

 

 Latihan yang konsisten, bahkan dalam sesi singkat, akan membantu meningkat lebih cepat. Sedikit demi sedikit apabila semuanya dilakukan secara konsisten, maka tanpa kita sadari telah sampai pada posisi yang jauh lebih baik.

 

BACA JUGA:7 Pengertian Musik Menurut Para Ahli

 

4. Mulailah dengan lagu-lagu sederhana

 

 Mulailah dengan lagu-lagu yang mudah untuk membangun kepercayaan diri, dengan memperhatikan chord, tempo, yang paling sederhana. Kemudian bertahap menuju ke lagu-lagu yang sulit di dasari dengan percobaan secara berkala.

 

5.Fokus pada akurasi, bukan kecepatan

 

 Prioritaskan bermain dengan benar daripada bermain cepat untuk menghindari kebiasaan buruk. Dengan kata lain yaitu menghindari kecerobohan yang muncul akibat tergesa-gesa dalam bermain piano.

 

6. Gunakan metronom

 

 Berlatihlah dengan metronom untuk mengembangkan irama dan pengaturan waktu yang stabil. Dengan menggunakan metronom kita terlatih disiplin dalam ketukan, bar atau tempo dari suatu irama.

 

7. Pecahkan bagian-bagian yang sulit

 

 Saat menghadapi bagian-bagian yang menantang, latihlah secara terpisah sebelum mengintegrasikannya ke dalam keseluruhan bagian. Dengan memisahkan bagian-bagian yang sulit akan mempermudah untuk mengoreksinya secara mendasar.

 

8. Mendengarkan secara aktif

 

 Dengarkan rekaman dari pianis terampil untuk memahami interpretasi dan ekspresi musik. Dengan mendengarkan secara aktif secara tidak langsung telah mengasah kepekaan pendengaran kita terhadap bunyi atau nada.

 

BACA JUGA:8 Tips Belajar Gitar Bagi Pemula, Paling Sederhana Dan Mudah!

 

9. Tetap rileks

 

 Hindari ketegangan yang tidak perlu di tangan dan tubuh saat bermain untuk mencegah cedera dan meningkatkan fluiditas. Jika kondisi kita tegang maka akan sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran.

 

10. Mencari bimbingan

 

 Pertimbangkan untuk mengambil pelajaran dari guru piano yang berkualifikasi untuk menerima umpan balik dan bimbingan yang dipersonalisasi. Apabila dalam belajar secara otodidak masih terdapat kesulitan, usahakan mencari pendamping atau tempat sharing. Untuk hasil yang lebih sempurna sharing kepada orang yang sudah mahir sangatlah penting dan memberikan solusi terhadap kesulitan-kesulitan dalam proses belajar bermain piano.

 Ingat, belajar piano membutuhkan waktu dan kesabaran, jadi nikmati prosesnya dan rayakan kemajuan Anda selama ini! Sampai jumpa, semoga bermanfaat.

Kategori :