Untuk Kalian yang Masih Bingung Bagaimana Merawat Tanaman? Ini 7 Cara Merawatnya

Rabu 26-07-2023,21:00 WIB
Reporter : Roozika Pratama
Editor : Roozika Pratama

4. Pastikan tanaman mendapatkan cahaya yang cukup

Setiap tanaman akan selalu membutuhkan cahaya walaupun tanaman tersebut merupakan tanaman indoor. Kalian perlu mengetahui apakah tanaman yang di pelihara dapat terkena sinar matahari langsung atau tidak.

Hal ini akan mempengaruhi lokasi kalian meletakkan tanaman tersebut. Jika kalian memelihara tanaman di dalam ruangan kalian tetap harus sesekali menjemur tanaman tersebut di luar.

5. Perhatikan kelembaban udara

Agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal, kelembapan udara di sekitar lingkungan juga perlu kalian perhatikan. Kelembapan yang bagus akan membuat pertumbuhan tanaman juga optimal.

Ketika kalian menggunakan AC, kelembaban ruangan akan berkurang sehingga dapat membuat tanaman hias menjadi mudah layu. Untuk menaikkan kelembapan udara kalian dapat meletakkan wadah berisi air di sekitar tanaman.

6. Bersihkan daun secara teratur

Membersihkan daun memang bukan hal yang krusial. Akan tetapi ketika kalian memiliki tanaman hias menjaga kebersihan daun dapat menambah daya tarik tanaman tersebut. Membersihkan daun dapat membuat daun menjadi bersih dan tampak mengkilat.

7. Pangkas tanaman secara teratur

Memangkas tanaman dengan teratur dapat membantu tanaman untuk tumbuh dengan baik. Potonglah daun-daun tanaman yang sudah tampak tua dan rusak dengan teratur. Jangan lupa juga untuk memotong daun yang terkena hama atau tampak busuk agar infeksi tidak menyebar dan menginfeksi daun yang lain.

Apakah kalian tertarik untuk memelihara tanaman hias? Kalian bisa mulai mencobanya dari tanaman yang membutuhkan sedikit perawatan agar mudah sebagai pemula.

Nah, itu tadi ulasan mengenai proses tahapan merawat tanaman hias yang mudah dan dijamin bagi kalian yang pemula akan langsung bisa. (*)

Kategori :