6 Puasa Yang Bisa Kamu Kerjakan Dibulan Muharram, Yuk Cari Pahala!

Rabu 26-07-2023,19:59 WIB
Reporter : Azah Ilma Nuryana
Editor : Azah Ilma Nuryana

DISWAY JOGJA - Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam dan dianggap sebagai salah satu bulan suci yang memiliki banyak keutamaan. Di antara ibadah sunah yang dianjurkan selama bulan ini adalah puasa sunah. Puasa sunah bulan Muharram memiliki nilai keutamaan dan manfaat spiritual bagi umat Muslim.

Bahkan, dikutip dari laman resmi MUI dijelaskan bahwa menunaikan puasa Muharram setara dengan puasa Syaban.

عَنْ أَبِي سَلَمَةَ ، قَالَ : سَأَلْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، عَنْ صِيَامِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَتْ : كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ صَامَ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ أَفْطَرَ، وَلَمْ أَرَهُ صَائِمًا مِنْ شَهْرٍ قَطُّ، أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ مِنْ شَعْبَانَ، كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ، كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ إِلَّا قَلِيلًا.

Dari Abu Salamah ia berkata, saya pernah bertanya kepada Aisyah Ra. tentang puasa Rasulullah SAW, maka ia pun berkata, 'Rasulullah SAW sering berpuasa hingga kami mengira bahwa beliau akan puasa seterusnya. Dan beliau sering berbuka (tidak puasa) sehingga kami mengira beliau tidak puasa terus-menerus. Dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa terus sebulan penuh kecuali Ramadan. Dan aku juga tidak pernah melihat beliau puasa sunnah dalam sebulan yang lebih banyak daripada puasanya di bulan Sya'ban. Beliau berpuasa pada bulan Sya'ban hingga sisa harinya tinggal sedikit." (HR. Muslim).

3 Jenis Puasa Muharram

Mengutip laman NU Online dengan artikel berjudul 'Sunnah Puasa Muharram, Boleh Pilih Tiga Jenisnya', berikut ini ketiga jenis puasa sunnah yang dianjurkan dikerjakan di bulan Muharram:

1. Puasa paling utama di bulan Muharram adalah puasa di hari kesepuluh beserta satu hari sebelum dan sesudahnya, yaitu tanggal 9 dan 11.

2. Puasa di hari kesembilan dan kesepuluh.

3. Puasa di hari kesepuluh saja.

Untuk menambah kesempurnaan ibadah puasa sunnah, seorang muslim juga diperbolehkan menunaikan puasa pada tanggal-tanggal putih yang mana adalah saat bulan purnama. Adapun puasa ini disebut sebagai puasa Ayyamul Bidh, yaitu puasa sunnah tanggal 13, 14, dan 15 di setiap bulannya, termasuk Muharram.

Jadwal Puasa Muharram 2023

Berdasarkan ketiga jenis puasa Muharram di atas, maka terdapat 6 puasa yang bisa dikerjakan pada awal bulan kalender Hijriah ini. Sementara itu, mengikuti SKB Tiga Menteri yang menetapkan 1 Muharram 1445 H atau Tahun Baru Islam 2023 bertepatan pada 19 Juli 2023, maka berikut ini detail jadwal puasa Muharram 2023:

1. Puasa 9 Muharram (Tasu'a): Kamis, 27 Juli 2023

2. Puasa 10 Muharram (Asyura): Jumat, 28 Juli 2023

3. Puasa 11 Muharram: Sabtu, 29 Juli 2023

Kategori :