5 Resep Tumis Buncis Paling Mudah Dibuat, Sederhana dan Nikmat!

Rabu 26-07-2023,13:15 WIB
Reporter : Rosiana Mahmudah
Editor : Rosiana Mahmudah

DISWAY JOGJA - Terkadang jika tak memiliki banyak waktu luang, sebagian orang akan cenderung menghidangkan masakan yang praktis dan mudah dibuat. Salah satunya yaitu masakan yang diolah dengan cara ditumis.

Di antara banyak sayuran yang lezat jika ditumis yakni buncis. Buncis ini merupakan salah satu sayuran yang tidak perlu dikupas dan cepat matang.

Sayuran hijau bernutrisi ini juga mudah didapat, baik di pasar tradisional, supermarket, atau toko sayur online. Dari segi harga pun sangat ramah di kantong.

Masakan sederhana ala rumahan ini memiliki aroma yang lezat, serta cita rasa gurih. Nah kamu pun juga bisa membuatnya sendiri, sebab membuat tumis buncis super enak ini sangat mudah lho.

1. Tumis Buncis Sederhana

Bahan-bahan:

    300 gram buncis, potong-potong 1 wortel, potong korek api 1 bawang bombay, iris tipis 2 siung bawang putih, cincang halus 2 sendok makan saus tiram 1 sendok makan kecap manis Garam dan merica secukupnya Minyak goreng secukupnya
Cara membuat:

    Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan wortel dan tumis hingga setengah matang. Tambahkan buncis, saus tiram, kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata dan masak hingga buncis matang tapi tetap renyah. Angkat dan sajikan.
2. Tumis Buncis dengan Tahu

Bahan-bahan:

    300 gram buncis, potong-potong 150 gram tahu, potong dadu 1 wortel, potong korek api 2 siung bawang putih, cincang halus 1/2 buah bawang bombay, iris tipis 2 sendok makan saus tiram 1 sendok makan kecap manis 1 sendok teh kecap ikan Garam dan merica secukupnya Minyak goreng secukupnya
Cara membuat:

    Goreng tahu hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan wortel dan tumis hingga setengah matang. Tambahkan buncis dan tumis hingga matang. Masukkan tahu, saus tiram, kecap manis, kecap ikan, garam, dan merica. Aduk rata dan masak hingga semua bumbu meresap. Angkat dan sajikan. 3. Tumis Buncis Pedas
Bahan-bahan:

    300 gram buncis, potong-potong 1 wortel, potong korek api 2 siung bawang putih, cincang halus 1/2 buah bawang bombay, iris tipis 2-3 cabe rawit (sesuai selera), iris tipis 2 sendok makan saus cabai atau saus sambal 1 sendok makan saus tiram Garam dan merica secukupnya Minyak goreng secukupnya
Cara membuat:

    Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan cabe rawit hingga harum. Masukkan wortel dan tumis hingga setengah matang. Tambahkan buncis dan tumis hingga matang. Masukkan saus cabai atau saus sambal, saus tiram, garam, dan merica. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan.
4. Tumis Buncis dengan Udang

Bahan-bahan:

    300 gram buncis, potong-potong 200 gram udang, kupas dan bersihkan 2 siung bawang putih, cincang halus 1/2 buah bawang bombay, iris tipis 1 batang daun bawang, potong-potong 2 sendok makan saus tiram 1 sendok makan saus tomat Garam dan merica secukupnya Minyak goreng secukupnya
Cara membuat:

    Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan udang dan tumis hingga berubah warna. Tambahkan buncis dan tumis hingga matang. Masukkan saus tiram, saus tomat, garam, dan merica. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap. Tambahkan potongan daun bawang, aduk sebentar, lalu angkat dan sajikan.
5. Tumis Buncis Jamur

Bahan-bahan:

    300 gram buncis, potong-potong 100 gram jamur (tiram, kuping, atau jamur merang), iris tipis 2 siung bawang putih, cincang halus 1/2 buah bawang bombay, iris tipis 2 sendok makan saus tiram 1 sendok makan saus tiram Garam dan merica secukupnya Minyak goreng secukupnya
Cara membuat:

    Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan jamur dan tumis hingga layu. Tambahkan buncis dan tumis hingga matang. Masukkan saus tiram dan saus tomat, garam, dan merica. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan.
Selamat mencoba resep tumis buncis yang Anda suka! Jangan ragu untuk menyesuaikan bumbu dan rempah sesuai dengan selera pribadi.

Kategori :