5 Resep Dessert Ala Resto Bintang 5, Enak dan Mudah Dibuat di Rumah!

Selasa 25-07-2023,22:34 WIB
Reporter : Rosiana Mahmudah
Editor : Rosiana Mahmudah

DISWAY JOGJA - Setelah menikmati hidangan menu utama, rasanya tidak lengkap tanpa dessert atau menu hidangan penutup. Yap, hal ini sudah menjadi kebiasaan hampir diseluruh dunia. Tiap-tiap negara memiliki ciri khas dan menu unik masing-masing. Biasanya, dessert memiliki cita rasa manis. Kini dessert pun hadir dengan berbagai jenis olahan, rasanya juara.

Salah satu yang cukup menggugah selera adalah dessert ala restoran. Bagaimana tidak, ditata di tempat yang cantik dengan rasanya enak membuat siapa saja tergiur. Nah buat kamu yang ingin membuat dessert mewah untuk suatu acara atau hanya sekadar makan bersama keluarga, kamu bisa lho mencoba dessert-dessert yang kerap ada di restoran.

Berikut adalah lima resep dessert simpel yang bisa Anda buat di rumah, tetapi rasanya seperti dessert ala restoran:

1. Crème Brûlée

Bahan-bahan:

    500 ml krim kental 4 kuning telur 100 gram gula pasir 1 sendok teh vanila ekstrak Gula merah atau gula pasir untuk taburan atasnya
Cara membuat:

    Panaskan krim kental dalam panci hingga hampir mendidih, jangan sampai mendidih. Dalam mangkuk terpisah, kocok kuning telur dan gula pasir hingga lembut dan berwarna kuning cerah. Tuangkan krim panas sedikit demi sedikit ke dalam campuran telur sambil terus diaduk agar telur tidak menggumpal. Tambahkan vanila ekstrak, aduk rata. Tuang adonan ke dalam ramekin atau cangkir kecil. Panggang dalam oven dengan cara mengukusnya selama 30-35 menit pada suhu 160°C. Setelah itu, dinginkan dalam kulkas minimal 2 jam atau semalaman. Sebelum disajikan, taburi permukaannya dengan gula merah atau gula pasir, lalu bakar permukaannya dengan blowtorch hingga caramelized.
2. Tiramisu

Bahan-bahan:

    250 gram mascarpone cheese 200 ml whipped cream 100 ml kopi hitam, dinginkan 2 sendok makan kahlua (opsional) 2 sendok makan gula pasir Biskuit ladyfinger secukupnya Kakao bubuk untuk taburan atasnya
Cara membuat:

    Kocok mascarpone cheese dengan gula pasir hingga lembut. Tambahkan whipped cream dan kahlua (jika menggunakan) ke dalam mascarpone, aduk rata. Celupkan biskuit ladyfinger ke dalam kopi dingin, susun lapisan di dalam gelas atau wadah dessert. Tambahkan lapisan krim mascarpone di atasnya. Ulangi lapisan biskuit dan krim mascarpone hingga gelas hampir penuh. Sisihkan sedikit krim mascarpone untuk lapisan atasnya. Dinginkan dalam kulkas minimal 4 jam atau semalaman. Sebelum disajikan, taburi permukaannya dengan kakao bubuk.
3. Panna Cotta

Bahan-bahan:

    500 ml krim kental 100 gram gula pasir 1 sendok teh vanila ekstrak 2 sendok teh bubuk gelatin (sekitar 7 gram) 3 sendok makan air
Cara membuat:

    Campurkan bubuk gelatin dengan air dan biarkan selama beberapa menit hingga mengembang. Panaskan krim kental dan gula pasir dalam panci, aduk hingga gula larut. Matikan api dan tambahkan vanila ekstrak, aduk rata. Tambahkan larutan gelatin ke dalam campuran krim kental, aduk hingga gelatin benar-benar larut. Tuang adonan ke dalam cangkir atau gelas dessert. Dinginkan dalam kulkas minimal 4 jam atau semalaman hingga panna cotta mengeras. Sajikan dengan saus buah-buahan atau saus karamel.
4. Fondue Cokelat

Bahan-bahan:

    200 gram cokelat batangan, potong-potong 100 ml whipped cream Potongan buah-buahan segar (pisang, stroberi, kiwi, dll.) Marshmallow atau biskuit
Cara membuat:

    Panaskan whipped cream dalam panci hingga hampir mendidih. Tuang whipped cream panas ke dalam mangkuk berisi potongan cokelat. Biarkan selama beberapa saat, lalu aduk hingga cokelat benar-benar meleleh dan membentuk saus cokelat yang lembut. Tuang cokelat cair ke dalam wadah fondue atau wadah lain yang sesuai. Sajikan dengan potongan buah-buahan segar, marshmallow, atau biskuit untuk dicelupkan ke dalam cokelat fondue.
5. Mousse Cokelat

Bahan-bahan:

    200 gram cokelat batangan, potong-potong 300 ml whipped cream 2 sendok makan gula pasir 1 sendok teh vanila ekstrak Cokelat serut atau cacahan cokelat untuk hiasan
Cara membuat:

    Lelehkan potongan cokelat dengan cara menggunakan metode double boiler atau microwave. Kocok whipped cream dengan gula pasir dan vanila ekstrak hingga kaku. Perlahan-lahan campurkan whipped cream ke dalam cokelat leleh, aduk perlahan hingga tercampur rata. Tuang mousse cokelat ke dalam gelas atau wadah dessert. Dinginkan dalam kulkas minimal 2 jam atau semalaman hingga mousse mengeras. Sebelum disajikan, hias dengan cokelat serut atau cacahan cokelat.
Selamat mencoba resep-resep dessert simpel ala restoran ini di rumah. Dijamin akan memanjakan lidah dan membuat Anda dan keluarga terkesan dengan dessert yang lezat ini!

Kategori :