3 Rekomendasi Soto Terenak yang Ada di Kota Tegal, yang Nomor 3 sih itu Rasa nya Nendang Sekali

Sabtu 22-07-2023,06:19 WIB
Reporter : Muhammad Hilmi Simatul Abror
Editor : Muhammad Hilmi Simatul Abror

 

DISWAY JOGJA - Jika sedang berada di kota Tegal, sempatkanlah membeli Sauto, salah satu kuliner khas di sana. Sauto ini unik karena merupakan perpaduan antara soto dengan tauco. Membayangkan rasanya, pasti makanan ini akan terasa asam manis di lidah karena tauco memliki aroma dan rasanya yang khas.

Soto merupakan salah satu hidangan tradisional yang hingga kini masih digemari banyak orang. Bahkan pada pertengahan 2018 lalu, soto ditetapkan sebagai makanan nasional oleh BEKRAF yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata.

Tak mengherankan, sebab banyak daerah di Indonesia yang memiliki hidangan soto khas, unik, dan berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya. Salah satunya soto khas Tegal atau lebih dikenal dengan sebutan sauto.

Berbeda dari soto bening dari daerah lain, keunikan sauto terletak pada siraman tauco melimpah sebagai penambah rasanya. Tauco yang sebelumnya telah ditumis dengan aneka bumbu inilah yang memberi cita rasa pedas, manis, dan sedikit asam yang membuat hidangan berkuah hangat ini semakin menggugah. Sauto berlumur tauco lembut bisa dijumpai dengan mudah di berbagai sudut kota Tegal.

Berikut Sauto enak dan gurih yang ada di Tegal:

1.Sauto sedap Malam: Selagi berada di Tegal, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan Sauto Sedap Malam. Sauto merupakan singkatan dari soto tauco, dan menjadi salah satu menu andalan di Tegal. Sesuai namanya, kuliner ini merupakan sajian soto dengan tambahan tauco yang membuat cita rasa makanan semakin khas. Seporsi sauto terdiri dari nasi, potongan ayam atau daging sapi, tauge, daun bawang dan tauco.

Lokasi: Jalan Raya Talang Nomor 320, RW.2, Wirantakan, Talang, Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

2.Sauto WM Moro Tresno : Saat pertama memasuki WM Moro Tresno, pengunjung akan langsung disambut dengan etalase kaca khas warung Tegal lengkap dengan kursi panjang yang mengelilinginya. Dominasi warna hijau pada muda yang melapisi kursi, meja, dan ornamen lainnya membuat suasana tempat makan semakin kental akan nuansa khas Kota Bahari.

Namun tak perlu khawatir tidak kebagian tempat duduk, WM Moro Tresno juga menyediakan tempat duduk beratapkan tenda semi permanen di bagian luar tempat makan. Dilengkapi dengan kursi dan meja panjang, halaman WM Moro Tresno ini bisa menampung lebih dari 50 pelanggan sehingga cocok disambangi beramai-ramai. Nah, bila masih bingung mencari tempat makan sauto nikmat di Tegal, kamu bisa mengunjungi WM (Warung Makan) Moro Tresno H.Caup Gendut yang berada di dekat alun-alun kota. Disajikan dalam mangkuk berukuran mungil, ciri khas sauto di warung makan ini adalah porsinya yang membumbung dengan siraman tauco melimpah di atasnya. Satu porsi sauto terdiri dari nasi yang di bagian dasar mangkuk, taoge, daun bawang, cacahan daging, dan tumisan tauco yang pedas.

3. Warung Makan Sauto Pak Da’an : Sauto atau soto tauco ini memiliki cita rasa unik dan mengunggah. Ada rasa manisnya, asin, dan juga sedikit asam dengan kuah gelap yang menggoda selera. Kamu bisa datang ke Jalan Raya Talang 100 untuk menikmati sauto Pak Da’an yang lezat ini.

Harganya pun cukup terjangkau, seluruh porsi makanan dan minuman di Warung sauto dibanderol dengan harga mulai Rp 15 ribuan hingga Rp 30 ribuan per porsinya. Menu yang bervariasi dijamin akan memuaskan rasa laparmu. Yuk icip-icip kuliner khas Tegal yang unik ini. Jangan lupa ya, perhatikan plang nama dengan benar, agar tidak salah masuk seperti saya.

 

Kategori :