Ini Dia 6 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, Apa saja?

Kamis 20-07-2023,10:26 WIB
Reporter : Khoerun Naili
Editor : Khoerun Naili

DISWAY JOGJA -  Tomat memiliki berbagai manfaat yang teruji klinis untuk kesehatan tubuh. Tomat mengandung banyak nutsisi, seperti vitamin A,vitamin C, kalium, mineral dan lain sebagainya yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Salah satu  manfaat tomat yaitu mampu menjaga kesehatan mata.

 

Tomat merupakan sumber vitamin dan mineral. Tomat kaya akan vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata. dan kalium yang membantu keseimbangan tubuh. 

 

Selain sebagai bahan masakan yang sering digunakan, tomat juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari. Jika dikonsumsi secara rutin dan diolah dengan benar, manfaat tomat bisa dirasakan. Banyak orang yang mengkonsunsi tomat karena segudang manfaat yang ada di dalamnya. Berikut adalah beberapa manfaat tomat untuk kesehatan, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Kulit  

Manfaat tomat yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Tomat mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Tomat juga memiliki sifat antiinflamasi yang mampu mengurangi peradangan pada kulit. 

 

2. Menjaga Kesehatan Mata  

Tomat mengandung likopen yang mampu menjaga kesehatan mata secara alami. Tomat sudah dipercaya secara klinis dapat melindungi mata dari berbagai penyakit karena bayaknya nutrisi yang terkandung didalamnya. Mengkonsumsi tomat secara rutinmampu mengurangi risiko terkait penyakit mata.

 

3. Menurunkan Risiko Diabetes  

Manfaat tomat yang selanjutnya adalah tomat dapat membantu menurunkan risiko diabetes. Hal tersebut dikarenakan tomat mengandung kadar gula yang rendah. Rasa tomat yang sedikit asam mampu menetralkan kadar gula darah di dalam tubuh. Tomat juga mengandung kalori yang rendah sehingga dikatkan dengan peburunan risiki diabetes.

 

4. Meningkatkan Pencernaan  

Tomat mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat tomat yaitu mampu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat yang tinggi dalam tomat mampu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit. Bagi Anda yang sedang mengalami sistem pencernaan yang tidak baik maka disarankan mengkonsumsi tomat setiap hari dengan porsi yang tepat. 

 

5. Menjaga Kesehatan Jantung 

Manfaat tomat yang selanjutnya adalah tomat mampu menjaga kesehatan jantung. Nutrisi yang ada di dalam tomat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya menjaga kesehatan jantung karena tomat mengandung likopen. Kalium yang ada di dalam tomat mampu mengendalikan tekanan darah.

 

6. Mencegah Kanker 

Manfaat tomat yang terakhir adalah mampu mencegah kanker  di dalam tubuh. Tomat mengandung likopen yang mampu mencegah pertumbuhan sel-sel jahat, salah satunya kanker. Senyawa antioksidan dalam tomat dipercaya mencegah kanker di dalam tubuh.

 

Nah,Itulah beberapa manfaat tomat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tomat bisa menjadi menu makanan dan minuman sehat untuk dikonsumsi setiap hari karena banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam tomat. Namun, penting diketahui bahwa sebaiknya mengkonsumsi tomat tidak berlebihan dan sesuai anjuran dokter. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :