7 Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan Badan Supaya Mendapatkan Vitamin C

Rabu 19-07-2023,20:45 WIB
Reporter : Muhammad Hilmi Simatul Abror
Editor : Muhammad Hilmi Simatul Abror

DISWAY JOGJA - Air lemon merupakan salah satu jenis minuman alternatif yang menyegarkan. Selain memiliki rasa asam nan segar, air lemon memiliki banyak sekali kandungan, karena di dalamnya sangat kaya akan vitamin dan nutrisi. Buah yang biasanya digunakan sebagai hiasan dalam sajian makanan maupun minuman ini, ternyata dapat membantu tubuh untuk memerangi berbagai macam jenis penyakit berbahaya.

manfaat air lemonManfaat kesehatan dari air lemon telah dikenal sejak berabad-abad lamanya. Mesir Kuno percaya, minum jus lemon dapat melindungi tubuh dari berbagai racun dan penyakit. Ekstrak buah yang memiliki nama botanical Citrus binomial x limon ini memiliki lebih dari 100% kandungan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah ini, pastikan mendapatkannya dari perasan buah lemon segar secara langsung. Hindari untuk mendapatkan air lemon kemasan yang banyak dijual dipasaran, karena didalamnya telah tercampur dengan berbagai bahan kimia yang justru tidak dapat memebrikan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat air lemon

Mengkonsumsi air lemon dapat memberikan berbagai macam manfaat, seperti :

1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah: Dalam air lemon terkandung sejumlah kalium yang sangat bermanfaat dalam membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini tentu saja akan sangat berguna bagi mereka yang mengalami gangguan hipertensi (tekanan darah tinggi). Dengan manfaat air lemon secara teratur akan dapat membantu mereka membuat tekanan darah menjadi normal serta dapat memberikan efek relaksasi pada pikiran.

Dengan begitu akan dapat membantu dalam mengurangi tingkat stress maupun depresi yang berlebihan. Hal tersebut nantinya dapat mengarah pada timbulnya berbagai macam jenis penyakit kronis seperti diabetes, serangan jantung, maupun stroke.

2.Melancarkan sistem pencernaan: Dengan mengkonsumsi air lemon ternyata juga dapat membantu meringankan masalah pencernaan, seperti mulas, mual, perut kembung, sendawa, maupun gangguan sembelit (susah buang air besar). Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan perasan air lemon dengan air hangat.

Dengan mengkonsumsi ramuan tersebut secara teratur akan dapat membantu merangsang saluran pencernaan. Dorongan peristaltik pada dinding usus, berguna untuk membantu pengeluaran limbah atau sisa-sisa pencernaan secara efisien. Hal tersebut akan membantu menyembuhkan gangguan sembelit.

3. Merangsang fungsi hati: Kandungan senyawa alami yang terdapat dalam manfaat air lemon mampu melarutkan kandungan asam urat serta racun berbahaya lainnya yang bersarang pada organ hati. Selain itu, air lemon juga bermanfaat untuk membantu memecah batu empedu serta dapat meringankan demam akibat malaria.

Kandungan kalium dalam air lemon dapat membantu menyembuhkan gejala gangguan pada organ hati atau yang biasanya di sebut biliousness seperti sembelit, muntah, hilangnya nafsu makan, serta pusing. Untuk itu, bagi yang sedang mengalami gangguan fungsi hati, ada baiknya mengkonsumsi air lemon hangat di pagi hari secara teratur, yaitu satu jam sebelum Anda sarapan.

4. Membersihkan tubuh dari bakteri: Dalam bukunya yang berjudul “Back To Eden” Jethro Kloss menyatakan bahwa Ekstrak air lemon dapat membantu menghilangkan penumpukan bakteri dalam tubuh (sepsis) yaitu dengan mempengaruhi kemampuan anti scourbutic tubuh dalam mencegah penyakit dan membersihkan tubuh dari kotoran.

Menurut Dr. Gillian McKeith dalam bukunya yang berjudul “You Are What You Eat” juga menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi segelas air lemon hangat di pagi hari setelah bangun tidur, dapat membantu membersihkan lendir tidak berguna dalam tubuh. Namun ia juga menyarankan untuk mengkonsumsi air lemon di malam hari sebelum tidur.

5. Meningkatkan hidrasi: Air lemon dapat membantu meningkatkan hidrasi tubuh. Rasanya yang segar dapat menjadi alternatif yang menyenangkan untuk air biasa, sehingga membuat Anda lebih tergugah untuk minum lebih banyak air.

6. Sumber vitamin C: Lemon kaya akan vitamin C, yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, dan membantu dalam penyerapan zat besi dalam tubuh.

7. Menyegarkan napas: Air lemon dapat membantu mengatasi bau mulut yang tidak sedap dan menyegarkan napas. Lemon memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Meskipun air lemon memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, penting untuk diingat bahwa asam sitrat dalam lemon dapat merusak enamel gigi. Oleh karena itu, disarankan untuk meminum air lemon dengan sedotan atau meminumnya dengan cepat dan membilas mulut dengan air setelahnya untuk melindungi gigi. Juga, beberapa orang mungkin memiliki sensitivitas terhadap asam lemon, jadi perhatikan reaksi tubuh Anda dan konsultasikan dengan dokter jika diperlukan.

Tags : #air lemon
Kategori :