Mau Nonton Oppenheimer? Simak Dulu Profil Fisikawan Penemu Bom Atom Ini!

Kamis 20-07-2023,20:12 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Penta Daniel Pratama

DISWAY JOGJA - Film Oppenheimer garapan Christopher Nolan resmi tayang hari ini, 19 Juli 2023 di seluruh bioskop Indonesia. Oppenheimer menjadi film terpanjang yang pernah dibuat Christoper Nolan sepanjang karirnya. Durasinya bakal menyentuh 3 jam, lebih panjang sedikit dari Interstellar yang berdurasi 2 jam 49 menit.

Di film ini, Christoper Nolan akan menceritakan perjalanan hidup Julius Robert Oppenheimer, seorang fisikawan asal Amerika penemu bom atom. Oppenheimer menggarap penelitiannya yang bernama Manhattan Project dan berlangsung sekitar tahun 1942-1946.

Cillian Murphy yang dikenal perannya lewat Thomas Shelby di serial Peaky Blinders dipercaya untuk memerankan karakter Oppenheimer.

Selain Cillian Murphy, film ini juga dibintangi beberapa nama besar seperti Emily Blunt sebagai Katherine Oppenheimer, Robert Downey Jr. sebagai Lewis Strauss, hingga Matt Damon sebagai Leslie Groves.

Sebelum nonton filmnya, intip dulu yuk profil singkat serta sejarah dari Bapak Bom Atom ini, let's go!

Awal Perjalanan

Pemilik nama lengkap Julius Robert Oppenheimer ini lahir pada tanggal 22 April 1904 di di Kota New York, Amerika Serikat. Oppenheimer menempuh pendidikan tinggi dengan berkuliah di Universitas Harvard guna belajar kimia pada tahun 1922.

Oppenheimer kemudian melakukan perjalanan ke Cambridge untuk memulai pekerjaan pasca sarjana dalam fisika. Dia bekerja di Laboratorium Cavendish di bawah pemenang Hadiah Nobel J.J. Thomson.

Setahun kemudian, Oppenheimer melanjutkan belajarnya di Universitas Göttingen, Jerman. Selama berada di Jerman, dia menerbitkan banyak makalah yang berkontribusi pada teori kuantum yang baru dikembangkan.

Pada tahun 1927, Oppenheimer telah menerima gelar doktor dan menjadi profesor di University of California, Berkeley, dan California Institute of Technology.

Dia menghabiskan 13 tahun berikutnya bolak-balik antara dua sekolah melakukan penelitian penting dalam banyak bidang ilmiah termasuk fisika nuklir, teori medan kuantum, dan astrofisika.

Manhattan Project

Oppenheimer mulai mencari proses untuk memisahkan uranium-235 dari uranium alam dan menentukan massa kritis bahan yang diperlukan untuk membuat bom semacam itu.

Kategori :