5 Tanda Jerawat Bakal Sembuh, Kamu Wajib Tau!

Kamis 20-07-2023,19:10 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Penta Daniel Pratama

DISWAY JOGJA - Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum dialami orang-orang di seluruh dunia. Tidak seperti gangguan kulit yang lain, jerawat bisa diderita oleh siapa saja, tidak pandang jenis kelamin atau pun usia.

Bahkan, bukan hanya remaja dan orang dewasa yang bisa memiliki jerawat, melainkan juga bayi baru lahir. Tentu saja, penyebab timbulnya jerawat pada tiap orang berbeda-beda pada tiap orang.

Pada remaja dan orang dewasa, kemunculan jerawat terkadang menjadi masalah yang mengganggu penampilan maupun kenyamanan. Jerawat yang muncul di wajah bisa membuat kepercayaan diri menurun.

Oleh karena itu, banyak orang yang memutuskan mengobati jerawat dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan produk-produk skincare, melakukan perawatan kecantikan di klinik, sampai menggunakan obat-obatan dari dokter.

Mungkin kamu bertanya-tanya, seperti apa ciri-ciri jerawat akan sembuh? Pertanyaan ini banyak ditanyakan orang awam supaya tidak melakukan kesalahan tindakan perawatan yang justru makin memperparah kondisi kulit.

Berikut ini tanda-tanda jerawat akan sembuh yang wajib kamu ketahui:

1. Pustula yang mengeras

Pustula jerawat sangat dalam berisi nanah yang sangat terlihat adalah salah satu tanda-tanda jerawat akan sembuh. Pustula jerawat mengecil dan cenderung memerah, meradang dengan pusat berisi nanah berwarna putih.

Ketika pustula mengeras, itu tandanya bahwa perawatan yang kamu lakukan sudah tetap karena jerawat sudah mulai membaik.

2. Berkurangnya nodul jerawat

Nodul adalah benjolan keras di bawah kulit. Saat jerawat mulai timbul belum tentu ada bintiknya, tetapi kulit bisa jadi sangat lembut dan membuat kulit terasa menggumpal dan tidak rata.

Ketika nodul mulai berkurang, itu pertanda bahwa jerawat mulai sembuh di bawah kulit.

3. Berkurangnya kemerahan pada kulit di sekitar jerawat

Kulit yang bermasalah dengan jerawat bisa menjadi sangat merah saat adanya peradangan. Ini adalah respons yang wajar saat kulit meradang.

Ketika kulit mulai berubah warna menjadi normal seperti sediakala, itu tandanya peradangan mulai membaik.

Kategori :