Kalian Jangan Sering Makan Mie! Ternyata Makan Mie Instan Itu Menyebabkan Diabetes Juga Loh,

Senin 17-07-2023,21:47 WIB
Reporter : Muhammad Hilmi Simatul Abror
Editor : Muhammad Hilmi Simatul Abror

DISWAY JOGJA - Mie instan adalah makanan yang rendah kandungan nutrisi, sehingga tidak boleh dikonsumsi setiap hari. Bahaya makan mie instan setiap hari antara lain munculnyaobesitas, stroke, diabetes, hingga serangan asma. Selain murah, mie instan juga cepat dan mudah dibuat. Tak heran jika kudapan satu ini sering jadi solusi seketika tiap kali lapar melanda. Namun, makan mie instan tidak boleh setiap hari karena bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh.   Salah satu efek samping mengonsumsi mie instan berlebihan adalah dapat memicu obesitas, diabetes, hingga stroke.

Mie instan adalah makanan yang populer dan praktis, tetapi mengonsumsi mie instan secara berlebihan atau dalam jangka waktu yang panjang dapat memiliki beberapa dampak negatif terhadap kesehatan.

 Berikut adalah beberapa bahaya yang terkait dengan makan mie instan:

1.        Kandungan Nutrisi Rendah : Mie instan umumnya rendah serat, protein, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Sebagai pengganti makanan utama, konsumsi mie instan secara berlebihan dapat menyebabkan kekurangan nutrisi dan tidak seimbangnya asupan makanan.

2.        Tinggi Kandungan Sodium : Mie instan mengandung tingkat natrium yang tinggi, terutama pada bumbu penyedapnya. Konsumsi natrium berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

3.        Kandungan Bahan Pengawet dan Perasa Buatan : Mie instan mengandung berbagai bahan pengawet dan perasa buatan yang bertujuan untuk meningkatkan rasa dan tahan lama produk. Penggunaan bahan-bahan ini dalam jangka panjang dapat berpotensi merusak kesehatan tubuh.

4.        Mengandung Lemak Jenuh dan Trans : Beberapa merek mie instan mengandung lemak jenuh dan trans yang tinggi. Konsumsi lemak jenuh dan trans yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan masalah kesehatan lainnya.

5.        Mengandung MSG : Monosodium Glutamat (MSG) adalah bahan tambahan makanan yang sering digunakan dalam mie instan untuk meningkatkan rasa. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau sensitivitas terhadap MSG, yang dapat menyebabkan sakit kepala, mual, dan gejala lainnya.

6.        Masalah Pencernaan : Mie instan yang dikonsumsi dalam jumlah besar atau terlalu sering dapat mengganggu keseimbangan mikrobiota usus dan menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit atau diare.

7.        Menyebabkan diabetes : Makan mie instan setiap hari juga bisa memicu diabetes. Mie diketahui memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Di dalam tubuh, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa. Oleh karena itu, orang yang mengonsumsi mie instan sebanyak dua kali atau lebih dalam seminggu lebih rentan terkena sindrom metabolic. Salah satu faktor pemicu sindrom metabolik adalah obesitas di bagian perut. Obesitas tadi erat kaitannya dengan kalori mie instan yang tinggi. Sebagian besar orang dengan sindrom metabolik tidak mampu menghasilkan insulin. Padahal, insulin bekerja untuk mengubah glukosa menjadi energi. Jika tubuh kekurangan insulin, gula darah pun meningkat dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

8.        Menimbulkan serangan asma : Kebanyakan makan mie instan berisiko menimbulkan serangan asma, yang dipicu oleh tingginya kandungan penyedap rasa monosodium glutamat (MSG). Penelitian yang dipublikasikan The Journal of Allergy and Clinical Immunology melaporkan, MSG mampu memicu serangan asma pada orang-orang yang sudah memiliki penyakit ini sebelumnya. Pada penelitian tersebut, penderita asma diuji coba dengan makanan yang mengandung MSG. Setelah 1 hingga 12 jam kemudian, mereka mengalami MSG symptom complex, asma, dan kombinasi keduanya. MSG symptom complex adalah keluhan yang muncul akibat kebanyakan asupan MSG, seperti setelah kebanyakan makan mie.

Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya mengonsumsi mie instan secara terbatas dan tidak menggantikan makanan utama dengan mie instan secara terus-menerus. Lebih baik memilih makanan seimbang yang kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, sumber protein sehat, dan karbohidrat kompleks. Jika Anda sering mengonsumsi mie instan, penting untuk memperhatikan asupan nutrisi secara keseluruhan dan menjaga pola makan yang seimbang dan sehat.

Kategori :