Seblak Paling Enak di Bandung huhah pisan, Kamu Harus Coba!

Selasa 18-07-2023,10:54 WIB
Reporter : Reza Maulana Basar
Editor : Reza Maulana Basar

DISWAY JOGJA – Seblak adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Bandung. Seblak terbuat dari bahan dasar kerupuk basah yang diolah dengan campuran berbagai bumbu dan tambahan bahan seperti mie, sayuran, daging, atau seafood.

Proses pembuatan seblak dimulai dengan merebus kerupuk basah hingga empuk, kemudian ditiriskan. Selanjutnya, kerupuk basah tersebut dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, saus tomat, saus sambal, dan bumbu lain sesuai selera. Tambahan bahan seperti mie, sayuran, daging, atau seafood juga dapat ditambahkan untuk memberikan variasi rasa dan tekstur.

Setelah semua bahan tercampur dan matang, seblak disajikan panas dengan taburan daun bawang atau bawang goreng sebagai hiasan. Rasa seblak umumnya pedas dan gurih, namun dapat disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.

 

Berikut adalah 5 seblak paling enak di Bandung:

 

1. Seblak Sultan

Pilihan seblak paling enak di Bandung yang pertama bisa kamu coba adalah Seblak Sultan. Tempat makan seblak yang satu ini sempat sangat viral di Kota Kembang karena bumbunya yang enak dan pas. Topping yang dihadirkan oleh Seblak Sultan juga mengikuti selera kekinian yang sangat beragam.

Dengan pilihan isian dan topping yang beragam, kamu bisa memilih aneka jenis sesuai yang diinginkan. Pilihannya seperti cireng, makaroni, pentol, bakso, sosis, siomay, cilok, ceker, hingga tulangan ayam. Level kepedasannya juga bisa kamu pilih sendiri sesuai kekuatan.

Alamat: Jl. Sultan Agung No.10, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

2. Seblak Abdul

Gak kalah enak, ada tempat makan seblak di kawasan Jalan Bapa Husen, seberang Rumah Sakit Advent, yaitu Seblak Abdul. Berlokasi di pinggir jalan, tempat makan ini mudah dijumpai dan jadi favorit banyak orang. Aneka pilihannya pun mengikuti selera kekinian yang dijamin menggugah selera buat dicicipi.

Ada empat pilihan menu seblak favoritnya yaitu seblak suka-suka, seblak perdagingan, seblak tetelan, dan seblak pentol tulang. Isiannya sendiri dari mulai kerupuk, batagor, siomay, macaroni, kwetiaw, baso, mie, tulang-tulangan, jamur, kikil, dan lainnya. Gak hanya ada seblak aja, ada juga menu lainnya seperti cilok goang, ceker melepuh, baso aci, dan mie seuhah yang super pedas.

Alamat: Jl. Bapak Husen (Seberang RS Advent), Cihampelas, Bandung.

3. Seblak CS Teh Dina

Pilihan tempat makan seblak paling enak di Bandung berikutnya ada di kawasan Antapani, yaitu Seblak CS Teh Dina. Tempatnya sendiri sudah cukup nyaman untuk makan di tempat karena cukup lega dan bersih. Cita rasa enaknya pun sudah sering dicobain oleh para food vlogger yang membuatnya makin populer.

Soal topping, tempat ini mengklaim sebagai seblak dengan topping terbanyak di dunia dan dijamin bikin pusing memilihnya. Pilihannya ada aneka kerupuk, baso-basoan, jamur kuping, jamur enoki, batagor, siomay, ceker, tahu, bihun, mie, kwetiaw, macaroni, dan lainnya. Level pedasnya juga bisa dipilih dengan menu sambalnya yaitu cabe bebeb, cabe mantan, dan cabe selingkuh.

Alamat: Jl. Purwakarta No.83, Antapani Tengah, Kec. Antapani, Kota Bandung.

4. Seblak Cobek Teh Ida Braga

Tersembunyi di dalam sebuah gang sempit kawasan Gang Apandi Braga, ada salah satu pilihan seblak paling enak di Bandung. Namanya adalah Seblak Cobek Teh Ida yang meskipun usaha rumahan sederhana tapi dijamin nikmat. Dengan penjual yang ramah, kamu tinggal pilih sendiri mau seblak kuah maupun seblak cobeknya yang unik.

Jika seblak umumnya ditumis antara isian dengan bumbunya, sedangkan seblak cobek semua bumbu dan isiannya dicampur di atas cobek. Isian dan toppingnya juga banyak dari mulai ceker, tulang ayam, basreng, cilok, dumpling, chikuwa, batagor, mie glosor, hingga jamur dan kangkung. Rasa bumbu kencur dengan cabenya benar-benar terasa pedasnya yang dijamin bikin nagih.

Alamat: Jl. Braga GG. Apandi No.30, RT.04/RW.08, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

5. Seblak Bunda

Seblak yang tersembunyi lainnya tapi terkenal sangat enak dan favorit di Bandung berikutnya adalah Seblak Bunda. Tempatnya memang masuk-masuk ke dalam gang sehingga sulit jika kamu coba mengunjunginya kalau memakai kendaraan roda empat. Meskipun tempatnya cukup sulit ditempuh, tapi banyak orang rela jauh-jauh ke sini karena memang enak.

Meskipun pilihan toppingnya gak sebanyak jenis seblak lainnya, tapi kuahnya yang berbumbu pedas dan kencur, benar-benar nagih. Isiannya ada kikil sapi, tulang, ceker ayam, basreng, batagor, siomay, kwetiaw, tahu dan jamur. Harganya pun sangat murah sehingga meskipun jauh ditempuh tapi gak akan menguras isi dompet.

Alamat: Jl. H. Kurdi II No.4, Karasak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung

 

Nah, itu dia 5 seblak terenak yang berada di bandung, kamu sudah pernah coba yang mana?

Tags : #seblak
Kategori :