Air Terjun Madakaripura, Tempat Semedi Patih Gajah Mada Yang Penuh Misteri nan Keindahan

Minggu 16-07-2023,21:00 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Penta Daniel Pratama

DISWAY JOGJA - Terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Air Terjun Madakaripura menyimpan keindahan serta kemegahan yang tidak terbantahkan. Kata Madakaripura berasal dari 3 kata. Kata pertama diambil dari nama seorang Patih terkenal kerajaan Majapahit, yaitu Gajah Mada. Lalu Kari yang berarti peninggalan serta Pura yang bermakna sembahyang atau semedi. Jadi singkatnya, Madakaripura memiliki arti Gajah yang meninggal di waktu sembahyang. Menurut penuturan warga, Patih Gajah Mada menghabiskan sisa umurnya di air terjun tersebut.

Daya Tarik Air Terjun Madakaripura

Hal pertama yang terpancar adalah pemandangan air terjun yang mengalir di antara dua dinding tebing bebatuan. Tebing-tebing ini seolah berusaha mencegah sinar matahari menembus ke bawah. Berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang menetaskan air pada pada seluruh bidang tebing sperti layaknya hujan. Keindahan objek wisata ini memang akan membuat lo terpukau bro, alam yang sejuk serta ketenangan yang bisa lo dapatkan, merupakan keunggulaan dari Air Terjun Madakaripura.

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura, wisatawan harus melakukan trekking selama kurang lebih 20 menit untuk mencapai lokasi. Rasa lelah akibat perjalanan menuju air terjun terbayar setelah sampai di lokasi Air Terjun Madakaripura. Pasalnya, Air Terjun Madakaripura memiliki pesona yang luar biasa sebagai air terjun dengan ketinggian sekitar 200 meter. Hal ini juga menjadikan Air Terjun Madakaripura sebagai air terjun tertinggi di pulau Jawa. Pesona lainnya juga tampak dari bentuk tebing sekelilingnya. Tebing disekitar air terjun memiliki bentuk melingkar seperti gelas raksasa yang tinggi menjulang.

Rute Menuju Air Terjun Madakaripura

Untuk mencapai lokasi, wisatawan bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Dari Kota Probolinggo, kendaraan dapat di arahkan ke Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang. Jarak Kota Probolinggo ke Air Terjun Madakaripura kurang lebih 37 KM. Sampai pintu masuk air terjun, wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum harus melakukan trekking menuju Air Terjun Madakaripura.

Cerita Mistis Air Terjun Madakaripura

Dengan sejarah yang ada, tak heran Air Terjun Madakaripura menyimpan banyak cerita termasuk cerita mistis. Aura mistis pun seakan terasa ketika masuk ke dalam kawasan tempat wisata ini. Namun, tak perlu takut sobat, karena dengan niat yang baik tentunya akan mendatangkan hal yang baik pula. Madakaripura berarti air terjun abadi. Karena selama ini, Air Terjun Madakaripura tidak pernah mengalami kekeringan. Di pintu masuk air terjun terdapat Patung Gajah Mada. Cerita mitos yang terkenal ini membuat air terjun dianggap sakral dan konon katanya air terjun ini dapat membuat awet muda.

Menurut kepercayaan masyarakat, disarankan untuk para pengunjung guna meninggalkan tempat ini sebelum pukul 14.00. Karena dipercaya akan terjadi hujan yang dapat mempengaruhi volume air secara tiba-tiba disekitar aliran air terjun. Hal ini pun cukup berbahaya dan memungkinkan pengunjung untuk sulit meninggalkan tempat ini.

Tempat wisata yang memilki daya tarik tersendiri ini tentunya menjadi sebuah magnet yang kuat untuk para pelancong baik dari dalam maupun luar negeri. Karena di dalam kawasan tempat wisata ini terdapat lima air terjun yang indah. Ketika menginjakkan kaki di kawasan, sobat akan mudah untuk melihat tiga air terjun di kawasan ini. Namun untuk kedua air terjun lainnya sobat harus mencarinya terlebih dahulu karena tersembunyi di balik air lainnya.

Kategori :