Ruas Kersana-Ciledug Tidak Bisa Dilewati Pemudik, Jalur Alternatif Menuju Purwokerto

Jumat 08-04-2022,09:20 WIB
Editor : Ismail F

BREBES (Disway Jateng) - Jalan provinsi penghubung Kabupaten Brebes Jawa Tengah dengan Kabupaten Cirebon Jawa Barat ini dipastikan tidak bisa digunakan untuk pemudik Lebaran tahun 2022 ini.

Padahal, jalur tersebut kerap digunakan pemudik sebagai jalan alternatif dari Pantura Cirebon menuju arah Purwokerto dan sejumlah kota di Jawa Tengah.

Ruas antara Kecamatan Kersana, Brebes-Ciledug, Cirebon ini kondisinya rusak parah. Perbaikan yang tengah dilakukan diperkirakan tidak akan selesai hingga Lebaran mendatang.

Saat ini, perbaikan tengah dilakukan dengan menerjunkan alat berat, mengingat kondisi jalan yang rusak parah. Perbaikan akan memakan waktu hingga dua bulan mendatang.

Subkoordinator Jalan dan Jembatan Wilayah 2 BPJ Wilayah Tegal, Rubyanto mengatakan, proses perbaikan jalan bakal memakan waktu kurang lebih selama dua bulan.

Saat ini pihaknya sedang melakukan proses pengurukan, agar di beberapa titik di jalan rusak tersebut tidak tergenang banjir dan bisa dilalui pengguna jalan. "Kurang lebih perbaikan ini mencapai dua bulan. Jadi, nanti proses perbaikan ini pengurukan dulu untuk menutup lubang. Sehingga, nanti saat arus mudik tiba bisa dilalui pengguna jalan," jelasnya.

Kondisi ruas jalan provinsi di Desa Cigedog, Kecamatan Kersana ini memang rusak parah. Selain bergelombang, jalan tersebut juga dipenuhi lubang. Kondisi jalan rusak ini dikeluhkan warga dan pengguna jalan.

Rubyanto mengatakan, karena kondisinya rusak, ruas jalan provinsi yang ada di Kecamatan Kersana mulai diperbaiki. Beberapa alat berat sudah diterjunkan dalam proses perbaikan tersebut. "Sekarang sudah mulai proses perbaikan. Ruas jalan ini sudah mulai rusak dan sering terjadi banjir," ujarnya.

Tags :
Kategori :

Terkait