Analisis IPSOS 2025: Platform E-Commerce dan Perannya dalam Mendorong Pertumbuhan UMKM & Brand Lokal

Analisis IPSOS 2025: Platform E-Commerce dan Perannya dalam Mendorong Pertumbuhan UMKM & Brand Lokal

Platform E-Commerce dalam mendorong pertumbuhan UMKM & Brand Lokal--ISTIMEWA

 

JAKARTA, diswayjogja.id - Persaingan di industri e-commerce Indonesia kini tidak hanya tentang usaha untuk menjadi lebih dominan dalam pasar.

Fokus utama telah bergeser ke siapa yang paling berdampak dalam mendorong pertumbuhan berkelanjutan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta brand lokal.

Menurut data Kamar Dagang Indonesia (KADIN), UMKM menyumbang lebih dari 61% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan sekitar 97% tenaga kerja nasional.

Di era digital, e-commerce menjadi gerbang utama mereka untuk memperluas pasar, meningkatkan efisiensi operasional, hingga menjangkau konsumen global.

BACA JUGA : Shopee Bikin Geger! Kampanye ‘Lebih Hemat Lebih Cepat’ Jadi Perbincangan Warganet

BACA JUGA : Trending! Kemunculan Legenda Ronaldinho di Iklan Terbaru Shopee Disambut Meriah Netizen

Berdasarkan riset terbaru E-Commerce Seller Satisfaction 2025 yang dirilis oleh Ipsos Indonesia, perusahaan riset pasar terkemuka, mencoba menjawab pertanyaan besar itu:  platform e-commerce mana yang paling dipercaya, paling berdampak, dan paling efektif dalam mendukung UMKM dan brand lokal di Indonesia?

Temuan riset ini memberi gambaran yang lebih jernih tentang lanskap kompetisi digital saat ini, sekaligus menyoroti platform yang berhasil membangun koneksi kuat dengan pelaku usaha tanah air.

“Yang menarik adalah bagaimana tiap platform mulai berlomba bukan sekadar berebut transaksi, tapi juga menunjukkan perannya dalam mendukung UMKM dan brand lokal untuk tumbuh. Di situlah sisi paling menarik dari riset IPSOS kali ini: mengukur tingkat awareness penjual, loyalitas terhadap platform, serta persepsi terhadap fitur dan kampanye yang ditawarkan. Harapannya, hasil riset ini dapat memberikan gambaran komprehensif tentang lanskap kompetisi e-commerce di Indonesia, termasuk kinerja dan persepsi terhadap pemain utama seperti Shopee, TikTok Shop, Tokopedia, dan Lazada.”— ujar Andi Sukma, Executive Director Ipsos Indonesia.

Melalui riset yang melibatkan 350 responden UMKM dan brand lokal di seluruh Indonesia dengan metode Online Panel, ditemukan mayoritas penjual (66%) menyebut Shopee sebagai platform pertama yang terlintas dalam benak mereka (Top of Mind).

BACA JUGA : Klara Tania: Konten Kreator yang Sukses Berkat Berbagi Produk Shopee Lewat Program YouTube Shopping Affiliates

BACA JUGA : Momen Euforia Shopee 12.12 Birthday Sale: Brand Lokal dan UMKM Sukses Tingkatkan Penjualan Hingga 7 Kali Lipat

Sementara, sebanyak 70% penjual menjadikan Shopee sebagai platform utama yang paling sering digunakan untuk menjalankan usaha mereka (Brand Used Most Often).

Namun, kekuatan sebuah platform sebagai mitra pilihan UMKM dan brand lokal tidak hanya diukur dari seberapa dikenal atau sering digunakan, melainkan juga dari seberapa besar loyalitas penggunanya.

Hal ini terungkap dalam hasil Net Promoter Score (NPS). Sebesar 77% UMKM dan brand lokal merasa yakin untuk merekomendasikan Shopee kepada pelaku usaha lainnya, diikuti Tiktok Shop 69%, sementara Tokopedia dan Lazada di 67%.

Melalui elemen di atas, preferensi pelaku UMKM dan brand lokal dalam memilih platform e commerce dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang relevan terhadap kebutuhan bisnis mereka.

BACA JUGA : Kisah Sukses Bonavie: Parfum Lokal yang Merasakan Peningkatan Bisnis Melalui Shopee Live

BACA JUGA : Manfaatkan Shopee Live, Brand Lokal True to Skin Melesat Naik di Pasaran, Jadi Produk Skincare Paling Dicari

Tiga alasan utama yang paling banyak disebutkan oleh responden dalam studi ini adalah: memperluas jangkauan usaha (71%), praktis dan fleksibel (66%) yang memungkinkan seller beroperasi dari mana saja. Serta faktor kemudahan akses dan proses dalam marketplace (59%).

Ketika alasan-alasan ini dikonversi ke dalam praktik bisnis, terdapat tiga dampak yang paling dirasakan UMKM dan brand lokal saat berjualan di marketplace: memasarkan produk secara lebih luas (69%), meningkatkan jumlah konsumen (67%), dan meningkatkan keuntungan (65%).

 Temuan ini menunjukkan bahwa e-commerce tidak hanya menjadi solusi digital, tetapi juga motor penggerak pertumbuhan bisnis yang signifikan bagi UMKM dan brand lokal di Indonesia.

BACA JUGA : Brand Batik Tradisional Asal Bandung, Dama Kara Sukses Berjualan Lewat Shopee Live, Berdayakan Difabel

BACA JUGA : Shopee 11.11 Big Sale: Penjualan Brand Lokal dan UMKM Melonjak 7,5 Kali Lipat

Mengukur Kinerja E-Commerce

 

Bagi pelaku UMKM dan brand lokal, platform e-commerce bukan sekadar etalase berjualan, ini adalah ruang hidup tempat mereka berkarya, menjangkau konsumen, membangun cerita, dan menumbuhkan harapan.

 

Di dalamnya, produk tak lagi sekadar komoditas, melainkan representasi dari usaha, nilai, dan identitas yang dibangun.

Menyusuri lanskap ini, kompetisi antar e-commerce tidak cukup diukur dari skala popularitas, tetapi dari kemampuannya membangun ekosistem, sebuah sistem yang dinamis, penuh interaksi, menghadirkan lalu lintas pengunjung yang relevan, serta membuka peluang pertumbuhan berkelanjutan.

Berdasarkan hasil riset IPSOS, kembali mencatatkan posisi Shopee lebih unggul dalam tiga persepsi kunci yang menjadi tolok ukur utama bagi UMKM dan brand lokal dalam memilih platform e-commerce:

BACA JUGA : Video Musik 'Lebih Hemat, Lebih Cepat' : Kolaborasi Seru Shopee x JKT48 Dapat Sambutan Positif Konsumen

BACA JUGA : Ajukan Pinjaman di Layanan SPinjam Shopee Limit Maksimal Rp10 Juta, Syaratnya Gampang Banget

 

  1. Sebagai platform menawarkan gratis ongkir paling banyak untuk pelanggan (67%)
  2. Sebagai platform dengan ragam kategori produk yang paling luas (66%)
  3.  Sebagai platform memberikan keuntungan atau laba bersih paling tinggi (63%)

Data di atas, bahwa yang paling penting bukan sekadar pilihan platform, tetapi sejauh mana platform tersebut benar-benar mendorong hasil nyata bagi pelaku usaha lewat ragam program dan fitur yang dihadirkan.

Dalam konteks ini, Shopee tampil lebih unggul diikuti TikTok Shop, Tokopedia, dan Lazada.

 

Hadirkan Kesempatan Tumbuh untuk UMKM dan Brand Lokal

Layaknya sebuah lomba maraton, tidak semua platform e-commerce melaju dengan kecepatan yang sama. Setiap langkah ditentukan oleh strategi yang mereka hadirkan.

Mulai dari laman lokal yang relevan, program edukasi yang memberdayakan, fitur interaktif yang mendorong visibilitas dan konversi, hingga kampanye tematik dan peluang ekspansi global.

 

Namun, dari semua inisiatif dan indikator tersebut, pertanyaannya tetap sama: siapa yang benar-benar unggul dan konsisten membuka jalan bagi pelaku usaha lokal untuk tumbuh dan berkembang?

 

BACA JUGA : Shopee Pinjam Siap Meramaikan Lebaranmu Dengan Limit Hingga Rp50 Juta Rupiah

 

BACA JUGA : Begini Cara Untuk Menjadi Shopee Affiliate dengan Komisi Besar

 

              Laman Khusus dan Program Edukasi

Jika dilihat dari laman kurasi produk lokal yang disuguhkan para pemain e commerce. Ibarat rumah yang berisikan cerita dari berbagai sudut negeri melalui produk yang diciptakan dengan tangan, hati, dan kreativitas.

Di antara empat pemain, Shopee dinilai mayoritas UMKM dan brand lokal (56%) sebagai platform paling konsisten menyediakan laman khusus lokal untuk mendorong pertumbuhan bisnis, diikuti Tokopedia (20%), TikTok Shop (15%), dan Lazada (7%).

Mayoritas responden yang memilih Shopee juga menyebut fitur Shopee Pilih Lokal yang paling dikenal dan berdampak dalam meningkatkan penjualan, sekaligus ruang promosi yang lebih luas.

Meski pemain lain seperti Tokopedia dan TikTok Shop (Beli Lokal), dan Lazada (Hiperlokal), juga menawarkan program serupa.

BACA JUGA : Butuh Dana Cicil 20 Juta? Simak 7 Panduan Pengajuan Shopee Paylater 2025, Terjamin Aman Dan Cepat Cair

BACA JUGA : Capai Limit hingga 50 Juta, Inilah Tips agar Kamu Lolos Verifikasi Shopee Paylater dengan Mudah

Lebih dari sekadar wadah berjualan, 57% juga memilih Shopee sebagai platform yang paling aktif menghadirkan program edukasi dan pendampingan untuk UMKM dan brand lokal, diikuti TikTok Shop (19%), Tokopedia (18%), dan Lazada (6%).

Seperti Kampus UMKM Shopee dan Program Bimbel Shopee, yang secara konsisten menyediakan pusat edukasi bagi para pelaku usaha agar mampu tumbuh secara mandiri dan berkelanjutan.

 

              Efektivitas fitur live stream and video, & iklan

 

Dari sekadar melihat produk secara pasif hingga berkembang menjadi pengalaman belanja yang lebih interaktif, imersif, dan informatif. Fitur seperti live streaming dan video singkat kini memainkan peran strategis dalam menggerakkan keputusan pembelian.

Di tengah tren ini, Shopee kembali dianggap oleh mayoritas responden (54%) sebagai e-commerce dengan fitur hiburan (live streaming/video pendek) yang paling membantu penjualan, diikuti oleh TikTok Shop (29%), Tokopedia (11%), dan Lazada (5%). 

BACA JUGA : Dana Limit 8 Juta Cepat Cair? Ini 7 Cara Ajukan Pinjaman Spinjam Shopee Yang Sudah Berizin OJK 2025

BACA JUGA : Cicilan hingga 6 Bulan, Simak Cara Gunakan Layanan SPinjam Shopee yang Bisa Cair sampai Rp15 Juta

 

Menariknya, di antara UMKM dan brand lokal yang menggunakan fitur interaktif Shopee, mayoritas setuju Shopee Live dan Shopee Video memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan penjualan mereka.  Kehadiran fitur ini tidak hanya menjadi kanal promosi yang efektif, sekaligus alat komunikasi yang membangun kepercayaan konsumen.

Jika fitur interaktif membangun kedekatan emosional antara penjual dan pembeli, maka fitur iklan memungkinkan pelaku UMKM dan brand lokal menjangkau audiens lebih luas, dengan efisiensi biaya yang disesuaikan skala kebutuhan.

Dalam konteks ini, 62% responden menilai program iklan Shopee sebagai yang paling efektif dan merasakan peningkatan penjualan signifikan selama periode iklan berlangsung.

 

              Pengaruh program & kampanye tematik

 

Bagi pelaku usaha lokal, partisipasi kampanye berskala besar seperti Ramadan menjadi salah satu momentum besar dalam perjalanan bisnis mereka.

BACA JUGA : Bisa Hasilkan 10 Juta Per Bulan, Simak Cara Hasilkan Uang dari Program Shopee Affiliate

BACA JUGA : Menggali Beragam Fitur Canggih Shopee Raih Uang Tambahan Dan Banyak Pelanggan Berguna bagi Bisnis

Dengan tingginya intensitas belanja selama periode ini, para platform e-commerce pun saling adu strategi lewat kampanye tematik yang kompetitif dan menarik, seperti Shopee Big Ramadan Sale, Ramadan Ekstra Seru di TikTok Shop dan Tokopedia, serta Ramadan Mega Sale Lazada. Untuk memahami sejauh mana efektivitas masing-masing kampanye, hasil riset berikut ini mengungkapkan;

Brand

Tingkat Partisipasi Ramadan

Dampak Kampanye Ramadan

Shopee

94%

93%

Tiktok Shop

65%

77%

Tokopedia

54%

60%

Lazada

35%

48%

 

Tingginya total persentase partisipasi menunjukkan bahwa banyak UMKM & Brand Lokal yang mengikuti lebih dari satu kampanye lintas platform secara bersamaan, memaksimalkan peluang dari berbagai kanal yang tersedia.

Namun demikian, kampanye Shopee Big Ramadan Sale menjadi yang paling banyak diikuti oleh UMKM & brand lokal dan dinilai paling memberikan dampak nyata terhadap penjualan selama periode promosi berlangsung.

 

               Program Ekspor: Mendorong UMKM Menembus Pasar Global

 

Di sisi lain, ekspansi ke pasar global masih menjadi tantangan bagi UMKM & Brand Lokal. Keterbatasan logistik, minimnya pemahaman terhadap pasar luar negeri, serta kurangnya pendampingan.

BACA JUGA : Kolaborasi Program Kurban dengan E-Commerce, Lazismu Terima Kurban Satu Ekor Sapi Limosin

BACA JUGA : Ingin Mendapatkan Profit Banyak? Yuk Simak Fase Baru Industri E-commerce yang Terus Berkembang

Oleh karena itu, program ekspor yang diusung para pemain e-commerce kini turut menjadi medan persaingan yang tak kalah mencuri perhatian. Berdasarkan data, Shopee dianggap oleh mayoritas responden sebanyak 62%, sebagai e-commerce yang paling membantu UMKM menembus pasar global.  Diikuti pemain lainnya, Tokopedia (16%), TikTok Shop (15%), dan Lazada (6%).  Lebih dari itu, mayoritas UMKM dan brand lokal yang mengikuti program Shopee Ekspor juga menyatakan dampak positif dari inisiatif tersebut terhadap pertumbuhan bisnis.

Dalam lanskap e-commerce yang semakin kompetitif, “Shopee dinilai sebagai platform paling berdampak bagi pertumbuhan UMKM dan brand lokal.

Keunggulan mereka tidak hanya dalam fitur dan kampanye, tetapi juga dalam membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan” Lanjut Andi.

“Platform yang akan bertahan adalah mereka yang tidak hanya menyediakan etalase digital, tetapi membangun solusi, edukasi, dan ekspansi nyata,” — Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait