Perantau Jadi Kunci Eksis Kuliner Gudeg yang Melegenda, Simak Fakta Uniknya Berikut

Perantau Jadi Kunci Eksis Kuliner Gudeg yang Melegenda, Simak Fakta Uniknya Berikut

Fakta unik tentang gudeg Yogyakarta-indonesikaya.com-

diswayjogja.com - Yogyakarta dan Gudeg adalah dua hal yang tidak dipisahkan. Pasalnya, gudeg telah menjadi ikon kuliner Yogyakarta punya rasa yang dapat memanjakan lidah siapa saja.

Meski begitu, sampai saat ini asal-usul gudeg belum jelas sejak kapan ditemukannya namun ada yang berpendapat bahwa gudeg sudah ada sejak zaman kepemimpinan Sultan Agung.

Oleh karenanya, ada berbagai hal menarik yang bisa diulik dari makanan berbahan dasar nangka tersebut, seperti 5 fakta soal gudeg di bawah ini.

1. Berawal dari Limbah Pangan dan Dikonsumsi Rakyat Kelas Bawah

Pada tahun 1500-an, Kerajaan Mataram banyak ditumbuhi oleh pohon nangka yang hasil buahnya melimpah. Namun, penjajah tidak menginginkan nangka dan lebih mengutamakan hasil pertanian yang lain. 

Hal ini karena nangka dinilai tidak memiliki nilai jual yang tinggi dan merupakan tanaman yang mudah didapat oleh rakyat. Oleh karena itu rakyat berpikir keras untuk mengolah nangka menjadi beragam sajian. 

BACA JUGA :  Kebudayaan Jogja Masih Dilakukan Warga Lokal, Tapi Jarang Diketahui Banyak Orang

BACA JUGA :  Hitungan Jam Sebelum Pelantikan, Pedagang Foto Presiden dan Wakil Presiden di Jogja Mulai Bertebaran

2. Asal Usul Nama Gudeg

Awal masyarakat Yogyakarta dalam mengolah gori membutuhkan waktu yang cukup lama supaya mendapatkan tekstur yang lembut serta menggunakan bumbu sederhana yang ada di sekitar. 

Mengandalkan ember besar berbahan logam, gori akan dimasak dalam jumlah yang bersamaan. Karena berat, membutuhkan sebuah alat masak mirip dayung untuk mengaduk. 

Dalam bahasa Jawa, teknik mengaduk disebut dengan hangudek atau hangudeg dan dari sini tercipta nama gudeg. 

3. Jenis Gudeg yang Beragam 

Gudeg sendiri ternyata memiliki berbagai jenis yang bisa dibedakan berdasarkan cara pembuatannya dan jenis bahan yang digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.idntimes.com