Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Penyebab Pakaian Bau, Ini Penyebabnya

Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Penyebab Pakaian Bau, Ini Penyebabnya

Merek mesin cuci terbaik penyebab pakaian bau-freepik-www.freepik.com

diswayjgoja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu perangkat yang sangat penting dalam rumah tangga di kehidupan sehari-hari.

Dengan kemampuan merek mesin cuci terbaik dalam mencuci pakaian dengan efisien, mesin cuci sudah jadi bagian yang tidak terpisahkan dari rutinitas dalam rumah tangga modern.

Tetapi, ada kalanya pakaian yang dicuci di dalam merek mesin cuci terbaik justru muncul masalah baru, yaitu bau tidak sedap.

Banyak orang menjumpai masalah ini, di mana pakaian yang dicuci pakai merek mesin cuci terbaik seharusnya bersih dan segar justru malah bau apek setelah dicuci. Apabila kamu mengalami masalah ini, penyebabnya bisa berasal dari mesin cuci kamu.

BACA JUGA:Cara Pakai Merek Mesin Cuci Terbaik Front Loading

BACA JUGA:Dampak Menaruh Merek Mesin Cuci Terbaik Di Kamar Mandi

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan mesin cuci jadi penyebab pakaian bau tidak seda:

- Mesin Cuci Kotor

- Cucian Terlalu Lama di Mesin Cuci

- Saluran Pembuangan Tersumbat

- Penggunaan Air Tidak Cukup Panas

- Penggunaan Deterjen Berlebihan

Berikut beberapa langkah untuk mengatasi mesin cuci penyebab pakaian bau :

1. Membersihkan Mesin Cuci Secara Teratur

- Keluarkan laci deterjen dan rendam di dalam air hangat dengan diberi sedikit cairan pembersih. Bersihkan seluruh sisa deterjen atau pelembut yang menempel, kemudian keringkan sebelum kamu memasangnya kembali.

-  Apabila kamu pakai mesin cuci front loading, cek seal karet di area pintu. Pakailah kain lembut yang dicelupkan dalam air sabun untuk membersihkannya.

- Guna membersihkan drum mesin cuci, jalankan siklus pencucian yang kosong pakai air panas dan tambah cuka atau soda kue dalam drum. Hal itu bisa membantu menghilangkan jamur, bakteri, dan bau yang menumpuk.

BACA JUGA:Tips Membersihkan Bekas Noda Pakaian Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA:Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berkerak, Berikut Cara Mencegahnya

2. Gunakan Deterjen Secukupnya

Pakai deterjen sesuai takaran yang disarankan. Memakai terlalu banyak deterjen malah akan menyebabkan residu jadi menumpuk di mesin cuci dan juga di pakaian. Baca petunjuk di kemasan deterjen agar tahu takaran yang sesuai dengan beban cucian kamu.

3. Pastikan Saluran Pembuangan Tidak Tersumbat

Cek secara berkala saluran pembuangan mesin cuci apakah berfungsi dengan baik. Apabila kamu mencurigai ada sebuah penyumbatan, segera bersihkan atau hubungi teknisi untuk mengatasi masalah ini. Air cucian yang kondisinya kotor harus mengalir secara lancar guna mencegah bau tidak sedap.

4. Segera Angkat Pakaian Setelah Dicuci

Segera keluarkan pakaian dari dalam merek mesin cuci terbaik setelah siklus pencucian selesai untuk mencegah bau apek. Bila memungkinkan, jemur atau sesegera mungkin masukkan pakaian ke dalam pengerin. Jangan membiarkan pakaian basah ada di dalam mesin cuci dalam waktu terlalu lama.

5. Gunakan Air Panas Secara Berkala

Meski mencuci pakai air dingin lebih hemat energi, tapi sesekali mencuci pakaian pakai air panas akan membantu untuk membunuh bakteri dan menghempaskan kotoran yang numpuk dalam mesin cuci.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Debu Merek Mesin Cuci Terbaik, Tidak Cukup Dilap Saja

BACA JUGA:Cara Memperbaiki Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Goyang Dan Berisik

Kamu bisa melakukan ini untuk pakaian tertentu yang aman untuk dicuci pakai suhu tinggi, atau jalankan siklus pembersihan mesin cuci pakai air panas.

6. Gunakan Pewangi dan Pembersih Tambahan

Apabila mesin cuci kamu sering meninggalkan bau di pakaian, pertimbangkan untuk memakai pembersih mesin cuci yang dijual komersial.

Kamu juga bisa memberi sedikit cuka putih dalam siklus pembilasan untuk membantu menghilangkan bau apek.

Berikut cara mencegah pakaian bau setelah dicuci di mesin cuci :

- Pintu mesin cuci kamu biarkan terbuka setelah selesai dipakai supaya udara bisa bersirkulasi dan mencegah kelembapan yang berlebih dalam drum.

- Keringkan seal karet pintu setelah setiap pemakaian guna mencegah jamur tumbuh.

- Jangan mencuci pakaian terlalu banyak sekaligus, karena bisa membuat deterjen tidak bekerja efektif dan meninggalkan residu pada pakaian dan mesin cuci.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi merek mesin cuci terbaik yang jadi penyebab pakaian bau setelah dicuci di dalamnya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id