Cara Memperbaiki Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tidak Berputar

Memperbaiki pengering merek mesin cuci terbaik-Gray StudioPro-www.freepik.com

diswayjogja.com - Jika kamu memiliki merek mesin cuci terbaik dan sering digunakan, maka mesin cuci akan menjadi rentan untuk mengalami masalah.

Pada bagian merek mesin cuci terbaik yang sering bermasalah salah satunya yaitu di pengeringnya yang tidak mau berputar. Hal itu tentu saja sangatlah merepotkan.

Sebab, apabila cucian di merek mesin cuci terbaik tidak dikeringkan, maka akan membuat proses penjemuran pakaian jadi lebih lama.

Namun, kini kamu tidak perlu pusing lagi. Karena, pengering merek mesin cuci terbaik yang tidak mau berputar ternyata dapat kita tangani sendiri.

Kamu juga tidak perlu panggil teknisi untuk melakukannya. Jadi, akan lebih hemat pengeluaran kamu untuk memperbaiki kerusakan pada merek mesin cuci terbaikmu.

BACA JUGA : Penyebab Air Merek Mesin Cuci Terbaik Untuk Bilas Tidak Mau Keluar, Ini Solusinya

BACA JUGA : 7 Kondisi Merek Mesin Cuci Terbaik Perlu Dibawa Ke Tukang Servis

Berikut ini cara memperbaiki pengering pada mesin cuci tidak dapat berputar :

1. Tekan tombol reset

Jika pengering mesin cuci tidak bekerja dengan benar, mungkin kamu harus menyetel ulang alat lewat tombol setel ulang.

2. Ganti komponen yang rusak

Apabila masalahnya ada pada sakelar yang rusak ataupun sabuk pengering yang sudah rusak, kamu harus mengganti komponen yang sudah tidak bisa berfungsi ini dengan sesegera mungkin.

3. Mengganti sabuk pengering

Cek sabuk dan lihat kondisinya apakah baik atau harus diganti.

Berikut ini cara agar pengering mesin cuci dapat berputar :

Bila pengering merek mesin cuci terbaikmu masih saja belum bisa berputar, terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan guna melepas sabuk pengering yang sudah rusak ataupun aus.

Bahan-bahan :

- Sarung tangan

- Kape

- Gunting

- Obeng

BACA JUGA : Cara Mengatasi Selang Merek Mesin Cuci Terbaik Bocor, Tanpa Perlu Panggil Teknisi

BACA JUGA : Perbandingan Baju Dan Air Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Overload

Cara memperbaikinya :

1. Nonaktifkan daya

Sebelum kamu melakukan hal apa pun, pastikan kalau tidak terdapat daya yang mengalir menuju ke mesin. Apabila pengering memakai gas, kamu harus mematikan pasokan gas.

2. Cek sekering termal

Mengecek apakah terdapat sekering yang kondisinya putus melibatkan melepaskan panel belakang pengering dan memakai uji kontinuitas guna melihat apakah sekering tersebut sudah putus.

Meski caranya mudah untuk mengganti sekering termal, kamu pasti ingin menentukan pengering mesin cuci apakah mengalami masalah panas yang berlebih. Apabila kamu tidak memeriksanya, maka sekering termal bisa meledak lagi kemudian hari.

3. Angkat tutup mesin

Angkat tutupnya dan lihat keadaan sabuk pengering. Apabila keadaannya sudah aus atau tampak sobek, maka kamu harus menggantinya.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tiba-Tiba Tidak Bisa Membuang Air

BACA JUGA : Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Merek Mesin Cuci Terbaik Cepat Rusak

4. Lepaskan panel depan

Setelah kamu sudah memutuskan sambungan listrik ke depan pengering, lepas sekrup pemasangan panel depan.

5. Lepas sabuk lama

Tergantung dengan jenis pengeringnya, kemungkinan melepaskan sabuk lama tanpa melepaskan drum. Apabila ini tidak memungkinkan, maka kamu potong sabuk yang lama kemudian kamu lepas drum secara hati-hati supaya bisa mengakses motor dan juga katrol pemalas.

6. Pasang sabuk baru

Ulirkan sabuk penggerak yang baru entah itu melalui atau pada sekitar katrol, hal ini akan bergantung pada instruksi dari pabrikan tertentu. Selanjutnya, sabuk dipasang di bagian atas katrol motor untuk penggerak mesin.

7. Ubah posisi drum

Setelah sabuk yang baru telah selesai dipasang, kembalikan drum pada posisinya secara hati-hati. Pasang item kembali sesuai dengan urutan pada saat dibongkar.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bergetar Kencang Saat Mengeringkan Baju

BACA JUGA : Tips Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar Dan Manfaatnya

Setelah seluruh bagian kembali pada posisi yang benar, kembali pasang mesin. Jangan lupa hidupkan gas apabila ini sebelumnya kamu nonaktifkan.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pengering merek mesin cuci terbaik yang tidak mau berputar, tanpa harus memanggila tenaga profesional atau teknisi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id