Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Tidak Berputar Hanya Berdengung

Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Tidak Berputar Hanya Berdengung

Memperbaiki merek mesin cuci terbaik 2 tabung yang tidak berputar hanya berdengung-EyeEm-www.freepik.com

diswayjogja.com - Dengan mengetahui cara memperbaiki merek mesin cuci terbaik yang rusak di rumah kamu bisa memudahkan pekerjaan tanpa harus memanggil teknisi.

Sama halnya seperti perangkat elektronik lainnya, merek mesin cuci terbaik bisa mengalami berbagai jenis kerusakan. Salah satunya yaitu mesin cuci yang hanya berdengung tapi tidak mau berputar.

Hal itu biasanya bisa disebabkan karena banyak hal yaitu mulai dari hal yang tidak terlalu serius sampai memerlukan penanganan dari teknisi.

Tetapi, beberapa di antaranya bisa diatasi dengan sendiri di rumah. Misal, sebab adanya masalah pada selang pembuangan dan suplai air tidak memadai.

BACA JUGA : Tips Mencuci Pakaian Dalam Di Merek Mesin Cuci Terbaik, Agar Bersih dan Awet

BACA JUGA : Cara Mencuci Jeans Di Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

Berikut solusi mesin cuci 2 tabung yang tidak berputar tapi hanya berdengung :

1. Cek kekusutan di selang pembuangan

Jika mesin cuci kamu tidak mau berputar hanya keluar suara mendengung, kemungkinan ada masalah di selang pembuangan.

Kekusutan di selang tersebut akan membuat aliran air ke dan dari alat jadi terhambat, sehingga akan menghasilkan mesin cuci yang memulai siklus putaran. Namun, kecepatannya tidak bertambah dan airnya tidak mengalir.

Untuk melihat ke belakang, tarik keluar mesin cuci dan cek apakah selangnya bebas kusut. Kemudian, dorong kembali mesin cuci ke tempatnya secara hati-hati supaya selang tidak terjepit lagi dengan tidak sengaja.

2. Cek apakah ada penyumbatan di sistem drainase

Apabila kamu bertanya-tanya, apakah mungkin pompa yang macet mengakibatkan mesin cuci tidak berputar, jawabannya adalah pasti.

Berbagai barang kecil seperti kunci, uang receh, kancing, ataupun jepit rambut bisa jatuh dari dalam saku pakaian dan kemudian tersangkut di dalam selang yang menghubungkan antara mesin cuci dengan pompa pembuangan. Yang akhirnya akan membuat drainase tersumbat sehingga mencegah alat berat untuk berputar.

BACA JUGA : Cara Mencuci Tas Ransel Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Menggunakan Lemon

Pada beberapa jenis mesin cuci, pompa pembuangan yang biasanya ada di belakang mesin cuci, tepatnya di dekat lantai bisa diakses tanpa harus melepaskan panel belakang mesin cuci. Sedangkan untuk mesin cuci model yang lainnya mengharuskan kamu untuk melepas kembali mesin cuci.

Konsultasikan manual pemilik guna instruksi yang khusus model. Lalu, kamu lepas klem yang menahan selang di tempatnya. Bersihkan sumbatan yang kamu temukan, dan kembali pasang selangnya.

3. Ganti atau setel ulang sabuk penggerak

Masalah selanjutnya yang bisa terjadi yaitu merek mesin cuci terbaik tidak berputar tetapi hanya mengeluarkan suara yang berisik. Penyebabnya yaitu bida karena sabuk penggerak mengalami kerusakan, atau sabuk penggerak lepas dari roda katrol.

Cara menentukan masalahnya, lepas bagian belakang mesin cuci. Lalu, kamu cek secara visual untuk melihat sabuknya apakah masih ada di katrol.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Noda Karat Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Tips Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Cepat

Apabila tidak, mungkin kamu sabuk penggerak perlu diganti. Pastikan kamu membelinya yang dirancang khusus untuk model dan merek mesin cuci kamu di rumah.

4. Cek pasokan air mesin cuci

Apabila mesin cuci tidak dapat menyerap air dan menghasilkan suara dengungan yang tidak seperti biasa, kemungkinan airnya tidak mengalir. Cek untuk melihat apakah terdapat pasokan air yang tepat pada mesin cuci.

Pertama cek apakah keran kondisinya sudah benar-benar menyala. Lalu kamu cabut mesin cuci dan keran yang memasok air ke sana dimatikan.

Lepas selang pengisian dari katup air. Kamu pegang selang yang berada di atas ember dan hidupkan keran untuk melihat apakah terdapat suplai air yang layak melewati selang.

BACA JUGA : Cara Aman Mencuci Sprei Di Merek Mesin Cuci Terbaik, Dijamin Bersih Wangi

BACA JUGA : Cara Mudah Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bau, Ini Penyebabnya

Apabila aliran air sudah memadai, cek apakah terdapat penyumbatan di filter katup air. Meski kesalahan tersebut jarang terjadi, tetapu hal itu bisa saja terjadi.

Lepas filter katup air dengan perlahan menggunakan tang pipih dan kemudian kamu bersihkan filternya dengan hati-hati, sebab sebagian besar filter mesin cuci terbuat dari plastik yang rapuh dan gampang untuk pecah.

Apabila aliran airnya lambat atau bahkan tidak ada air yang masuk lewat selang, mungkin ada kesalahan yang terjadi di pipa ledeng.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki merek mesin cuci terbaik 2 tabung yang tidak mau berputar dan hanya berdengung. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id