Cara Mencuci Pakaian Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar

Cara Mencuci Pakaian Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar

cara mencuci pakaian di merek mesin cuci terbaik agar warnanya tidak pudar-filistimlyanin-freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik adalah barang elektronik di rumah tangga yang berperan penting untuk membersihkan pakaian yang kotor.

Kamu tentunya ingin hasil dari mencuci pakaian di merek mesin cuci terbaik yaitu pakaian tetap awet dan warna pakaian juga tetap cerah hingga bertahun-tahun.

Tetapi, ada yang beranggapan kalau pakaian yang dicuci dengan menggunakan merek mesin cuci terbaik akan membuat warnanya jadi cepat pudar.

Padahal, kamu bisa menjadikan pakaian kamu tetap awet warnanya walaupun kamu menggunakan merek mesin cuci terbaik untuk mencucinya. Asal kamu mencucinya dengan cara yang tepat.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Pulsator Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Mengganti Dinamo Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Rusak

Berikut tips mencuci pakaian di mesin cuci agar warnanya tidak cepat pudar :

1. Menerapkan Petunjuk Perawatan pada Label

Pada beberapa merk pakaian sudah menyematkan label petunjuk untuk perawatan. Biasanya, label perawatan dapat ditemukan pada bagian dalam pakaian.

Pastikan kamu baca dan ikuti petunjuk perawatan yang tertera pada pakaian. Hal itu bertujuan supaya pakaian kamu tetap awet dan tidak cepat pudar warnanya.

2. Menyortir pakaian

Penting bagi kamu untuk menyortir pakaian yang akan dicuci. Pisahkan pakaian sesuai warna yang satu nada dalam satu wadah. Paling utama yaitu untuk pakaian yang warna putih, kamu pisahkan dari pakaian yang berwarna.

Pemisahan pakaian yang berbeda warnanya bertujuan agar mencegah terjadinya risiko luntur ataupun pakaian yang lainnya terkena noda luntur.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Berguncang

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Berdengung

3. Hindari Overloading Mesin Cuci

Jangan sampai kamu terlalu banyak memasukkan pakaian ke mesin cuci. Mesin cuci yang overloading bisa menyebabkan gesekan yang berlebih antar pakaian.

Hal itu bisa merusak serat dan menjadi penyebab warna pakaian jadi pudar. Pastikan kalau mesin cuci kamu terisi cucian sesuai dengan kapasitas yang sudah dianjurkan.

4. Gunakan Air Dingin atau Hangat

Seringnya mesin cuci dilengkapi opsi pemilihan suhu air. Pakaian yang berwarna, disarankan kamu cuci menggunakan air yang dingin atau air hangat.

Air panas bisa membuat warna pakaian jadi lebih cepat untuk pudar, terutama di kain pakaian yang peka terhadap suhu yang tinggi. Suhu air dipilih sesuai jenis kain baju yang hendak dicuci.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mengeluarkan Bau Karet Terbakar, Ini Solusinya

BACA JUGA : Cara Membersihkan Filter Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Karatan

5. Gunakan Deterjen yang Tepat

Piluhlah deterjen yang sudah dirancang khusus untuk mencuci baju yang berwarna. Deterjen tersebut biasanya mempunyai formula yang lebih lembut dan tidak memiliki kandungan pemutih yang bisa merusak warna dari pakaian.

Jangan lupa kamu baca petunjuk di kemasan deterjen guna memastikan kalau produk tersebut sudah sesuai untuk digunakan mencuci pakaian yang berwarna.

6. Tambahkan Pengaman Warna

Terdapat produk pengaman warna yang bisa ditambahkan ke merek mesin cuci terbaik dengan tujuan untuk melindungi warna pakaian. Biasanya produk tersebut berupa cairan atau bisa juga lembaran yang bisa larut di dalam air. Kamu bisa tambahkan sesuai dengan petunjuk di kemasan untuk memberikan perlindungan yang ekstra pada warna pakaian kamu.

7. Gunakan Putaran Cuci yang Ringan

Pilihlah putaran pencucian yang lebih ringan agar keutuhan serat pakaian bisa terjaga. Putaran cucian yang terlalu keras bisa membuat serat kain rusak dan membuat warna pakaian jadi pudar dengan lebih cepat. Beberapa mesin cuci mempunyai opsi putaran cuci yang khusus diperuntukan pakaian berwarna yang harus diperhatikan.

BACA JUGA : Manfaat Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Air Hangat

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Tiba-Tiba Berhenti

8. Jangan Biarkan Pakaian di Mesin Cuci Terlalu Lama

Setelah selesai siklus mencuci, kamu harus segera mengangkat pakaian dari dalam mesin cuci. Jangan sampai kamu membiarkan pakaian berada di dalam mesin cuci terlalu lama, sebab kelembaban yang didalam mesin cuci yang berlebihan bisa mengakibatkan pertumbuhan bakteri dan mengakibatkan warna baju memudar.

9. Jemur Pakaian secara Tepat

Pilihlah tempat yang teduh ketika kamu menjemur pakaian berwarna. Sinar matahari secara langsung bisa membuat warna pakaian jadi rusak dengan perlahan.

Jemurlah pakaian dengan cara yang tepat, dan kamu pastikan pakaian dijemur dengan kondisi terbalik supaya warna pakaian bisa tetap terjaga.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencuci pakaian di dalam merek mesin cuci terbaik agar warna pakaian tidak cepat pudar. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id