Mengenal Lebih Jauh Smart TV dan Android TV, Simak Perbedaan Spesifikasi Disini

Mengenal Lebih Jauh Smart TV dan Android TV, Simak Perbedaan Spesifikasi Disini

Perbedaan Smart TV terbaik dengan Android TV-goodponsel.com-

Sistem operasi ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2014 dan kini sudah mencapai versi Android TV 13. TV dengan OS Android diproduksi oleh semua pabrikan TV yang tidak memiliki sistem operasi sendiri, contohnya: Changhong, Sony, Sharp, TCL, dan Xiaomi.

Untuk kemudahan penggunaan, Android TV menyediakan fitur Google Assistant yang bisa mencari konten atau informasi di internet melalui perintah suara.

Bahkan, penggunanya juga bisa memantau perangkat IoT yang kompatibel dengan Google Home, seperti: lampu, kamera CCTV, kunci rumah, dan thermostat.

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Berikut ini beberapa perbedaan yang bisa Anda temukan dari Smart TV dan Android TV:

BACA JUGA : Mengenal Lebih Dalam Tentang Smart TV OLED dan Keunggulannya

 

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Smart TV Murah 1 Jutaan, Cocok Buat Kamu yang Low Budged

1. Sistem Operasi yang Digunakan

Smart TV terbaik umumnya menggunakan sistem operasi buatan sendiri. Misalnya: Smart TV Samsung menggunakan Tizen, LG menggunakan WebOS, dan beberapa TV Toshiba menggunakan Vidaa OS.

Sedangkan, Android TV menggunakan sistem operasi Android TV dari Google. Sistem operasi Android TV digunakan oleh hampir semua merk TV yang tidak memiliki OS buatannya sendiri.

2. Perbandingan Harga 

Secara umum, Android TV lebih mahal dibanding Smart TV dengan ukuran dan spesifikasi yang sama. Hal ini dikarenakan lisensi sistem operasi Android dan integrasi ke ekosistem Google yang lebih luas.

Berbeda dari Smart TV yang kompatibilitasnya terbatas hanya ke produk dari merek yang sama. Meski begitu, banyak merek yang menawarkan Android TV dengan harga lebih kompetitif, seperti: Xiaomi, Changhong, dan TCL.

3. Jumlah Aplikasi yang Tersedia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bhinneka.com