Wisata Terbaru 2024: Eksotisme Batuan Granit Pulau Kepayang Belitung

Wisata Terbaru 2024: Eksotisme Batuan Granit Pulau Kepayang Belitung

Panorma alam yang disuguh wisata terbaru 2024 Pulau Kepayang dari ketinggian.-belitungtours.com-

diswayjogja.com - Indonesia sebagai negara maritim memiliki banyak pulau, baik pulau kecil maupun besar. Maka tidak heran jika banyak pulau yang dijadikan sebagai destinasi wisata terbaru 2024.

Banyaknya beragam objek wisata terbaru 2024 yang ada di Indonesia membuat negara ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Salah satu pulau yang bisa menjadi alternatif wisata terbaru 2024 adalah Pulau Kepayang di Belitung. Pulau ini tergolong kecil, namun keindahan panoramanya tidak kalah menarik dengan pulau lainnya.

Nama objek wisata terbaru 2024 yang satu ini terdengar asing di telinga wisatawan. Meski begitu, pulau ini  memberikan kenangan indah tak terlupakan terutama bagi wisatawan yang cinta dengan dunia fotografi.

BACA JUGA : Belitung Timur: Destinasi Wisata Terbaru 2024 Pesonanya Estetik dan Unik

BACA JUGA : 8 Wisata Terbaru 2024 Bangka Belitung dengan Pemandangan Eksotis

Daya Tarik Pulau Kepayang

Sebagai tempat wisata, Pulay Kepayang memiliki bbeberapa daya tarik yang mampu menarik perhatian wisatawan, antara lain:

Mempunyai Karakteristik yang Unik

Belitung dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki beragam tempat wisata bertemakan alam didominasi oleh pulau-pulau berukuran kecil dan pantai.

Termasuk Pulau Kepayang dengan karakteristik unik berupa bebatuan granit yang memiliki ukuran bervariasi mulai dari ukuran yang kecil sampai dengan ukuran yang besar.

Bebatuan granit di pulau tersebut sangat jarang ditemukan di pulau lainnya yang ada di Indonesia. Batu-batuan granit disana letaknya saling berjejer dengan ukuran yang variatif dan terhampar di sepanjang pantai sampai lautan.

Memiliki Sebutan Pulau Babi

Masyarakat sekitar menyebut Pulau Kepayang dengan sebutan 'Pulau Babi'. Belum diketahui secara pasti alasan masyarakat menamainya dengan sebutan tersebut.

Pulau ini tidak berpenghuni dan lokasinya terpisah dari pulau utama yang ada di daerah Belitung. Letaknya dekat dengan pulau yang memiliki mercusuar di kawasan pantainya yakni Pantai Lengkuas.

Panorama Alamnya Memanjakan Mata

Objek wisata terbaru 2024 Pulau Kepayang memiliki pasir putih lembut dengan air lautnya yang jernih dan berwarna biru kehijauan. Pulau ini semakin cantik dengan bebatuan granit yang beragam dan terhampar di sepanjang kawasan pantai sampai ke lautan. 

Di sekitar pantai terdapat banyak pepohonan berbagai jenis yang membuat suasana menjadi sejuk dan teduh. Beberapa di antaranya adalah jenis pohon Kepayang.

Tidak jarang juga perahu-perahu nelayan bersandar di tepi pantai sehingga membuat lanskap pulau yang tampak semakin eksotis ketika dipandang dan tertangkap kamera.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Pantai Belitung Jadi Incaran Banyak Wisatawan Lokal dan Asing

BACA JUGA : Danau Kaolin Bangka Belitung, Bekas Tambang Timah Jadi Wisata Terbaru 2024 Yang Menarik

Merupakan Tempat untuk Konservasi Alam

Menariknya lagi, Pulau Kepayang merupakan tempat untuk konservasi alam seperti pelestarian batu-batuan karang dan penangkaran penyu yang dikelola KPLB (Kelompok Peduli Lingkungan Belitung).

Di tempat pelestarian batu-batuan karang, wisatawan bisa ikut terlibat melakukan upaya konservasi mengadopsi batu karang.

Sementara itu, untuk tempat penangkaran penyu terletak di area penginapan tepatnya di dekat gerbang masuk. Di tempat penangkaran penyu ini wisatawan bisa menyaksikan secara langsung bagaimana penyu-penyu bertelur sampai melihat tempat pemeliharaan penyu yang masih bayi hingga dewasa.

Fasilitas di Kawasan Pulau

Untuk menunjang kenyamanan para wisatawan, di objek wisata terbaru 2024 Pulau Kepayang ini disediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari toilet, kamar mandi, mushola, rumah makan dan penginapan.

Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan aktvitas snorekeling atau diving. Di pulau ini sudah tersedia tempat penyewaan untuk alat-ala tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Pulau

Lokasi Pulau Kepayang terletak di antara Pulau Lengkuas dan Pulau Pasir tepatnya di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Pulau yang berada di Kecamatan Sijuk ini mempunyai luas 14 hektar namun tidak berpenghuni.

Untuk menuju ke Pulau Kepayang, wisatawan harus menyeberangi Pantai Tanjung Kelayang terlebkh dahulu dengan menggunakan speedboat selama 15 menit.

Sementara untuk menuju ke tempat penangkaran penyu, wisatawan harus menuju ke bagian utara dari pulau ini. Di tempat tersebut hanya terdapat hamparan pasir putih dan daratan berisikan kebun kelapa sepanjang 300 meter. 

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Hotel di Belitung, Wisata Terbaru 2024 Cocok Buat Santai Menikmati Pantai Eksotis

BACA JUGA : 4 Spot Wisata Terbaru 2024 Bangka Belitung!! Menjelajahi Surga Tropis Indonesia yang Tersembunyi

HTM di Pulau Kepayang

Untuk memasuki kawasan wisata Pulau Kepayang, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Sedangkan untuk speedboat wisatawan harus membayar sekitar Rp 450.000/hari.

Bagi Anda yang ingin snorkeling atau diving, harga sewa peralatannya sebesar Rp 50.000/orang. Untuk penggunaan toilet, wisatawan harus membayar Rp 2.000 dan mandi Rp 5.000.

Untuk masuk ke tempat penangkaran penyu, wisatawan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang. Bagi yang ingin melakukan upaya konservasi, biaya per steknya Rp 50.000.

Itulah ulasan seputar temoat wisata terbaru 2024 Pulau Kepayang yang ada di Belitung. Tertarik untuk berkunjung?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: belitungisland.com