Cara Efektif Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bau Gosong

Cara Efektif Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bau Gosong

merek mesin cuci terbaik berbau gosong-marinaghanis98-freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik merupakan salah satu peralatan di rumah tangga yang penting digunakan untuk memudahkan pekerjaan mencuci pakaian kotor.

Meskipun selalu dipakai setiap hari, tentu merek mesin cuci terbaik perlu dilakukan pemeliharaan secara berkala.

Hal itu bertujuan untuk mencegah terjadinya berbagai macam risiko yang bisa saja terjadi pada merek mesin cuci terbaik kamu.

Salah satunya risikonya yaitu keluar bau gosong pada merek mesin cuci terbaikmu. Bau ini bisa menempel di pakaian yang telah dicuci, sehingga akan jadi tidak sedap dan tidak nyaman dipakai. 

BACA JUGA : Cara Efektif Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Menguning

BACA JUGA : Tips Mencuci Pakaian Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Wangi Berhari-Hari

Berikut ini cara mengatasi mesin cuci yang berbau gosong :

1. Bersihkan secara Berkala

Penyebab utama bau gosong pada mesin cuci salah satunya yaitu penumpukan residu deterjen, kotoran, dan berbagai serpihan kain yang melekat di bagian dalam mesin cuci. Maka dari itu, mesin cuci penting untuk dibersihkan secara berkala.

Kamu bisa pakai campuran air hangat dan cuka untuk bersihkan di bagian dalam dari mesin cuci. Kamu cukup mencampurkan 2 bagian air yang hangat dengan 1 bagian cuka.

Kemudian, gunakan larutan tersebut untuk membersihkan karet pintu, bagian dalam drum, dan di bagian yang lain yang bisa dijangkau.

2. Hindari Overloading

Kamu perlu ingat, bahwa memasukkan terlalu banyak cucian ke dalam mesin cuci bisa menyebabkan mesin akan bekerja dengan lebih keras dari biasanya.

Hal itu bisa menyebabkan gesekan yang berlebihan antara bagian dalam drum dan pakaian, sehingga akan meningkatkan risiko terjadinya gesekan yang menyebabkan munculnya bau gosong.

BACA JUGA : Penyebab Pakaian Masih Bau Dan Tidak Bersih Setelah Dicuci Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Otomatis Yang Rusak

Oleh sebab itu, pastikan kamu tidak mengisi mesin cuci sampai melebihi kapasitas maksimal yang telah direkomendasikan.

3. Cek Penggunaan Deterjen

Pemakaian jenis deterjen yang tidak cocok atau deterjen yang berlebihan juga bisa menyebabkan mesin cuci jadi menghasilkan bau gosong.

Pastikan kamu juga mengikuti petunjuk pemakiaan deterjen yang tertera di kemasan, dan pakai jumlah deterjen sesuai dengan beban dari cucian.

Bila memungkinkan, pilih deterjen yang tidak terkandung bahan kimia yang berbahaya supaya tidak meninggalkan residu di pakaian dan pada mesin cuci.

4. Cek Suhu Air

Suhu air yang diatur terlalu tinggi di merek mesin cuci terbaikmu juga bisa menyebabkan bau gosong di pakaian. Pastikan kamu gunakan suhu air sesuai dengan warna pakaian dan jenis kain. Untuk pakaian yang warnanya terang atau pakaian sensitif, suhu air yang digunakan jangan terlalu tinggi.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Keluar Air Dari Bawah, Begini Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Otomatis Yang Error

5. Bersihkan Filter dan Saluran Pembuangan

Penyumbatan yang terjadi pada filter dan saluran pembuangan bisa mengakibatkan mesin cuci bekerja dengan tidak efisien dan bisa meningkatkan risiko adanya bau gosong.

Maka dari itu, pastikan kamu bersihkan filter mesin cuci dengan teratur. Serta bersihkan juga saluran pembuangan dari kotoran dan bersihkan dari serpihan kain yang kemungkinan masih terjebak di dalamnya.

6. Pakai Pengharum Pakaian

Kamu bisa gunakan pengharum pakaian untuk mengatasi kendala ini. Pilih pengharum pakaian yang efektif dan aman, serta tambahkan sedikit pengharum baju ke dalam mesin cuci ketika kamu mencuci pakaian. Hal itu akan membantu memberi aroma segar pada pakaian.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi merek mesin cuci terbaik yang mengeluarkan bau gosong. Apabila cara di atas tidak bisa berhasil, kamu bisa panggil tukang reparasi yang profesional untuk memperbaiki masalah tersebut. Karena, dikhawatirkan terdapat kerusakan yang terjadi di bagian komponen mesin cuci. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id