Tips Membeli Merek Mesin Cuci Terbaik Bekas Tapi Berkualitas

Tips Membeli Merek Mesin Cuci Terbaik Bekas Tapi Berkualitas

Merek mesin cuci terbaik bekas tapi berkualitas-raidfr2-freepik.com

diswayjogja.com - Membeli merek mesin cuci terbaik bekas dapat menjadi pilihan yang cerdas dan ekonomis bila dilakukan secara hati-hati, serta menjadi solusi untuk menghemat biaya bagi kebanyakan orang.

Tetapi, tidak semua merek mesin cuci terbaik bekas yang ada dijual di pasaran mempunyai kualitas yang baik. Untuk memastikan kamu memperoleh mesin cuci bekas yang masih berkualitas, terdapat beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

Dengan memperhatikan tips ini, kamu bisa menghindari merek mesin cuci terbaik bekas yang kualitasnya buruk dan kamu akan menemukan mesin cuci bekas yang masih dapat dengan baik dan awet.

Jangan lupa untuk kamu selalu lakukan pengecekan secara menyeluruh dan jangan ragu untuk bertanya pada penjual tentang kondisi merek mesin cuci terbaik bekas yang akan kamu beli.

BACA JUGA : Manfaat Menambahkan Es Batu Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Memperpanjang Usia Pakai Merek Mesin Cuci Terbaik Di Rumah

Berikut beberapa tips membeli mesin cuci bekas yang berkualitas :

1. Tentukan Kebutuhan

Sebelum kamu mulai mencari mesin cuci bekas, terlebih dahulu kamu tentukan kebutuhan kmau dan keluarga kamu. Sehingga pencarian akan lebih fokus dan efisien.

- Jenis Mesin Cuci

Pada umumnya, mesin cuci jenis front load lebih hemat penggunaan energi dan air, serta lebih baik untuk merawat pakaian. Walaupun harganya akan lebih mahal dibandingkan mesin cuci jenis top load.

Biasanya mesin cuci model top load proses pencuciannya lebih cepat dan lebih mudah untuk menambahkan pakaian saat di tengah-tengah siklus pencucian.

- Kapasitas

Pilih mesin cuci yang memiliki kapasitas sesuai jumlah anggota keluarga kamu dan sesuai frekuensi kamu mencuci. Biasanya mesin cuci memiliki kapasitas antara 5 kg sampai 12 kg.

Apabila kamu mempunyai anggota keluarga yang besar, pilih mesin cuci yang kapasitasnya lebih besar agar hemat tenaga dan waktu.

BACA JUGA : Tips Hemat Air Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Tips Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Hemat Listrik

2. Periksa Kondisi Fisik Mesin Cuci

- Bagian Luar Mesin

Cek bodi mesin cuci apakah terdapat karat, goresan, ataupun kerusakan yang lain. Mesin cuci yang bodinya rusak bisa jadi pernah terbentur dengan keras atau pemakaian mesin cuci yang tidak hati-hati, yang bisa berpengaruh pada kinerja mesin.

- Bagian Dalam Mesin

Buka penutup mesin cuci dan cek drum pencucian. Pastikan tidak terdapat karat atau kerusakan di bagian dalam drum mesin cuci.

Coba kamu putar drum menggunakan tangan untuk memastikan tidak terdapat suara berderit atau kendala yang menandakan adanya masalah mekanis.

3. Uji Coba Fungsi Mesin Cuci

Minta kepada penjual untuk melakukan uji coba pada mesin cuci di tempat. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa semua fungsi dari mesin cuci bisa berjalan dengan baik. Beberapa hal harus kamu perhatikan saat uji coba tersebut dilakukan :

BACA JUGA : 9 Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Akan Rusak

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bau, Begini Cara Mengatasinya

- Program Pencucian

Coba beberapa program pencucian yang ada di mesin cuci. Pastikan bahwa setiap program bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

- Suara Mesin

Dengarkan suara mesin ketika beroperasi. Kondisi mesin cuci yang baik tidak akan menghasilkan suara brisik yang tidak normal.

Suara brisik pada mesin cuci dapat menjadi pertanda bahwa ada masalah di motor atau masalah pada komponen internal lainnya.

- Getaran

Perhatikan mesin cuci apakah bergetar dengan berlebihan ketika beroperasi, terutama ketika ada di dalam siklus pengeringan. Getaran pada mesin cuci yang berlebihan dapat disebabkan adanya masalah pada pegas mesin cuci atau pada penyeimbang.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Body Merek Mesin Cuci Terbaik Yang kusam Dengan Bahan Alami

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Bahan Alami

4. Cek Riwayat Perawatan dan Pemakaian

Tanyakan pada penjual tentang :

- Lama Penggunaan

Berapa lama mesin cuci sudah dipakai? Mesin cuci yang kondisinya lebih baru dengan pemakaian yang sedikit biasanya akan lebih baik kondisinya daripada mesin yang sudah sangat lama dipakai.

- Riwayat Perbaikan

Mesin cuci tersebut apakah pernah rusak atau pernah mengalami perbaikan besar? Mesin cuci yang pernah diperbaiki karena masalah besar kemungkinan mempunyai risiko kerusakan lebih tinggi di masa yang akan datang.

5. Pastikan Ketersediaan Suku Cadang dan Garansi

Meski membeli mesin cuci yang bekas, sebaiknya pastikan bahwa suku cadang mesin tersebut masih ada di pasaran. Biasanya mesin cuci yang merknya terkenal akan mempunyai ketersediaan suku cadang lebih baik.

- Suku Cadang

Cari tahu apakah suku cadang model mesin cuci tersebut gampang untuk ditemukan. Apabila suku cadang sulit diperoleh, maka perbaikan di masa depan dapat menjadi sangat merepotkan dan biayanya juga mahal.

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Menyetrum dan Cara Mengatasinya

- Garansi

Beberapa penjual merek mesin cuci terbaik bekas akan memberikan garansi yang terbatas. Meski biasanya garansinya tidak selama garansi mesin yang masih baru, garansi ini dapat memberikan jaminan tambahan tentang kualitas dari mesin cuci yang kmau beli.

6. Bandingkan Harga dan Baca Ulasan

Melakukan riset pasar guna membandingkan harga dari mesin cuci bekas dari beberapa penjual. Jangan sampai kamu tergiur dengan harga yang terlalu murah, sebab bisa jadi mesin tersebut mempunyai banyak masalah.

- Harga Pasaran

Cari tahu harga mesin cuci bekas di pasaran untuk model mesin cuci yang kamu ingin beli. Hal itu akan membantu kamu memperoleh harga yang wajar dan terhindar dari penipuan.

- Ulasan dan Rekomendasi

Membaca ulasan dari pembeli yang sebelumnya atau minta rekomendasi mesin cuci dari beberapa teman ataupun keluarga kamu yang sudah pernah beli mesin cuci bekas.

Ulasan dari pembeli yang lain dapat memberikan tambahan wawasan tentang kualitas mesin cuci dan reputasi dari penjual.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Merek Mesin Cuci Terbaik Sudah Tidak Layak Pakai

BACA JUGA : Ciri-Ciri Overload Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasan Lengkapnya

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam membeli merek mesin cuci terbaik bekas namun berkualitas. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nakita.id