Bahan Yang Tidak Boleh Masuk Ke Merek Mesin Cuci Terbaik

Bahan Yang Tidak Boleh Masuk Ke Merek Mesin Cuci Terbaik

barang atau bahan pakaian yang tidak boleh dicuci di dalam merek mesin cuci terbaik -KamranAydinov-freepik.com

diswayjogja.com - Kehadiran merek mesin cuci terbaik sangat membantu kita dalam mencuci pakaian kotor di dalam rumah tangga yang sudah menumpuk banyak.

Jadinya kita tidak perlu mengucek pakaian tersebut satu per satu dengan menggunakan tangan. Selain itu, kita juga dapat menyelesaikan pekerjaan yang lainnya selagi kita mencuci di merek mesin cuci terbaik.

Tetapi, karena kita tidak ingin repot dan selalu ingin mudah dalam membersihkan pakaian kotor serta beberapa macam barang yang kotor lainnya dalam merek mesin cuci terbaik.

Jadi, kita dapat tergoda untuk memasukkan sembarang pakaian ataupun barang semuanya ke merek mesin cuci terbaik sampai lupa bahwa hal itu bisa menjadi masalah.

Padahal, terdapat aturan tertentu yang wajib diikuti untuk menghindari dari kerusakan di pakaian kamu dan merek mesin cuci terbaikmu.

BACA JUGA : Tips Hemat Air Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : 9 Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Akan Rusak

Berikut ini 6 bahan yang jangan kamu masukkan ke dalam mesin cuci :

1. Apapun yang terkena bulu hewan peliharaan

Bulu hewan peliharaan akan sangat berbahaya jika terlepas dari pakaian. Namun, meletakkan baju, seprai, dan lainnya yang terkena bulu hewan peliharaan di dalam mesin cuci hanya akan membuat keadaan buruk.

Bulu hewan peliharaan yang kondisinya basah bisa menggumpal dan menempel di pakaian, menempel pada sisi drum mesin cuci, bahkan bisa menyumbat pipa pembuangan mesin cuci, sehingga akan membuatnya kurang efisien seiring berjalannya waktu.

Bulu hewan peliharaan yang ada di manapun dibuang sebelum kamu memasukkanya ke dalam mesin cuci. Pertama, pakai lint roller ataupun selotip guna menarik bulu dan melepaskan bulu dari apapun yang melekat, baik itu pakaian, selimut, seprai, dan lain sebagainya.

Jika tidak mempunyai lint roller atau selotip, gunakan sarung tangan karet, lalu basahi dengan air, kemudian usap tangan yang dipasang sarung tangan karet ke barang yang telah terpapar bulu hewan peliharaan.

BACA JUGA : Tanda-Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Harus Diganti

BACA JUGA : Ciri-Ciri Merek Mesin Cuci Terbaik Sudah Tidak Layak Pakai

2. Bantal busa atau memory foam

Gerakan dari mesin cuci bisa mengakibatkan bantal busa yang full memori atau memory foam jadi lemah bahkan bisa pecah, alangkah lebih baik bantal busa yang padat jangan dicuci menggunakan mesin.

Bantal busa memori tertentu bisa dicuci di mesin cuci, namun jika itu memang sudah tertulis di label perawatan. Tetapi, supaya lebih aman lebih baik tidak sama sekali dicuci dalam mesin cuci.

Karena busa memori secara alami memiliki sifat hipoalergenik dan tahan terhadap tungau debu, bantal ini akan tetap bersih lebih lama dibandingkan dengan bantal bulu tradisional.

Sebaiknya kamu bersihkan bantal busa 1 sampai 2 kali dalam setahun hanya cukup membersihkan noda ataupun area yang sudah berubah warna.

Apabila label perawatan bantal memberi saran untuk mencuci menggunakan tangan, bersihkan di wastafel yang besar atau di bak mandi yang sudah diisi air dan detergen anti alergi serta bebas dari pewangi.

Setelah kamu membersihkan dan membilas bantal dengan menyeluruh, peras secara lembut untuk membuat air yang berlebihan hilang, namun sebaiknya kamu hindari perasan untuk mempertahankan bentuknya, kemudian kamu keringkan dengan udara pada tempat yang memiliki ventilasi baik.

BACA JUGA : Tips Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Hemat Listrik

3. Bra

Menjatuhkan bra dengan sembarangan ke dalam mesin cuci merupakan cara yang paling cepat untuk membuatnya jadi bra yang cacat, tumpul, dan longgar.

Kait bra yang tidak diikat bisa membuat pakaian lain jadi robek atau bisa tersangkut pada silinder ataupun agitator mesin cuci kamu.

Mencuci dengan tangan merupakan standar terbaik untuk mencuci bra. Pakai air yang dingin dan beri sedikit detergen cair ringan yang dibuat khusus untuk bahan yang halus.

Setelah keseluruhan sudah dibersihkan dan dibilas, peras air yang berlebih secara hati-hati untuk menghindari dari kerusakan kain.

Apabila kamu punya mesin cuci jenis bukaan atas atau bukaan depan tanpa memiliki agitator, maka kamu bisa manaruh bra dalam tas pakaian dan pilih siklus pencucian yang paling lembut.

4. Pakaian apa pun yang mempunyai renda atau bordir

Segala jenis pakaian yang halus yang memiliki manik-manik ataupun bordir tidak boleh dicuci dalam mesin cuci sebab gerakannya bisa merusak detail.

Hal tersebut terutama terjadi di barang yang memiliki hiasan yang direkatkan, bukan yang dijahit (cek jahitannya), sebab beberapa potongan tersebut kemungkinan akan jatuh ketika dicuci dalam mesin cuci.

Pakaian yang lain yang memerlukan perhatian ekstra yaitu item yang berbahan renda. Bahan ini bisa robek bahkan bolong apabila terkena pakaian yang mempunyai kancing, ritsleting, ataupun kait.

Kamu harus mencuci pakaian yang berenda dan bordir menggunakan tangan, dengan adanya pengecualian. Apabila label perawatan pada item mengatakan "Dry Clean Only" atau "Dry Clean", bawalah ke pembersih pakaian yang terkemuka dan mintalah agar mereka menutupi hiasan pakaian menggunakan foil atau kain. Dengan cara tersebut maka pakaian tersebut tidak akan rusak sebab pelarut kimia yang dipakai pada proses dry cleaning.

5. Apapun yang ada noda mudah terbakar

Sebaiknya kamu jauhkan apapun yang mempunyai noda yang gampang untuk terbakar dari mesin cuci kamu, seperti noda oli, bensin, pengencer cat, minyak goreng, dan alkohol.

Namun, dalam hal ini, pengering merupakan musuh sebenarnya. Karena panas yang tinggi dari pengering dapat mengakibatkan pakaian jadi terbakar dan dapat memicu terjadinya sebuah ledakan. Residu yang gampang terbakar juga bisa menumpuk pada mesin cuci kamu.

Atasi noda yang gampang terbakar dengan cara membersihkannya menggunakan tangan dengan penghilang noda yang berbasis pelarut, dan biarkan selama 10 menit.

Apabila bau noda sudah mereda, kamu bisa mencucinya menggunakan merek mesin cuci terbaik di tahap ini, selama kamu mencuci sendiri guna menghindari risiko terjadinya noda berpindah.

Gantung kering setelahnya. Apabila bau noda yang gampang terbakar tidak bisa hilang, kamu bisa mencucinya menggunakan tangan dengan air yang panas dan detegen yang cair. Air yang panas akan membantu membuat noda hilang, setelah itu kamu bisa menggantungnya sampai kering.

6. Apapun yang berbahan beludru, wol, atau kasmir

Kain lembut dan alami tidak cocok dengan gerakan mesin cuci yang abrasif. Hal itu karena bisa mengakibatkan terlihat melar, kusut, atau bahkan berubah bentuk hanya dengan satu kali pencucian.

itulah beberapa bahan yang tidak boleh kamu masukkan ke dalam merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sajian sedap