Merek AC Terbaikmu Ingin Awet, Dingin dan Tetap Hemat, Lakukan Tips Berikut

Merek AC Terbaikmu Ingin Awet, Dingin dan Tetap Hemat, Lakukan Tips Berikut

Beberapa Tips yang Bisa Dilakukan Agar Merek AC Terbaik Awet, Dingin dan Tetap Hemat--iStockphoto

2. Pastikan PK AC Sesuai Dengan Luas Ruangan

Sebagai gambaran saja, untuk ruangan 3 x 3 meter itu cukup untuk AC dengan ukuran ½ PK. Sedangkan jika ruangan kamu besarnya 4 x 4 meter, maka diperlukan AC paling tidak 1 PK untuk mendinginkan ruangan.

Nah, jika ruangan kamu ukurannya 4 x 4 tetapi kamu tetap menggunakan AC ½ PK, maka merek AC terbaik itu akan bekerja sangat keras di luar kapasitasnya.

Yang terjadi, kompresor akan terus bekerja keras untuk mencapai suhu dan mendinginkan ruangan yang sebenarnya adalah di luar kapasitas kompresor itu sendiri.

3. Jaga Ruangan Agar Selalu Tertutup

Sama halnya karena memang seharusnya merawat kompresor, maka perlu ruangan tertutup supaya udara dingin yang dihasilkan oleh unit AC tidak terbuang dengan sia-sia.

4. Jangan Merokok di Ruangan Ber-AC

Janganlah kamu merokok dalam ruangan yang menggunakan AC. Karena kandungan nikotin pada asap rokok bisa membuat filter atau evaporator AC kotor.

Bukan hanya mengotori saja, tetapi juga bisa membuat filter berubah warna menjadi kekuningan.

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Milikmu Tak Pernah Dimatikan, Simak Beberapa Dampak Buruknya

BACA JUGA : 4 Hal Penting Saat Perawatan Merek AC Terbaik, Nomor 2 Sering Diabaikan

Bahkan tidak hanya bagian filter saja, tetapi juga body unit indoor jika secara terus-menerus terkena asap warna yang biasanya putih dapat berubah menjadi kekuningan.

Selain itu, nikotin pada rokok juga akan mengendap di bagian evaporator AC. Sehingga udara di dalam ruangan akan merasa pengap dan kurang dingin.

5. Maintenance Ringan Pada AC

Tips selanjutnya kamu bisa melakukan maintenance ringan pada merek AC terbaik yaitu dengan membersihkan filter pada unit indoor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube.com/@aiochannel