Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Yang Mampet

Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Yang Mampet

Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Yang Mampet-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek mesin cuci bisa terbaik memang perlu dibersihkan dengan rutin agar tidak cepat untuk rusak. Cara menggunakan dan memberishkan mesin cuci jenis 1 tabung tidak serumit yang kamu pikirkan.

Merek mesin cuci terbaik 1 tabung merupakan jenis mesin cuci yang dibuat untuk melakukan pencucian dan pengeringan dalam 1 tabung.

Terdapat 2 jenis merek mesin cuci terbaik 1 tabung yaitu mesin cuci top load (bukaan atas) dan front load (bukaan depan). Mesin cuci 1 tabung membutuhkan air lebih sedikit dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung.

Merek mesin cuci terbaik jenis 1 tabung hanya dapat bekerja jika ada air yang tersambung langsung dari selang atau keran. Hal itu karena mesin cuci akan mengatur jumlah air yang diperlukan dan waktu pencucian dengan otomatis.

BACA JUGA : 8 Penyebab Putaran Merek Mesin Cuci Terbaik Lemah, Begini Solusinya

Cara yang benar dalam memakai mesin cuci 1 tabung  :

Dengan semua keunggulan yang dimiliki mesin cuci 1 tabung tetap membutuhkan perawatan yang baik supaya usia penggunaannya bisa panjang.

Jika kamu jarang membersihkan mesin cuci, maka biaya yang kamu kelaurkan bisa banyak untuk melakukan perbaikan jika suatu saat mesin cuci kamu mengalami masalah.

Penyebabnya bisa oleh saluran pembuangan yang mampat sebab tersumbat oleh kotoran sehingga membuat aliran airnya jadi terhambat.

Saluran pembuangan mesin cuci juga dapat tersumbat oleh koin ataupun benda lainnya yang terbawa pada pakaian dan bisa ikut tercuci dalam mesin cuci.

BACA JUGA : Jangan Asal-Asalan, Begini Cara Membawa Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

Kalau mesin cuci kamu jarang dibersihkan, maka dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau tersebut juga bisa menempel pada pakaian yang dicuci di dalam mesin cuci tersebut.

Jadi, kamu harus tahu cara memakai mesin cuci 1 tabung dan buatlah jadwal pembersihan mesin cuci tiap 2 bulan sekali.

Cara membersihkan mesin cuci 1 tabung jenis bukaan atas (top load) :

1. Tabung mesin cuci dikosongkan.

2. Siklus pembersihan pertama: Tuangkan air yang panas ke dalam tabung, kemudian jalankan proses pencucian pakaian seperti biasanya. Ketika mesin sudah mati, buang airnya.

3. Siklus pembersihan kedua: Tabung diidi dengan air biasa, cuka putih 3,5 cangkir, dan soda kue setengah cangkir. Jalankan proses pencucian dalam waktu 30 detik, kemudian biarkan air menggenang di dalam mesin cuci dalam waktu selama 30 hingga 60 menit.

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung dan 2 Tabung Agar Awet

4. Siklus pembersihan ketiga: Dengan air dari siklus pencucian yang kedua, jalankan lagi proses pencucian untuk menghilangkan residu atau sisa deterjen ataupun kotoran yang masih menempel di dalam tabung mesin cuci. Lalu buang airnya ketika mesin telah mati.

5. Bagian dalam tabung dilap menggunakan kain yang telah dicelupkan ke dalam campuran larutan air yang panas dengan cuka.

Cara membersihkan mesin cuci 1 tabung jenis bukaan depan (front load) :

1. Kosongkan isi tabung dalam mesin cuci.

2. Lakukan proses pembersihan pertama: Air yang panas kamu tuangkan ke dalam tabung, lalu hidupkan mesin cuci seperti ketika kamu akan mencuci pakaian. Saat mesin sudah mati, kamu bisa membuang airnya.

BACA JUGA : 7 Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Untuk Usaha Laundry

3. Lakukan proses pembersihan kedua: Air panas yang baru kamu tuangkan ke dalam tabung yang telah dilarutkan dengan 2 cangkir cuka putih, kemudian jalankan siklus pencucian. Ketika mesinnya sudah mati, buang air tersebut.

4. Bagian dalam tabung kamu bilsa dengan menggunakan air biasa.

5. Setelah tabung sudah kosong, lalu kamu bersihkan menggunakan kain lap atau handuk yang kering.

6. Bersihkan laci deterjen pada mesin cuci: Lepaskan lacinya, rendam di dalam wadah yang berisi air, kemudian sikat menggunakan sikat gigi bekas hingga bersih.

BACA JUGA : 7 Tanda Merek Mesin Cuci Terbaikmu Rusak

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan merek mesin cuci terbaik 1 tabung, baik itu bukaan depan maupun bukaan atas. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia