Jangan Sampai Salah, Begini Cara Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik Otomatis

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik Otomatis

Cara menggunakan merek mesin cuci terbaik otomatis-id.my-best.com-

DISWAY JOGJA – Penggunaan merek mesin cuci terbaik di rumah sangat membantu untuk mengurangi beban pekerjaan rumah tangga. Jenis mesin cuci yang ada di pasaran pun sangat bergam, mulai dari merek hingga model.

Salah satu merek mesin cuci terbaik yang mulai banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah mesin cuci 1 tabung. Jenis mesin cuci 1 tabung ini pun memiliki beberapa perbedaan dengan mesin cuci 2 tabung.

Salah satunya adalah penggunan dan cara kerja kedua jenis merek mesin cuci terbaik berbeda. Dengan jenis mesin cuci ini, penggunanya tidak repot untuk merendam ,mengucek dan memeras baju sebelum digantung di jemuran.

BACA JUGA : Tips Mengatasi Timer Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Rusak

Nah, dibawah ini ada tips atau langka-langkah yang dapat Anda ikutin saat menggunakan merek mesin cuci terbaik otomatis yang benar. Let’s check this out!

Pembagian Pakaian Berdasarkan Karakteristik

Meski menggunakan mesin cuci otomatis, Anda tetap disarankan untuk memisahkan pakain berdasarkan warnanya saat akan mencuci. Hal ini dilakukan agar warna pada pakaian tidak luntur saat dicuci yang dapat merusak warna pada baju lain.

Untuk memisahkan warna pakaian, Anda bisa memisahkan pakaian antara warna gelap dan terang. Pakaian dengan warna mecakup warna hitam, abu-abu, merah tua, biru tua dan ungu gelap. Sedangkan pakaian untuk warna terang mencakup putih, pink, kuning, hijau muda.

Pakaian dengan bahan jeans cenderung mudah luntur saat dicuci, oleh karena itu sebaiknya dicuci secara terpisah. Selain mengkategorikan warna pakaian, Anda juga bisa memisahkan pakaian berdasarkan jenis bahan.

Misalnya pakaian dengan berbahan riangan seperti pakaian dalam sebagaiknya tidak dicampur dengan pakaian biasa Begitu juga dengan handuk, pakaian berbahan wol atau jaket tebal sebaiknya dicuci secara terpisah untuk menghindari kerusakan.

BACA JUGA : 6 Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Beserta Keunggulannya

Penempatan Pakaian di Mesin Cuci

Setelah semua pakaian dipisah berdasarkan warna atau jenis bahannya, selanjutnya adalah memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci. Namun, ketika memasukkannya, Anda harus memastikan bahwa pakaian tertata secara rapi.

Pakaian yang dimasukkan ke dalam merek mesin cuci terbaik biasanya hanya akan menunmpuk. Padahal, pakaian yang menumpuk dapat membuat unit mesin cuci boros air dan deterjen.

Beberapa model mesin cuci yang ada di pasaran bahkan sudah dilengkapi dengan pilihan opsi pengaturan air berdasarkan jumlah pakain yang dimasukkan ke dalam mesin cuci.

Jumlah air yang disesuaikan dengan jumlah pakaian di antaranya adalah sepertiga mesin cuci untuk beban baju ringan, setengah mesin untuk beban sedang, dan tiga perempat mesin untuk beban penuh.

BACA JUGA : Penyebab Air Merek Mesin Cuci Terbaik Keluar Terus, Begini Cara Mengatasinya

Penyesuaian Putaran Mesin Cuci

Sebelum proses pencucian dimulai, Anda juga harus memastikan terlebih dahulu bahwa siklus putaran sudah sesuai dengan jenis bahan pakaian. Biasanya siklus putaran pada mesin cuci terbagi menjadi beberapa bagian.

Misalnya, siklus normal cocok digunakan untuk mencuci baju harian yang kotor, sedangkan siklus lembut sangat dianjutkan untuk digunakan pada pakaian dalam yang berbahan sensitif.

Kemudian ada siklus permanen, biasanya siklus ini digunakan untuk menjaga keawetan pakaian sintetis yang cenderung menggumpal saat dicuci.

Penambahan Deterjen dan Pewangi

Jika merek mesin cuci terbaik milik Anda adalah tipe front loading, gunakan kotak dispenser deterjen untuk menambahkan deterjen ke dalam mesin cuci pada waktu yang tepat.

BACA JUGA : 5 Tips Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik Otomatis

Sedangkan jika tipe mesin cuci yang Anda miliki adalah tipe top loading, maka masukkan deterjen sebelum memasukkan pakaian untuk mencegah deterjen menodai pakaian.

Pengeringan Setelah Cuci

Setelah proses pencucian selesai, segera jemurlah pakaian untuk mencegah bau yang disebabkan oleh sisa air yang tertinggal dalam mesin cuci. Dengan menjemur pakaian secara langsung setelah dicuci, Anda dapat memastikan pakaian tetap bersih dan tahan lama.

Dengan menggunakan merek mesin cuci terbaik yang otomatis, maka baju keluarga Anda akan selalu tampak bersih dan tahan lebih lama. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: