Cara Ampuh Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar

Cara Ampuh Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar

Cara Ampuh Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Perlu kamu ketahui bahwa merek mesin cuci terbaik juga perlu dibersihkan. Mungkin kamu ada pikiran, alat pembersih kenapa harus dibersihkan juga, padahal sabun yang digunakan untuk mencuci baju di dalam mesin cuci juga sudah membersihkannya.

Hal itu karena bisa berisiko jadi sarang jamur yang bisa membahayakan bagi kesehatan. Pastikan kamu ketahui dan pahami dalam penggunaan merek mesin cuci terbaik dengan baik dan benar.

Hal ini dilakukan supaya merek mesin cuci terbaik kamu bisa tetap awet dan tidak gampang kotor. Setiap jenis mesin cuci memiliki cara pembersihan yang berbeda.

Berikut panduan dan saran untuk menjaga merek mesin cuci terbaik kamu agar kondisinya selalu prima dan tidak akan mengakibatkan alergi.

BACA JUGA : 4 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Tapi Kompresor Panas

Cara membersihkan merek mesin cuci terbaik Top Load (bukaan atas) :

- Program pencucian mulai kamu dijalankan dengan sedikit air yang panas. Pastikan mesin cuci kamu sudah dikosongkan.

- Ulangi lagi program pencucian dengan air panas. Jika telah terisi air dan mesin cuci mulai berputar, tambah 750 ml cuka putih yang dicampur dengan 60 gram bubuk soda kue.

- Larutan tersebut biarkan teraduk dalam mesin cuci selama 30 detik, kemudian kamu matikan. Diamkan dalam waktu setengah jam sampai satu jam.

- Sesudah dinding tabung terendam, nyalakan lagi dan biarkan program pencuciannya berjalan sampai tuntas.

- Matikan dan bersihkan sisa air yan ada di bagian dalam mesin cuci menggunakan kain yang sudah direndam di dalam campuran air panas dan cuka dengan komposisi 1:1. Pastikan sudah dibersihkan secara kesleuruhan, termasuk pada bagian pinggiran dan langit-langit tabung mesin cuci.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Listrik Langsung Jeglek Saat Merek Kulkas Terbaik Dinyalakan, Ini Penyebabnya

Cara membersihkan mesin pengering pada merek mesin cuci terbaik 2 tabung atau semi otomatis :

Cara membersihkan tabung utama di mesin cuci model 2 tabung sama halnya dengan mesin cuci tipe top loader. Berikut cara membersihkan tabung pengering baju :

- Noda yang berwarna akibat dari pakaian yang luntur yang nempel di permukaan tabung pada umumnya bisa dibersihkan dengan memakai obat pembersih yang berkualitas dan kain lap. Untuk membersihkan noda yang sedikit membandel, setelah kamu coba untuk membersihkannya, nyalakan program pengering dalam waktu 15 menit dengan tabungnya yang diisi dengan beberapa lembar kain lap ataupun handuk. Jangan lupa kamu membaca petunjuk penggunaan produk pembersih.

- Pastikan bahwa seluruh ventilasi di mesin pengering tidak ada yang mengalami tersumbat.

- Pastikan penyaring serat juga kamu bersihkan minimal satu bulan sekali. Bilas di bagian bawah air keran untuk mengeluarkan kotorannya, kemudian angini hingga kering sebelum dipasang lagi.

- Mesin penyedot debu juga bisa membantu kamu membersihkan serat-serat yang menempel di penyaring dan bagian yang lain di mesin.

BACA JUGA : Cara Mudah Memperbaiki Remote Merek AC Terbaik Tidak Berfungsi

Cara membersihkan merek mesin cuci terbaik Front Loading (bukaan depan) :

- Setelah mesin cuci kosong, jalankan program pencucian dengan air yang panas. Proses ini bertujuan membersihkan sisa dari deterjen yang menumpuk pada drum.

- Untuk menghilangkan baunya, tuang 2 cangkir cuka putih ke laci deterjen kemudian jalankan program pencucian.

- Jika mesin cuci kamu mempunyai laci deterjen, kamu bisa melepasnya dan rendam dalam wastafel ataupun ember. Apabila kondisinya sangat kotor, rendamlah di dalam campuran air panas dengan karbol secukupnya. Pastikan ikuti petunjuk penggunaan di produk karbol.

- Sembari menunggu laci deterjen yang direndam, basuh kain dengan air yang panas untuk mengelap semua bagian pintunya. Untuk membersihkan lapisan kerak sabun dan kotoran di bawahnya, tarik pinggiran karet penyegel pintu dengan perlahan .

- Bersihkan saluran yang menghubungkan laci deterjen dengan tabung.

BACA JUGA : Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Dengan Efisien Dan Menghemat Tagihan Listrik

- Pakai sikat gigi yang sudah tidak terpakai atau bekas untuk membersihkan sisa residu sabun di bagian laci deterjen yang direndam tadi.

- Bilas, kemudian keringkan, dan pasang kembali laci deterjennya.

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan merek mesin cuci terbaik dengan benar. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia