Mudah Banget, Tips Jitu Menghitung Penggunaan Listrik Merek AC Terbaik, Simak sebelum Beli

Mudah Banget, Tips Jitu Menghitung Penggunaan Listrik Merek AC Terbaik, Simak sebelum Beli

Cara menghitung tarif listrik merk AC terbaik --

Berarti, tarif listrik yang harus Kamu bayarkan adalah Rp 1.440,70 per kWh.

Total tarif listrik untuk AC ½ PK selama 1 bulan adalah: 120 kWh x Rp 1.440,70 per kWh = Rp 172.884.

Faktor Besar Kecilnya Tarif Listrik AC

Seperti dalam pembahasan sebelumnya, jumlah besar kecilnya tarif listrik AC per bulannya bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

1. Terlalu Sering Buka Tutup Ruangan Ber-AC

Terlalu sering membuka dan menutup pintu atau jendela di ruangan ber-AC menyebabkan udara dingin keluar dan udara panas masuk. 

BACA JUGA : Fitur Self Clean Merek AC Terbaik: Cara Kerja dan Fungsinya Membantu Perawatan

Hal ini bisa menyebabkan bengkaknya tarif listrik AC karena untuk mempertahankan suhu dingin di ruangan, AC harus bekerja lebih keras lagi. 

Alhasil, listrik yang dikonsumsi pun juga jadi lebih banyak. Selain itu, membuka dan menutup ruangan ber-AC bisa mengganggu kestabilan suhu ruangan yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi penghuni ruangan

2. Lebar Ruangan

Faktor kedua yang memengaruhi besar kecilnya tarif listrik AC adalah lebar ruangan. Semakin lebar dan luas ruangan, semakin besar juga volume udara yang harus didinginkan oleh AC. 

Inilah mengapa, AC harus bekerja lebih keras dan lebih lama untuk mencapai dan menjaga suhu yang diinginkan di ruangan yang lebih besar. 

Selain itu, agar ruangan bisa dingin secara optimal, PK yang dibutuhkan pun juga cukup besar. Tentunya, semakin tinggi PK AC yang digunakan, semakin tinggi pula tarif listrik yang dikeluarkan.

3. Pemakaian AC yang Berlebihan

Pernahkan Kamu menyalakan merek AC terbaik di ruangan yang tidak dipakai? Nah, itu juga merupakan salah satu kebiasaan yang membuat tarif listrik AC menjadi membengkak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube.com/@selkaid