Kevin Lilliana Ajak Anak Muda Terapkan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kevin Lilliana Ajak Anak Muda Terapkan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kevin Lilliana Junaedy, seorang model dan ratu kecantikan Puteri Indonesia 2017.-DOK-

JAKARTA, DISWAYJOGJA - Mengaplikasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari ternyata sangat mudah dan sederhana. Hal tersebut disampaikan oleh Kevin Lilliana Junaedy yang merupakan seorang model dan ratu kecantikan Puteri Indonesia 2017.

Kevin menyayangkan bahwasanya pembacaan nilai-nilai pancasila di lingkungan sekolah maupun lembaga pendidikan saat ini hanya dianggap sebagai formalitas saja.

Padahal menurut Kevin, nilai-nilai pancasila sangat mudah diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

”Kadang tuh anak-anak sekarang baca nilai-nilai pancasila itu cuma buat formalitas saja, tanpa memahami nilai-nilai pancasila itu apa sih yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari,” kata Kevin saat diwawancara Disway pada Rabu, 31 Juli 2024.

”Padahal semuanya itu applicable, artinya semuanya bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari,” tambahnya.

Kevin memberi contoh bahwasanya tak harus menjadi seorang negarawan maupun tokoh yang disegani dahulu untuk mengaplikasikan nilai pancasila.

Namun ternyata, ada nilai-nilai pancasila yang sudah diterapkan anak-anak muda dalam kehidupan sehari-hari, namun belum disadari.

”Jadi kadang oh pancasila kita harus jadi negarawan atau jadi seorang tokoh baru bisa menerapkan nilai pancasila, padahal nilai-nilai itu bisa diaksanakan sehari-hari,” terangnya.

”Seperti contoh nilai ketuhanan yang maha esa itu dengan kita menjalankan perintah agama kita masing-masing, itu kita sudah menerapkan nilai pancasila. Seperti agama islam kita solat lima waktu, nasrani ke gereja, seperti itu,” sambung Kevin.

Karena itu, Kevin mengajak anak-anak muda untuk lebih memahami lebih dalam arti nilai-nilai pancasila, sehingga bisa diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang sederhana.

”Pancasila kayanya itu susah banget diaplikasikan, tapi kalo kita pahami artinya masing-masing, itu sebetulnya udah kita lakukan lewat kehidupan sehari-hari,” tandasnya

Pentingnya Peran BPIP Gaungkan Nilai Pancasila

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) berperan penting dalam menguatkan peran pancasila sebagai ideologi negara.

Miss Internasional 2017 Kevin Lilliana, menyadari bahwasanya pendidikan pancasila saat ini masih kurang tersampaikan di sekolah maupun lembaga pendidikan.

Karena itu, Kevin melihat peran BPIP yang menggaungkan nilai pancasila lewat roadshow ke berbagai kota, sangat tepat dan mendapat antusiame tinggi dari anak-anak muda.

”Gara-gara kemarin aku ikut roadshow BPIP, aku jadi sadar bahwa ternyata pendidikan pancasila semakin kesini semakin kurang tersampaikan sama sekolah-sekolah,” kata Kevin saat diwawancara Disway pada Rabu, 31 Juli 2024.

”Jadi dengan adanya BPIP, diharapkan bisa lebih berinteraksi langsung kepada masyarakat melalui roadshow kemarin, sekolah-sekolah atau bahkan misalnya bergabung atau berkolaborasi dengan organisasi anak muda, yang bisa lebih langsung tersampaikan nilai-nilai pancasilanya itu sendiri,” tambah Kevin.

Lebih lanjut dikatakan Kevin, lewat berbagai event menarik yang selenggarakan BPIP, tentu akan jadi magnet bagi anak-anak muda untuk berpartisipasi.

”Apalagi disampaikan lewat event seperti kemarin, anak-anak pasti lebih tertarik, apalagi ada workshopnya jadi mereka bisa langsung praktik, kemudian bintang tamunya juga bisa bikin mereka antusias,” paparnya.

”Karena kan mereka pasti udah capek dan mumet di sekolah ya, jadi kalo event dan bintang tamunya dibuat menarik seperti yang dibuat BPIP kemarin, pasti lebih efektif dan tersampaikan ke anak-anak,” tandas Kevin.

Sebagai informasi, Kevin Lilliana Junaedy merupakan seorang model dan ratu kecantikan asal Indonesia.

Dia merupakan Runner-Up 1 pada kontes kecantikan Puteri Indonesia 2017 mewakili provinsi Jawa Barat, dimana ia dimahkotai sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2017.

Kevin juga merupakan pemenang kontes Miss International 2017 di Jepang. (Disway.id/Sabrina Tio Dora Hutajulu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: