4 Penyebab Merek AC Terbaik Anda Tidak Dingin, Hanya Mengeluarkan Angin

 4 Penyebab Merek AC Terbaik Anda Tidak Dingin, Hanya Mengeluarkan Angin

penyebab merk ac terbaik hanya mengeluarkan angin-golfcphoto-istockphoto

DISWAY JOGJA - Bagi anda yang memiliki merek AC terbaik di rumahnya, pasti pernah mengalami permasalahan dini pada unitnya. Salah satunya adalah ketika dioperasikan AC hanya mengeluarkan angin saja, dimana udara dingin sangat minim.

Hal ini pasti akan mengganggu kenyamanan pengguna merek AC terbaik. Ditambah ketika cuaca sedang terik, pasti permasalahan ini sangat mengganggu penghuni rumah.

Ada beberapa penyebab mengapa unit merek AC terbaik anda hanya mengeluarkan angin ketika sedang beroperasi. Tentu ada beberapa faktor pemicu yang menyebabkan hal ini terjadi.

Anda perlu memperhatikan faktor – faktor berikut ini yang menjadi penyebab merek AC terbaik anda mengalami hal tersebut. Berikut 4 penyebabnya.

1. Gas Freon / Refrigerant Kurang atau Habis

Ini salah satu hal yang biasanya terjadi jika AC anda hanya mengeluarkan angin dan udara dingin berkurang. Permasalahan ini terjadi karena adanya kebocoran pada pipa – pipa AC akibat korosi, samungan longgar atau kerusakan fisik.

BACA JUGA : Begini Cara Pemasangan Merek AC Terbaik yang Benar Untuk Kamar Tidur

Ketika terjadi kebocoran pipa, freon akan keluar sehingga jumlahnya semakin berkurang, akibatnya tekanan di dalam AC akan menjadi rendah. Proses penguapan pada freon juga terhambat sehingga udara dingin yang dihembuskan AC kurang cukup.

Untuk mengatasi kerusakan ini yaitu anda perlu memeriksa dahulu apakah benar terjadi kebocoran pada pipa atau sambungan pipa. Jika iya segera perbaiki kebocoran tersebut dan sistem harus diisi ulang dengan refrigerant sesuai dengan ketentuan.

Untuk mengisi gas freon sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman agar ditangani dengan tepat. Mereka juga lebih memiliki peralatan yang komplit, sehingga AC dapat kembali beroperasi dengan baik.

2. AC Kotor

Apakah anda rutin untuk membersihkan merek AC terbaik sebelumnya ? karena AC yang kotor bisa menjadi penyebab unit kurang mengeluarkan udara dingin. Kotoran dan debu yang menumpuk di dalam komponen AC terutama pada filter ini akan mengganggu kinerjanya.

Filter yang banyak penumpukan debu akan tersumbat dan aliran udaranya menjadi terhambat. Sehingga unit tidak bisa menyerap udara panas di dalam ruangan anda dengan efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: