Remote AC Hilang, Berikut Cara Menyalakan Merek AC terbaik Tanpa Remote

Remote AC Hilang, Berikut Cara Menyalakan Merek AC terbaik Tanpa Remote

Cara Menyalakan Merek AC terbaik Tanpa Remote-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Semua orang mengetahu bahwa cara menyalakan merek AC terbaik yaitu dengan menggunakan remote. Selama ini mungkin kamu berpikir apabila remote AC tidak ada , maka AC tidak dapat dinyalakan.

Ternyata tanggapan seperti itu tidak benar. Karena terdapat cara untuk menghidupkan merek AC terbaik tanpa perlu memakai remote. Bukti dari kemajuan teknologi AC saat ini salah satunya yaitu memungkinkan untuk AC dinyalakan tanpa menggunakan remote.

Apabila suatu ketika remote merek AC terbaik kamu di rumah mengalami kerusakan atau hilang, kamu tidak perlu panik ataupun khawatir akibat dari mengira bahwa AC tidak bisa dinyalakan.

Kamu cukup mencoba melakukan beberapa cara menyalakan merek AC terbaik tanpa menggunakan remote untuk dbisamenikmati kesejukan udara di dalam ruangan rumah kamu.

BACA JUGA : Penyebab Merek AC Terbaik Mati Sendiri

Berikut cara menyalakan merek AC terbaik tanpa pakai remote :

1. Cara manual

Cara ini yaitu dengan memanfaatkan tombol daya yang ada pada AC. Beberapa AC sudah ada tombol Power pada bagian unit AC indoor. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi jika remote AC kamu sedang dalam kondisi rusak atau hilang.

Tetapi, biasnaya  letak dari tombol Power ini tersembunyi supaya tidak mengganggu pada desain luar AC. Seperti yang kamu ketahui, bahwa desain AC masa sekarang cenderung minimalis dan modern tanpa adanya area yang khusus untuk penempatan tombol.

Biasanya tombol Power ada di balik casing AC. Perlu kamu tahu juga, cara untuk menyalakan AC secara manual tanpa remote ini hanya bisa kamu lakukan untuk menyalakan dan mematikan AC saja.

Kamu perlu ingat, bahwa dengan cara menyalakan AC dengan manual tanpa remote, suhu AC cuma akan ada di sekitar 24 sampai 26 derajat Celsius saja dan tidak bisa diubah sesuai keinginan kamu.

2. Memanfaatkan fitur remote pada smartphone

BACA JUGA : Simak Cara Penggunaan Merek AC Terbaik Standar Agar Tidak Boros

Sebagian HP saat iini telah dilengkapi fitur untuk menghidupkan alat elektronik sekaligus berguna sebagai pengontrol pusat pada  alat elektronik. Apabila kamu punya pusat kendali HP, maka kamu bisa memakainya untuk menghidupkan AC tanpa perlu pakai remote.

Cara menyalakan AC dengan menggunakan HP cukup mudah. Pastikan smartphone kamu mempunyai sensor inframerah. Lalu, unduh aplikasi remote universal dari Google Playstore atau App Store di HP kamu.

Jika aplikasinya sudah diunduh, maka langsung saja kamu hubungkan AC kamu dengan HP kamu melalui fitur infrared. Setelah smartphone sudah terhubung dengan AC, kamu sudah mulai bisa mengoperasikan AC dengan leluasa meskipun tanpa remote.

3. Memutus sirkuit listrik AC

Cara selanjutnya yaitu dengan cara memutus aliran listriknya langsung. Kamu bisa cabut colokan pada AC untuk mematikan aliran listriknya dan memasang colokannya lagi untuk menghidupkan AC.

Tetapi cara ini agak berisiko karena dapat merusak sistem pendingin udara keseluruhan. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu hanya melakukan cara ini jika cara yang lainnya sudah benar-benar tidak dapat dilakukan.

BACA JUGA : Bahaya Menyalakan Merek AC Terbaik Yang Bocor

Cara mengetahui letak tombol manual pada merek AC terbaik :

1. Kamu bisa membuka tutup atau casing pada unit AC indoor yang letaknya ada di bagian atas.

2. Cari tombol yang ukurannya kecil yang biasa dipakai untuk menghidupkan AC.

3. Tekan tombol tersebut untuk menghidupkan AC dengan cara manual.

4. Untuk membuat AC supaya mati, kamu cukup menekan tombol yang sama di AC kamu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyalakan merek AC terbaik tanpa remote. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: