Jelang Hari Kemerdekaan RI, Jadi Berkah Bagi Penjahit Bendera

Jelang Hari Kemerdekaan RI, Jadi Berkah Bagi Penjahit Bendera

MENINGKAT- Berkah peringatan HUT RI ke 79 dirasakan juga oleh penjahit yang mulai menerima banyak pesanan bendera maupun aksesoris lain.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES-

PAGUYANGAN, DISWAYJOGJA - Setelah disibukan dengan pesanan seragam sekolah sebelumnya, datangnya moment peringatan HUT RI di bulan Agustus mendatang, mulai dirasakan membawa keuntungan bagi pembuat hiasan maupun pernik HUT RI.

Hal itu sebagaimana yang dirasakan oleh beberapa penjahit di wilayah Desa Pagojengan, Kecamatan Paguyangan, dengan mulai mengalihkan usaha mereka dengan memproduksi mulai dari bendera, backdrop, umbul-umbul dan lainnya.

BACA JUGA:Peringatan Hari Lahir Pancasila, Wagub DIY Bagikan Bendera ke Masyarakat

Lumayan mas, mulai dari bendera berbagai ukuran dan bentuk, hingga backdrop maupun hiasan lain berbahan kain. Selain untuk pribadi, rata-rata juga digunakan untuk menghias lingkungan," ungkap Setiawan, 49, salah satu penjahit, Minggu, 21 Juli 2024.

Diakui Setiawan, meskipun masih sekitar satu bulan ke depan, namun pesanan untuk moment HUT RI sudah mulai berdatangan, Meski banyak pedagang dadakan yang menjual bendera maupun aksesoris peringatan HUT RI di pinggir-pinggir jalan, namun banyak warga yang datang memesan langsung untuk dibuatkan sesuai pesanan.

"Kebanyakan dari panitia lingkungan, instansi perkantoran dan juga warga secara pribadi. Alasannya mereka bisa memilih bahan yang digunakan, selain itu juga menentukan modelnya sendiri," kata Setiawan.

Dikatakan, pesanan mulai ramai pada pertengahan Juli ini, dan diprediksi bertahan hingga sepekan jelang 17 Agustus 2024. Dia bersyukur karena pesanan masih mengalir lancar ke rumah jahitnya.

Dengan telah ditetapkannya logo HUT RI ke 79 oleh Pemerintah, tidak jarang banyak diantara para pemesan juga meminta untuk menyisipkannya dalam hiasan umbul maupun lainnya.

BACA JUGA:Bendera Merah Putih: Simbol Kebanggaan dan Identitas Bangsa Indonesia

"Kebetulan dapat tugas dari lingkungan untuk membuat hiasan yang akan dipasang di gapura pintu masuk desa. Kalau pesan bisa menyesuaikan ukuran dan bahan, sehingga bisa dipakai lagi tahun depan," kata Husein, warga Bumiayu.

Dia sengaja memesan lebih awal dengan harapan bisa selesai sebelum pelaksanaannya nanti. Selain bendera, dirinya pihaknya memesan aneka hiasan HUT Kemerdekaan RI. Seperti umbul-umbul, dan backdrop.

"Semua bernuansa merah dan putih seperti warna bendera Indonesia. Wilayah kami memang secara rutin mengadakan berbagai kegiatan, dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI," imbuhnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: