5 Kesalahan Tanpa Disadari Saat Menggunakan Merek AC Terbaik

5 Kesalahan Tanpa Disadari Saat Menggunakan Merek AC Terbaik

kesalahan pengguanan merk ac terbaik-Kwangmoozaa-istockphoto

DISWAY JOGJA - Penggunaan merek AC terbaik ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak rumah tangga. Apalagi bagi anda yang tinggal di daerah dengan terik matahariyang menyengat.

Tentu keberadaan merek AC terbaik akan sangat bermanfaat dan memberikan kenyamanan bagi ruangan anda. Namun, seringkali tanpa sadar anda melakukan kesalahan yang bisa merugikan kinerja ac.

Kesalahan umum tersebut juga bisa menyebabkan merek AC terbaik mengkonsumsi energi yang tinggi. Selain itu juga bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat elektronik ac anda.

Sebab itulah anda perlu mengetahui kesalahan yang tanpa sadar anda lakukan pada ac. Berikut 5 kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pengguna merek AC terbaik.

1. Jarang Membersihkan AC

Ini menjadi salah satu kesalahan terbesar yang tanpa disadari pengguna, yaitu jarang membersihkan ac khususnya pada filternya. Filter ac berfungsi sebagai penyaring debu dan partikel – partikel lainya dari udara sebelum dihembuskan ke udara.

BACA JUGA : Penyebab Merek AC Terbaik Masih Baru Tapi Tidak Dingin

Jika anda jarang membersihkan filter AC atau menggantinya, maka bisa menyebabkan aliran udara terhambat. Sebab debu dan kotoran akan menumpuk serta bisa menjadi sarang berkembang biaknya jamur dan bakteri.

Akibatnya, AC akan bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan pengguna, juga mengurangi efisien AC. Jadi, pastikan anda membersihkan filter ac dengan rutin minimal sebuan sekali atau sesuai dengan ketentuan ac anda.

2. Mengatur Suhu Terlalu Rendah

Ketika cuaca sedang terik mungkin mengatur suhu yang rendah justru akan memberikan rasa nyaman. Namun hal tersebut tentu akan meningkatkan konsumsi energi listrik yang signifikan.

Juga bisa menyebabkan ac anda mengalami kerusakan, akibatnya umur AC akan pendek. Karena kompresor AC akan bekerja lebih keras dan lebih lama agar mencapai suhu yang anda inginkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: