Tips Meletakkan Merek Kulkas Terbaik Yang Benar

Tips Meletakkan Merek Kulkas Terbaik Yang Benar

Tips Meletakkan Merek Kulkas Terbaik Yang Benar-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Kulkas menjadi peralatan elektronik yang wajib ada di dalam rumah tangga masa kini. Sebab dengan merek kulkas terbaik, kamu dapat menyimpan berbagai jenis bahan makanan sehari-hari yang dapat digunakan kemudian, sehingga proses memasak menjadi lebih mudah dan efektif.

Masalahnya yaitu merek kulkas terbaik tidak bisa diletakkan secara sembarangan. Selain karena memiliki ukuran yang besar, sebaiknya kulkas diletakkan pada lokasi yang strategis agar dapat lebih mudah untuk dijangkau.

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih lokasi untuk meletakkan merek kulkas terbaik :

1. Jarak antara kulkas dengan peralatan dapur lain yang bisa menghantarkan panas

Seiring berjalannya waktu penggunaan merek kulkas terbaik pada bagian kanan, kiri dan atas kulkas akan terasa panas, karena kulkas membuang panas yang timbul dari listrik yang mengalirinya.

Supaya kulkas bisa berfungsi dengan baik dan awet, panas buangan tersebut harus dilepaskan ke udara. Oleh sebab itu, pastikan kulkas kamu tidak berada di dekat alat dapur lain yang menghantarkan panas, misal seperti microwave atau oven.

2. Paparan sinar matahari

Kulkas sebaiknya tidak ditempatkan di area dapur yang berpotensi terkena sinar matahari langsung, seperti di dekat jendela atau di dekat pintu yang mengarah ke luar.

BACA JUGA : Freezer Merek Kulkas Terbaikmu Tidak Beku, Berikut Penyebabnya

3. Lokasi sumber listrik dan sumber air

Supaya kinerja kulkas tidak terganggu, maka kamu harus pastikan kulkas diletakkan di dekat sumber listrik utama di dapur kamu.

Selain itu, apabila kamu mempunyai kulkas yang telah dilengkapi dengan dispenser, maka alangkah baiknya kamu juga letakkan dekat dengan sumber air yang bersih dalam rumah kamu.

Karena, air dari sumber tersebut secara otomatis akan masuk ke dalam mesin kulkas melalui pipa kemudian diolah oleh mesin di dalam kulkas, sehingga dapat keluar lagi jadi air segar dan sehat.

Tips meletakkan merek kulkas terbaik yang benar :

1. Ketahui dimensi kulkas

Untuk menentukan lokasi penempatan kulkas yang tepat, kamu wajib tahu dimensi atau ukuran dari kulkas yang kamu gunakan. Karena ini aberarti lokasi peletakkan kulkas minimal harus sama dengan dimensi kulkas.

BACA JUGA : 3 Jenis Merek Kulkas Terbaik Digunakan untuk Menyimpan dan Mendinginkan Bunga Segar

Misal dimensi kulkas 905x726x1775 millimeter, maka ukuran tempat untuk meletakkan kulkas minimal lebar 91 cm, panjang 72,6 cm dan tinggi 177,5 cm supaya muat.

2. Pilih lokasi yang tepat

Kamu harus perhatikan beberapa hal yang sudah disebutkan tadi seperti pastikan lokasi penempatan kulkas datar dan kuat, serta jauh dari alat elektronik lainnya yang menghasilkan panas, dan pastikan jauh dari paparan sinar matahari secara langsung.

Pada umumnya kulkas terletak di lokasi yang berseberangan dengan kompor. Sehingga letak tempat untuk mencuci piring yaitu berada di tengah, sedangkan kompor dan kulkas berada di ujung yang berlawanan arah atau berhadapan agar tercegah dari panasnya kompor yang bisa menghambat sirkulasi kulkas.

Dengan begitu, kamu bisa mengakses bahan makanan dari dalam kulkas dan membersihkannya secara mudah tanpa merusak mesin kulkas akibat paparan panas yang dihasilkan dari kompor atau microwave.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Kompresor Merek Kulkas Terbaik Rusak Dan Cara Mengatasinya

3. Pasang kulkas dekat dengan sumber air dan listrik

Kulkas yang khususnya mempunyai fitur dispenser sebaiknya dipasang dekat area sumber air dan sumber listrik utama agar kinerja akulkas bisa lancar.

Kulkas memang dapat dipasang denagn memakai steker T ataupun stop kontak, tetapi lebih baikapabila kulkas dipasang ke steker yang menempel langsung ke tembok  agar meminimalisir risiko terjadinya korsleting.

Apabila listrik di rumah kamu relatif tidak stabil di pemasangan awal kulkas, sebaiknya kamu mempunyai stabilizer alat elektronik untuk memastikan stabilitas kinerja kulkas.

4. Beri jarak antara kulkas dan tembok atau pembatas lainnya

Supaya sirkulasi panas yang dihasilkan dari dalam kulkas dapat keluar dengan maksimal, maka kamu harus pastikan jika jarak kulkas dengan pembatas berkisar 10 hingga 30 cm.

Dengan begitu, panas dari dalam kulkas tidak akan kembali lagi ke dalam kulkas dan bisa menghambat kinerja proses pendinginan.

Hal ini bermanfaat agar kinerja mesin lebih optimal dan apabila sewaktu-waktu kamu perlu memindahkan kulkas atau mengganti kulkas dengan yang baru atau membersihkan kulkas.

BACA JUGA : Jangan Diabaikan, Berikut Efek Freezer Merek kulkas Terbaik Tidak Memiliki Pintu

Seperti yang sudah disebutkan tadi di atas, tambahkan tatakan dari kayu yang berongga pada bagian bawah kulkas agar proses pemindahan ini lebih mudah.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam meletakkan merek kulkas terbaik agar kinerja kulkas bisa lebih maksimal. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: