Penyebab Merek AC Terbaik Masih Baru Tapi Tidak Dingin

Penyebab Merek AC Terbaik Masih Baru Tapi Tidak Dingin

Penyebab Merek AC Terbaik Yang Masih Baru Tapi Tidak Dingin-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Kamu tentu kecewa ketika baru membeli merek AC terbaik, namun saat AC dinyalakan di dalam rumah tapi tidak bisa menghasilkan udara sejuk yang diharapkan.

Keadaan seperti ini memang jarang untuk terjadi pada merek AC terbaik kamu, tetapi terdapat sebagian orang yang pasti pernah mengalami masalah ini.

Ketika merek AC terbaik yang masih baru tidak bisa dingin, kamu tidak perlu tergesa-gesa untuk mengembalikannya ke toko AC yang kamu beli atau membeli AC yang baru lagi.

Bisa jadi merek AC terbaik kamu tidak rusak, tetapi cara pemasangannya yang kurang benar. Ketahui terlebih dahulu tentang penyebab AC baru tidak menghasilkan dingin.

BACA JUGA : AC Kamu Kotor, Berikut Cara Mudah Mencuci Merek AC Terbaik Secara Mandiri

Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan AC baru kamu tidak dingin :

1. Penempatan AC tidak tepat 

AC baru yang tidak dingin dapat disebabkan okarena penempatan AC yang kurang tepat.

Sebaiknya jarak di depan outdoor AC dikasih jarak yang kosong minimal 80 cm agar udara panas dapat terbuang keluar secara lancar.

Hal ini sangat penting dilakukan supaya udara di dalam ruangan dapat mencapai suhu dingin sesuai yang kamu inginkan.

2. Kesalahan setting di remote AC

Terkadang penyebab merek AC terbaik yang masih baru tidak dingin juga bisa hanya karena pengaturan di remote AC kurang tepat. Harusnya AC diatur pada mode Cool dengan suhunya yaitu 16 derajat.

Tetapi, terkadang yang kepencet di remote AC yaitu mode Dry sehingga membuat AC kamu tidak bisa menjalankan proses pendinginan dengan maksimal.

BACA JUGA : Simak Cara Mematikan Timer Merek AC Terbaik Gree, Cepat dan Mudah

3. Kebocoran freon di unit outdoor

Hal ini bisa terjadi jika pemasangan di bagian sambungan antara pipa dengan outdoor (nepple) kurang tepat. Selain itu, freon yang bocor juga bisa terjadi ketika pemasangan atau karena adanya kerusakan di pipa, atau adanya kerusakan di evaporator dan kondensor pada pipa AC.

4. Kesalahan ketika instalasi pipa

Pipa AC harus sudah memenuhi standar pabrik. Ketebalanpada pipa sangat mempengaruhi pada kualitas instalasi. Apabila pipa AC tidak sesuai dengan standar, maka dapat menyebabkan terjadinya keretakan ketika pengencangan pada sambungan atau mengalami patahan ketika ditekuk.

Instalasi pada pipa AC sendiri terdiri dari flaring, pengelasan, swaging, dan lain sebagainya. Flaring merupakan melebarkan ujung pipa supaya dapat diterapkan di sambungan.

Terkadang, saat proses flaring bisa saja kurang sempurna sehingga bisa menyebabkan terjadinya kebocoran pada freon. Hal tersebut sering terjadi di bagian sambungan pada pipa dengan unit outdoor (nepple).

BACA JUGA : 7 Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Agar Hemat

5. Tidak divakum

Saat proses pemvakuman penting untuk dilakukan ketika instalasi merek AC terbaik untuk pertama kali dengan tujuan untuk mengeluarkan udara  yang dari dalam sistem supaya yang terdapat di dalam sistem yaitu freon AC yang murni yang tidak tercampur dengan udara.

Tetapi terkadang terdapat teknisi yang melakukan proses ini dengan memakai metode konvensional tanpa memakai alat vakum. Yang mengakibatkan AC tidak dingin ketika dinyalakan.

6. Terlalu banyak benda di dalam ruangan

Hal ini juga bisa berpengaruh pada kesejukan yang dihasilkan oleh AC kamu. Supaya merek AC terbaik harus bekerja secara maksimal, maka ventilasi ruangan harus tertutup dengan sangat rapat.

7. Ukuran AC tidak sesuai

Sesuaikan ukuran ruangan dengan kebutuhan AC-nya. Apabila PK AC terlalu kecil atau tidak sebanding dengan ukuran luas ruangan, maka akan membuat udara yang dihasilkan AC juga akan jadi tidak dingin.

BACA JUGA : Begini Arti Merek AC Terbaik Daikin yang Memancarkan Lampu Orange, Simak Disini

Itulah beberapa penyebab merek AC terbaik yang baru kamu beli tetapi tidak dingin. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: