5 Cara Agar Merek AC Terbaik Kamu Jadi Lebih Dingin

5 Cara Agar Merek AC Terbaik Kamu Jadi Lebih Dingin

Cara Agar Merek AC Terbaik Kamu Jadi Lebih Dingin-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Setiap merek AC terbaik berfungsi untuk mendinginkan udara di dalam ruangan. Tetapi, kecepatan unit AC untuk mendinginkan ruangan berbeda-beda.

Terdapat AC yang dapat menyejukkan ruangan dengan lebih cepat dibandingkan dengan AC lainnya. Sehingga kamu perl u tahu cara membuat merek AC terbaik kamu bisa lebih dingin agar ruangan juga lebih cepat dingin.

Tidak disarankan untuk menyalakan AC dan langsung mengatur di suhu yang rendah, karena bisa membuat merek AC terbaik jadi cepat rusak. Karena AC, harus bekerja dengan keras untuk menghasilkan udara yang dingin dalam waktu yang cepat.

Jika kamu ingin merasakan udara dingin dari merek AC terbaik di dalam ruangan kamu dengan cepat, sebaiknya pakai AC yang mampu menghadirkan kesejukan di waktu yag cepat.

BACA JUGA : 7 Efek Samping Jika Suhu Merek AC Terbaik Terlalu Dingin

Namun apabila merek AC terbaik kamu di rumah tidak mempunyai kemampuan tersebut, Berikut terdapat beberapa cara membuat AC kamu jadi dingin lebih cepat :

1. Pastikan AC dalam mode cool

Tiap unit AC mempunyai berbagai macam mode, seperti mode cool, mode fan, mode dry, dan mode auto. Setiap mode tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Yang dapat membuat AC jadi cepat dingin yaitu mode cool.

Biasanya mode ini ditandai dengan simbol seperti serpihan salju. Mode cool memungkinkan kamu untuk mengatur suhu sesuai dengan yang kamu inginkan di dalam ruangan.

Sehingga AC akan bekerja dengan otomatis untuk menurunkan suhunya sesuai preferensi kamu.

2. Menyesuaikan suhu AC dengan luas ruangan

Pilihlah AC yang memiliki daya sesuai dengan ukuran ruangan kamu. Dengan demikian, kamu cukup untuk menyalakan AC di suhu yang sesuai standar yaitu antara 22 sampai dengan 25 derajat Celcius.

3. Turunkan secara bertahap

Ketika udara sangat panas, banyak orang yang menyalakan AC langsung dan mengaturnya di suhu yang paling rendah, yaitu antara 16 derajat celcius sampai dengan 18 derajat Celcius.

BACA JUGA : Ruangan Panas, Simak 5 Penyebab Outdoor Merek AC Terbaik Mati Tak Berfungsi

Hal ini ternyata berisiko bisa merusak AC. Ketika AC baru kamu nyalakan, sebaiknya kamu atur di suhu standar, kemudian turunkan suhunya secara bertahap.

4. Atur ke mode swing

Pada unit indoor AC mempunyai bagian kisi yang berfungsi untuk mengatur arah hembusan angin yang dihasilkan oleh AC. Kamu bisa memakai fitur ini dengan cara menyetel ke mode swing melalui remote AC.

Mode swing bisa mengalirkan suhu dingin dengan merata ke seluruh ruangan. Terdapat 2 mode swing yang dapat kamu pilih, yaitu swing ke atas bawah dan swing ke kanan kiri.

Kamu bisa menyalakan kedua mode tersebut sekaligus supaya ruangan kamu jadi lebih cepat terasa sejuk.

5. Atur fan speed ke kecepatan maksimal

AC pada umumnya mempunyai 3 pengaturan kecepatan untuk putaran kipas, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Agar AC di ruangan kamu bisa cepat dingin, kamu cukup atur kecepatannya di tingkat yang maksimal.

BACA JUGA : Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Saat Musim Hujan

Berikut tips menjaga performa supaya merek AC terbaik lebih dingin :

1. Jangan nhidupkan dan matikan AC terlalu sering

Menghidupkan dan mematikan AC dalam waktu yang berdekatan biasanya dilakukan dengan tujuan untuk menghemat penggunaan listrik.

Hal ini sebenarnya tidak benar karena jika kamu memaksa AC untuk bekerja terlalu keras maka akan menyerap daya listrik semakin besar.

2. Rutin servis AC

Perawatan AC secara rutin bisa membantu kamu dalam meningkatkan efisiensi semua alat yang berat dan juga bisa menghemat pengeluaran uang.

Maka dari itu, pastikan untuk menjadwalkan waktu servis AC dengan rutin agar bisa meningkatkan efisiensi.

3. Rutin membersihkan filter AC

Filter yang kotor bisa memperlambat proses aliran udara dan membuat AC jadi bekerja lebih keras yang akan berdampak meningkatnya pemakaian listrik. Pastikan bersihkan filter AC tiap bulan supaya AC kamu bisa bekerja dengan efisien.

BACA JUGA : Cepat Rusak Boros Uang, Simak 4 Kesalahan Fatal Menggunakan Merek AC Terbaik

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar merek AC terbaik kamu jadi lebih dingin. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: