Marak Warung Aceh dan Penyalahgunaan Narkoba, Karang Taruna Brebes Digembleng P4GN

Marak Warung Aceh dan Penyalahgunaan Narkoba, Karang Taruna Brebes Digembleng P4GN

MATERI - Kepala BNNK Tegal menyampaikan materi terkait P4GN sebagai upaya nyata mencegah penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang, Senin (15/7).-Syamsul Falaq/ RATEG-

BREBES, DISWAY JOGJA - Makin maraknya peredaran Warung Aceh dan penyalahgunaan narkoba, menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah. Hal itu, terungkap saat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Kabupaten Brebes menghadirkan Kepala BNN Kota Tegal sebagai narasumber.

Yakni, mendukung percontohan Kampung Pancasila yang dikombinasi dengan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan , dan Peredaran Gelap Narkoba.

Komitmen tersebut, terungkap saat Kepala BNN Kota Tegal Nasrudin menjadi narasumber di kompleks Balai Desa Bentarsari Kecamatan Salem, Senin (15/7). Pesertanya, 30 perwakilan Karang Taruna Bentarsari dan Relawan Bangbara Adventure.

BACA JUGA : Azriel Putra dan Eka Wati Terpilih Jadi Duta Anti Narkoba BNN Kota Tegal 2024

Tujuannya, menggencarkan edukasi dan sosialisasi P4GN agar remaja dan pemuda Bentarsari lebih berperan aktif mencegah penyalahgunaan narkoba.

"Seperti rahasia umum masyarakat, makin banyak modus penyalahgunaan narkoba dan sebaran Warung Aceh. Harapannya, karang taruna dan remaja Bentarsari bisa ikut mencegah banyak korban," ungkap Kepala BNN Kota Tegal Nasrudin saat menyampaikan materi.

Selain ikut berperan serta mengedukasi masyarakat, lanjut Nasrudin, karang taruna dan relawan Bangbara Adventure juga punya tanggung jawab moral bersama.

BACA JUGA : Kodim 0713 Brebes dan BNN Laksanakan Sosialisasi P4GN

Yakni, menghindarkan pengaruh buruk pergaulan dengan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Terlebih, dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat narkoba sangat dahsyat dan kompleks.

"Tidak hanya merusak saraf dan kesehatan penyalahguna, tapi juga merusak tatanan moral, memicu aksi kriminal hingga sendi kehidupan bermasyarakat," ujarnya.

Nasrudin menuturkan, dengan peran aktif dan partisipasi karang taruna dan remaja Desa Bentarsari. Menjadi solusi konkret, dalam meminimalisir sebaran dan bertambahnya jumlah penyalahguna narkoba.

Termasuk, mengedukasi UU No. 35 / 2009 tentang Narkotika. Sekaligus, mengajak karang taruna berperan aktif dalam sosialisasi P4GN dan BNNK Tegal mendukung penuh pendirian kampung pancasila.

BACA JUGA : HANI 2024 : BNN Ajak Semua Unsur Masyarakat Bersama Melawan Narkoba, Wujudkan Indonesia Bersinar

"Terima kasih dan apresiasi juga kami sampaikan, kepada Dandim 0713/ Brebes, Kepala Bakesbangpol, Kades Bentarsari dan keluarga besar Karang Taruna Tapak Guriang dan Bangbara Adventure atas partisipasi aktifnya dalam pelatihan penyuluh anti narkoba ini," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: