Jembatan Poncol Larangan Brebes Ditutup Total, Arus Pejagan-Prupuk Dialihkan

Jembatan Poncol Larangan Brebes Ditutup Total, Arus Pejagan-Prupuk Dialihkan

PERBAIKAN - Pekerja melakukan perbaikan jembatan Poncol di Jalur Ketanggungan-Purwokerto yang amblas akibat tak mampu menahan kendaraan ODOL.-EKO FIDYANTO/RATEG-

BREBES, DIWAYJOGJA - Jembatan Poncol di ruas Pejagan-Purwokerto ditutup total karena terdapat lubang menganga. Arus lalu lintas dari Pejagan arah Purwokerto melalui Kecamatan Larangan dialihkan sementara.

Jembatan ini berada Desa Kedungbokor, Kecamatan Larangan, Brebes. Sejak Sabtu lalu, jembatan ini ditutup total untuk semua kendaraan karena terdapat lubang menganga.

Deni Wiharjito, PPK 1.4 Binamarga Jawa Tengah mengatakan, penutupan jembatan ini karena kondisinya rusak. Terdapat lubang dengan diameter hampir 4 meter di tengah badan jembatan. ”Sejak kemarin ditutup untuk kendaraan roda empat. Di badan jembatan terdapat lubang,” kata Deni Wiharjito saat dikonfirmasi, Minggu, 14 Juli 2024.

BACA JUGA:Pangdam IV/Diponegoro Resmikan Tiga Jembatan Gantung Merah Putih di Brebes

Jembatan Poncol tersebut, kata Deni, merupakan jembatan kelas B yang tidak boleh dilalui kendaraan besar. Pada kenyataannya, kendaraan besar setiap hari melintasinya. ”Dulunya jalan itu merupakan jalan inspeksi. Jembatan yang dibangun juga merupakan kelas B dan umurnya sudah tua karena dibangun tahun 1989. Namun kenyataanya, jembatan ini dilalui kendaraan besar layaknya kelas A. Jadi Kelas B dipaksa menjadi kelas A,” ungkapnya.

Alasan lain penyebab kerusakan, Deni menyebut, karena aktivitas mobil mobil katagori ODOL. Kendaraan tersebut memiliki dimensi lebih besar dan tonase berlebihan, sehingga menyebabkan kerusakan jembatan. Karena tidak bisa menahan beban kendaraan, maka salah satu plat berukuran 4 x 4 meter jeblos dan menyebabkan munculnya lubang. Sementara itu, saat ini pihaknya masih melakukan perbaikan jembatan tersebut.

”Kendaraan ODOL juga sering melintas dan memang bukan kelasnya, jadi plat ukuran 4 x 4 meter jeblos dan menimbulkan lubang. Harusnya ada jembatan timbang agar kendaraan ODOL tidak melintas,” tandasnya.

Selama tidak bisa dilalui, arus kendaraan dialihkan sementara ke jalur lain. Kanit Turjawali Satlantas Polres Brebes Ipda Yusuf Zaynuri menjelaskan, kendaraan dari utara (eksit Tol Pejagan) yang akan ke selatan (Purwokerto)  dialihkan ke pantura melalui Tegal.

BACA JUGA:Jembatan Karangjambu Kabupaten Tegal Ditutup Sementara

Sebaliknya, kendaraan dari selatan ke arah Pejagan dialihkan sementara melalui Tegal (pantura). Sedangkan kendaraan dari sekitaran Ketanggungan menuju selatan melalui Flyover Dermoleng dialihkan ke Slatri - Sitanggal - Jatibarang hingga ke Slawi Kabupaten Tegal.

”Sementara dialihkan, dari eksit tol Pejagan tujuan selatan (Purwokerto) dialihkan ke Pantura. Kemudian dari selatan tujuan Pejagan (utara) dialihkan ke utara melalui Kota Tegal. Kendaraan dari Ketanggungan ke selatan dialihkan mulai ke arah timur sampai ke Slawi,” tandas Ipda Yusuf. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: