9 Macam Bau Sering Terjadi Pada Merek AC Terbaik Dan Cara Mengatasinya

9 Macam Bau Sering Terjadi Pada Merek AC Terbaik Dan Cara Mengatasinya

Macam Bau Yang sering Terjadi Pada Merek AC Terbaik Dan Cara Mengatasinya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Ketika merek AC terbaik kamu mulai mengeluarkan bau yang tidak biasanya atau bau tidak sedap, kamu perlu waspada karena bisa jadi hal itu menjadi pertanda bahwa terdapat masalah besar.

Mengabaikan bau tidak sedap yang mucul dari merek AC terbaik kamu bisa menyebabkan kerusakan tambahan pada AC bahkan berisiko bagi kesehatan dan keselamatan kamu.

Tergantung dari penyebab baunya, penyebab merek AC terbaik mengeluarkan bau tidak enak mungkin karena bakteri atau jamur yang ada di dalam sistem.

Hal ini juga bisa menjadi tanda adanya masalah mekanis pada sistem merek AC terbaik kamu. Beberapa bau menjadi peringatan penting bahwa akan ada masalah yang tidak aman seperti kebocoran gas alam.

Berikut beberapa bau merek AC terbaik yang sering terjadi dan artinya :

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Milikmu Bocor Setelah Dilakukan Pencucian Unit, Simak Penyebabnya Disini

1. AC Bau Seperti Kaki

Apabila AC kamu bau seperti kaki, mungkin sebab ada penumpukan bakteri atau jamur dalam unit. Saat  kelembapan terakumulasi di dalam unit, hal ini bisa menyebabkan lingkungan yang ideal bagi berkembangnya bakteri dan jamur.

Kemudian akan menimbulkan bau yang tidak sedap yang sering diibaratkan seperti bau kaki kotor. Filter udara yang tersumbat oleh kotoran, debu, atau kotoran lainnya bisa menyebabkan kualitas udara jadi rendah dan menimbulkan bau apek mirip dengan bau kaki.

Untuk mengatasinya hubungi orang spesialis yang berpengalaman untuk mengecek dan membersihkan sistem AC kamu, termasuk bak pembuangan, koil evaporator, dan saluran pembuangan kondensat.

Penting untuk mengganti filter udara dengan teratur agar kualitas udara tetap baik dan membatasi terjadinya perkembangan bakteri dan jamur.

2. AC Saya Bau Seperti Telur Busuk

Apabila AC kamu bau seperti telur busuk, bisa jadi disebabkan karena kebocoran gas alam dalam unit atau di sekitar ruangan. Gas alam mempunyai bau yang unik seperti bau telur busuk atau belerang.

BACA JUGA : Kesehatan Terancam, Simak Beberapa Bahaya Menanti Jika Malas Mencuci Merek AC Terbaik

Gas alam yang bocor sangat berbahaya dan membutuhkan perhatian dengan segera. Apabila kamu mencurigai ada kebocoran gas, segera matikan sistem AC kamu, buka jendela dan pintu untuk mengeluarkan udara di area tersebut, evakuasi dari dalam gedung dan segera menghubungi perusahaan gas atau layanan darurat kamu.

3. AC Bau Seperti Jamur

Hal ini kemungkinan penyebabnya yaitu adanya penumpukan uap air dalam unit. saat kelembapan terakumulasi di dalam sistem AC, maka bisa menyebabkan pertumbuhan jamur dan lumut yang bisa menimbulkan bau apek menyerupai jamur.

Kemungkinan penyebab lainnya yaitu karena filter udara kotor. Apabila filter udara tersumbat bisa mengakibatkan kualitas udara jadi buruk dan menimbulkan bau apek mirip dengan jamur.

Lakukan perawata rutin seperti pembersihan, pengecekan, dan penggantian filter dengan baik untuk menjaga sistem kamu agar bekerja di kondisi yang baik.

BACA JUGA : Merek AC Terbaikmu Bau Gosong, Berikut Penyebab Dan Cara Mengatasinya

4. AC Bau Seperti Pesing

Salah satu kemungkinan penyebab merek AC terbaik kamu bau pesing adalah penumpukan bakteri atau jamur di dalam sistem pendingin.

Hal ini bisa terjadi apabila kelembapan terakumulasi di dalam sistem dan membuat lingkungan basah yang mendukung untuk pertumbuhan bakteri yang bisa mengeluarkan bau busuk mirip dengan urin.

Kemungkinan penyebab lainnya yaitu saluran pembuangan yang tersumbat. Pengembunan yang terbentuk dalam unit AC harus dialirkan ssecara benar.

Tetapi apabila saluran pembuangan tersumbat oleh serpihan, maka bisa mengakibatkan air menumpuk di dalam unit yang menimbulkan bau apek menyerupai urin.

5. AC Bau Seperti Plastik Terbakar

Apabila AC kamu berbau seperti plastik terbakar, mungkin terdapat masalah pada kelistrikan di unitnya. Seiring waktu, pada bagian kelistrikan sistem AC bisa mengalami aus atau rusak sehingga akan menimbulkan bau terbakar menyerupai plastik.

Kemungkinan penyebab lainnya yaitu terdapat benda asing yang tersangkut di dalam AC. Apabila terdapat benda asing yang tersangkut tersebut bisa menjadi panas dan menghasilkan bau seperti plastik yang terbakar. Kamu bisa segera menghubungi ahlinya untuk mengatasi masalah ini.

BACA JUGA : Mau Bongkar Merek AC Terbaik, Simak Tips Penting Berikut Agar Kerusakan Komponen Terhindarkan

6. AC Bau Seperti Gas

Masalah ini mungkin disebabkan karena adanya kebocoran gas alam dalam unit ata sekitar ruangan. Gas alam memiliki bau yang khas mirip seperti bau telur busuk atau sehingga mudah dideteksi.

Untuk mengatasinya, segera matikan sistem AC, jendela dan pintu dibuka agar udara mengalir ke luar rumah dan segera hubungi layanan darurat.

7. AC Bau Seperti Ikan

Hal ini mungkin penyebabnya karena penumpukan bakteri atau jamur yang ada di dalam unit. Atau karena ada hewan yang mati atau bahan biologis lainnya yang tejebak di dalam sistem AC.

Untuk mengatasinya sebaiknya minta bantuan tenaga profesional untuk mengecek dan membersihkan sistem AC kamu.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Selang Merek AC Terbaik Berembun, Ini Penyebabnya

8. AC Bau Seperti Cuka

Salah satu kemungkinan penyebabnya yaitu filter udara yang tersumbat atau karena zat pendingin bocor. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya hubungi mekanik yang terampil untuk mengecek dan membersihkan merek AC terbaik kamu.

9. AC Bau Seperti Bahan Kimia

Apabila bau bahan kimia keluar dari AC kamu, mungkin disebabkan karena kebocoran pada zat pendingin. Saat zat pendingin bocor akan menimbulkan bau kimia yang digambarkan seperti bau bahan pengencer cat, cuka ataupun bau aseton.

Penyebab bau lainnya mungkin ada masalah di kabel listrik atau bagian dalam sistem AC. Cara mengatasinya yaitu u segera matikan sistem AC dan hubungi ahli profesional untuk memperbaiki unit.

Itulah beberapa macam bau dan penyebab bau tersebut yang sering terjadi pada merek AC terbaik beserta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: