10 Tips Memilih Merek AC Terbaik Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Rumah

10 Tips Memilih Merek AC Terbaik Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Rumah

Tips Memilih Merek AC Terbaik Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Di Rumah-www.freepik.com-

DISWAY JOJGA - Sebagaimana yang kita tahu bahwa di Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, mengakibatkan cuacanya terasa panas ketika musim kemarau tiba. Sehingga butuh solusi menggunakan merek AC terbaik.

Teriknya sinar matahari di siang hari seakan-akan menjadi musuh bagi kebanyakan orang. Sehingga kita membutuhkan alat pendingin ruangan yang tepat untuk membuat ruangan terasa sejuk yaitu merek AC terbaik.

Merek AC terbaik mampu membuat banyak orang tidak merasa kegerahan lagi dan menjadikan AC sebagai salah satu alat elektronik favorit bagi kebanyakan orang. Bahkan, sekarang sudah menadi salah satu perangkat yang wajib.

Adanya merek AC terbaik ini mampu memberikan kenyamanan bagi penghuni ruangan, namun ketika kamu hendak membeli AC, jangan sampai salah pilih, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kamu di rumah.

10 tips memilih merek AC terbaik yang tepat sesuai kebutuhan di rumah :

1. Sesuaikan Ukuran PK dengan Luas Ruangan

BACA JUGA : 4 Rekomendasi Merek AC Terbaik Tahun 2024, Sejuk bikin Ruangan Nyaman

Saat ingin membeli AC, salah satu hal yang paling penting yaitu besaran Paardekracht (PK). PK yaitu besaran tenaga yang dihasilkan AC. PK menjadi salat satu hal yang perlu kamu pertimbangkan utama.

Untuk menentukan besarnya PK yang diinginkan, kamu perlu mengetahui luas ruangan yang akan jadi tempat peletakan AC. Hal ini harus dilakukan supaya suhu dingin dapat menyebar secara merata.

2. Pilih Jenis AC yang Sesuai

Terdapat beberapa jenis AC yang bisa jadi pilihan kamu sesuai dengan kebutuhan. Jenis-jenis AC tersebut yaitu AC cassete, AC split, dan AC standing floor.

Tetapi, untuk penggunaan AC di dalam rumah kamu dapat memakai AC split dan AC cassete, tergantung ruangan kamu. Meskipun demikian, AC split saat ini menjadi yang paling umum digunakan.

3. Perhatikan Tipe AC

Saat ini, ada 3 tipe AC, yaitu low watt, strandard, dan inverter. Cara kerja AC tipe low watt dan standard sama saja. Tetapi, jenis AC low watt kinerja kompresornya akan lebih kecil, sehingga lebih menghemat daya.

AC low watt cocok digunakan untuk rumah yang memiliki kapasitas listrik yang kecil. AC inverter akan bekerja dengan keras untuk membuat ruangan jadi dingin di tarikan awalnya, sehingga energi yang dibutuhkan akan lebih banyak.

Tetapi, saat ruangan sudah jadi dingin watt yang dipakai AC akan mengecil. Sehingga bisa lebih hemat energi.

BACA JUGA : Tips Mengatur Suhu Ideal Merek AC Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan

4. Cermati Fitur Penting pada AC

Pastikan bahwa fitur yang ada pada AC yang kamu beli disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sebaiknya baca dan pahami tentang berbagai fitur yang terdapat pada AC. Apakah sudah dibekali fitur terkini, seperti konsumsi daya yang rendah, mode otomatis dan fitur lainnya.

Pakai fitur tersebut sebaik mungkin, karena apabila kamu sudah membeli AC dengan teknologi terkini, maka akan sia-sia jika kamu tidak bisa memanfaatkannya dengan baik.

5. Jumlah Orang di dalam Ruangan

Jumlah orang yang ada di dalam ruangan ber-AC juga berpengaruh pada tingkat pendinginan dan kinerja AC yang kamu pakai. Ruangan yang jumlah orangnya terlalu banyak dan Pknya tidak mencukupi, maka akan membuat suhu AC jadi tidak terlalu terasa dingin, dan membuat AC akan bekerja lebih keras.

Sehingga, memilih PK pada merek AC terbaik juga bergantung pada berapa banyak orang yang ada di dalam ruangan.

6. Pentingnya Fitur Hemat Listrik

Membeli AC berteknologi yang memakan daya listriknya tidak terlalu besar atau hemat daya sangat penting untuk dipertimbangan. Saat ini, sudah banyak sekali pabrik yang membekali produknya dengan fitur hemat listrik. Oleh karena itu, sekiranya kamu tidak sulit untuk mendapatkannya.

7. Beli AC yang Branded

Banyak merek AC yang dapat kamu jumpai di pasaran. Sebaiknya, kamu pilih merek AC yang terkenal dan direkomendasikan oleh kebanyakan orang. Jangan takut harganya mahal, karena ada harga, pasti ada juga kualitasnya.

Tetapi tetap saja, coba untuk membaca review pemakaian AC dari pengguna AC yang lain. Sehingga, kamu bisa menentukan gambaran tentang merk AC pilihan kamu tanpa adanya penyesalan.

8. Desain Sederhana

Saat ini desain AC sangat beragam, dari banyaknya desain AC, pilih AC yang desainnya sederhana. Sehingga, saat kamu akan membersihkan filter AC, kamu  tidak perlu repot-repot untuk melepas komponennya.

BACA JUGA : Tak Perlu Panggil Tukang, Berikut 7 Cara Memperbaiki Pintu Merek Kulkas Terbaik Renggang

9. Tentukan Budget

Kamu juga harus pastikan berapa budget kamu saat ingin membeli AC. Di pasaran, pasti sudah tersedia berbagai macam lini produk dari kelas low end, mid, sampai high end.

Kamu tinggal sesuaikan saja berapa besaran pengeluaran yang sudah kamu tentukan untuk memilih AC, dan pilihlah AC yang terbaik.

10. Peletakan AC

Kamu perlu memperhatikan ruangan yang akan dipasangi AC. Apabila kamu ingin meletakan AC di kamar, jenis AC yang cocok yaitu AC split dengan PK ¾ sampai 2 PK, dan suhunya 23 sampai 24 Celsius. AC yang digunakan di dalam ruang tamu dan ruang keluarga, pakai AC jenis cassset dengan 1 PK atau 2 PK dan atur suhunya kisaran 23 sampai 26 Celsius.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih merek AC terbaik yang tepat sesuai dengan kebutuhan di rumah kamu. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: